Monday, January 20, 2014

Pisah sambut Gembala Jemaat - Kemang Pratama


ACARA PISAH SAMBUT GEMBALA JEMAAT
Pdt. Sonny Kapitan & Pdt. Rindu Hutapea
GMAHK Kemang Pratama

Perpisahan merupakan suatu moment yang mengharukan dan kerap menguras air mata. Tanpa terasa setelah kurang lebih 3 (tiga) tahun menggembalakan jemaat yang diberkati, jemaat Kemang Pratama, tiba saatnya Pdt Sonny Kapitan menerima tugas baru untuk melayani jemaat Depok. Selepas acara kebaktian pada hari Sabat tanggal 25 January 2014 jemaat Kemang Pratama mengadakan acara pisah sambut gembala jemaat.  Acara di dipandu oleh Ibu Yunita Wuisan, diawali dengan membawakan sebuah ilustrasi singkat sebaqai pendahuluan, menceritakan bagaimana keharuan selalu ada di setiap perpisahan. Never say good bye karena kita sebenarnya tidak berpisah, tetapi akan bertemu lagi di waktu dan kesempatan lain, demikian sambutan Ibu Yunita Wuisan.


Acara selanjutnya adalah waktu yang diberikan kepada salah satu ibu yang mewakili ibu2 Kemang Pratama, membawakan sebuah Puisi yang berisi pesan dan kesan terhadap keluarga gembala Pdt Sonny Kapitan. Puisi dibawakan dengan begitu indah, penuh penghayatan, dan sarat kesan. Ibu Annie Simanjuntak merangkai kata demi kata berbagi pengalaman bersama keluarga pendeta.

   
Tiba saatnya Ketua GMAHK Konferens DKI Jakarta & sekitarnya, Pdt WL Limbong yang sebelumnya melayani di acara khotbah, mengambil waktu untuk memimpin jalannya acara serah terima jabatan gembala. Didahului dengan membacakan SK (surat keputusan) yang telah di tanda tangani oleh kantor pusat Konferens DKI Jakarta & sekitarnya dan telah disetujui oleh kedua gembala jemaat terkait. Pdt Sonny Kapitan didampingi oleh Ketua Jemaat thn 2014, Bp. Mulana Simanjutak, Bp. David Tampubolon dan Bp. Sontani Purnama, bersama sekertaris jemaat Sdr. Robert Rihihina, disaksikan oleh Pdt WL Limbong sekaligus perwakilan dari Konferens, serta seluruh anggota jemaat Kemang Pratama, menyerahkan beberapa dokumen dan berkas gereja kepada gembala jemaat yang baru Pdt. Rindu Hutapea.

 
Dept pelayanana anak2 yang di koordinir oleh Ibu Sari Tobing telah mengumpulkan partisipasi anak2 di jemaat Kemang Pratama, berupa tiga buah bingkisan yang kemudian diserahkan kepada masing2 anak Pdt Sonny Kapitan  -- Yehes, Yehu & Angel Kapitan.  Penyerahan diwakili oleh beberapa anak yang didahului dengan membacakan sebuah puisi yang dibawakan oleh Dave Purnama berisi persahabatan diantara mereka.

 

Atas nama jemaat, Ketua Bp. Mulana Simanjuntak menyerahkan kenang2an kepada Pdt Sonny Kapitan dan keluarga. Pada kesempatan yang sama Ibu Lies Purnama dan Ibu Sari Tobing memberikan buket bunga segar kepada Ibu Pdt Sitimey Kapitan dan Ibu Pdt Lady Hutapea sebagai tanda ungkapan Selamat bertugas di tempat baru dan Selamat melayani di jemaat Kemang Pratama.


Waktunya pembacaan sumpah dan janji gembala yang baru, dipimpin oleh ketua GMAHK Konferens DKI Jakarta & sekitarnya, Pdt WL Limbong, diikuti oleh gembala jemaat dan seluruh anggota jemaat secara bergantian.


Kata sambutan mewakili dept. rumah tangga di sampaikan oleh Bp. Munas Tambunan, dilanjutkan mewakili jemaat oleh ketua Bp. Mulana Simanjuntak. Tak lupa Pdt Sonny Kapitan dan Pdt Rindu Hutapea pun memberikan respons dan harapan masing2 secara bergantian, baik kepada gembala di tempat baru juga kepada anggota jemaat di Kemang Pratama.

 
Acara diakhiri dengan menyanyi lagu tutup dari LS No 273--"Harap Allah beserta Kamu", dilanjutkan doa tutup yang dilayangkan oleh Pdt. WL Limbong.
Selanjutnya acara berpindah ke ruang potluck untuk ber-ramah tamah. 

Di koordinir oleh dept. rumah tangga Ibu Ully Tambunan, beberapa menu special yang telah disiapkan ibu2 Kemang Pratama menghiasi meja makan Sabat itu. Tampak nasi tumpeng turut meramaikan acara pisah sambut gembala jemaat yang baru. Ketua Bp. David Tampubolon menyerahkan sepiring lengkap nasi tumpeng kepada Pdt Sonny Kapitan dan ketua Bp. Sontani Purnama menyerahkan kepada gembala jemaat yang baru Pdt Rindu Hutapea.

 
 
 
Penyerahan tumpeng kepada kedua pendeta menandai berakhirnya masa penggembalaan Pdt Sonny Kapitan di jemaat Kemang Pratama, dan di mulainya penggembalaan yang baru, Pdt Rindu Hutapea. Adalah sukacita yang besar melepaskan Pdt Sonny Kapitan untuk bertugas di tempat yang baru, dan menjadi kebahagiaan tak terhingga untuk menyambut kedatangan Pdt Rindu Hutapea untuk melayanai jemaat Tuhan, jemaat Kemang Pratama. Tuhan kiranya menganugerahkan berkat limpah bagi kedua hamba Tuhan yang telah di urapi ini di dalam pelayanan penggembalaan mereka. Tuhan memberkati.

"Selamat bertugas di tempat baru"
Pdt Sonny Kapitan

"Selamat datang untuk melayani"
Pdt Rindu Hutapea  

Karman AK
Komunikasi Jemaat