Tuesday, June 10, 2014

PESTARI DKI Jakarta & Sekitarnya - 2014

Pesta Adventurer Sehari (PESTARI)
Godong Ijo, Sawangan, Depok
Jakarta, Indonesia
1 May 2014 


Acara yang di selenggarakan oleh Konferens DKI Jakarta ini melibatkan seluruh club2 Adventurer yang berada di wilayah DKI JKT dan sekitarnya. Satu diantaranya adalah club Adventurer Kemang Pratama. Dengan mengirimkan sebanyak 11 orang peserta, yang terdiri dari 3 orang kelas Lebah Rajin (Marco Pelaupessy, Keanu Karman & Gerald Perangin2, 2 orang kelas Sinar Matahari (Sam Sukamto & Kayla Sinaga), 5 orang kelas Pembangun (Vicky Sinaga, Kayla Karman, Myrelle Perangin2, Paris & Hykal Simanjuntak) dan 1 orang Tangan Penolong (Ray Kapitan), serta 4 orang pembina (Bp. David Tampubolon, Ibu Meiske Tampubolon, Ibu Ita Kapitan & Ibu Lynda Karman),2 orang intrsuktur (Bp. Willy Wuisan & Ibu Yunita Wuisan) dan 1 orang dokumentasi (Bp. Karman AK), rombongan Kemang Pratama meninggalkan kediaman Kel. Wuisan tempat berkumpulnya peserta, tepat pukul 06.30 WIB pagi menuju lokasi, Godong Ijo Sawangan, Depok. Sebelumnya Bp. David Tampubolon, ketua yang membidangi Pathfinder menyampaikan wejangan singkat kepada para peserta yang diakhiri dengan doa.

Dengan menggunakan 3 kendaraan rombongan beriringan menuju lokasi diadakannya pesta sehari adventurer. Memasuki area Godong Ijo seakan memasuki hutan kecil di tengah kota. Udara yang sejuk, pemandangan pedesaan dengan gemericik air sungai, hutan lindung dihiasi pohon2 tua yang rimbun, kehijauannya menyegarkan mata. Masih terdapat hewan hutan alami seperti tupai, kadal, kodok yang melompat diantara pohon. Ditambah berbagai wisata edukasi yang ber-filosofi "Eco-tainment" membuat lokasi ini menjadi pilihan konsep belajar sambil bermain. Di lokasi, para peserta memasuki barisan yang telah disiapkan Panitia sesuai dengan kelas masing2. Seluruh club berkumpul di depan ruang pertemuan untuk selanjutnya memasuki ruangan mengikuti acara pembukaan - Apel dan Ibadah. 


Acara diawali dengan menyiapkan barisan, menyanyi lagu mars Adventurer diikuti lagu kebangsaan Indonesia Raya, kemudian mengucapkan janji dan peraturan Adventurer. Renungan singkat disampaikan oleh MG Pdt Daniel Rampen, doa tutup dilayangkan oleh MG Pdt Benny Tambunan. Beberapa menit kemudian tampak kakak2 pembina menaiki podium untuk mengajak para peserta menyanyikan beberapa lagu energizer, dipimpin oleh MG Tutty Tambunan. Memasuki acara inti, ketua panitia PESTARI 2014 MG Annie Simanjuntak menyampaikan kata sambutan.  Diawali dengan ucapan terima kasih atas kerjasama tim panitia, menjelaskan tujuan pemilihan "Education Farm" Godong Ijo Sawangan sebagai tempat diadakannya Pestari 2014, dan mengetengahkan tema Pestari 2014 "Belajar dan bekerja untuk Tuhanku, orangtuaku, lingkunganku, dan diriku", untuk kemudian mengajak seluruh Adventurer untuk berkreatifitas di dalam belajar, bermain dan melayani Tuhan.

Club dibagi menjadi beberapa kelompok, Lebah Rajin dan Sinar Matahari menajdi satu group, tiap kelompok terdiri dari 25 anak dengan 2 orang facilitator Education Farm dan 2 orang pembina dari club adventurer. Masing2 kelompok menggunakan nama buah dan warna untuk memudahkan panitia dan staff Education Farm Godong Ijo mengidentifikasi baik nama peserta maupun kelompok. Diawali dengan pengarahan dari pihak Education Farm, dilanjutkan  dengan pengambilan daftar hadir, aktifitas pertama segera akan di laksanakan. 

Tampak wajah2 tidak sabar dari para peserta Pestari demi menyaksikan beberapa alat peraga dan perlengkapan yang tengah dipersiapkan panitia. Setelah menikmati snack brownies dan singkong Thailand, tepat pukul 9:30 WIB pagi para peserta bersiap mengikuti aktifitas2 yang telah di rencanakan. Mengunjungi tempat Reptiles and Mammals adalah aktiftas pertama yang dilakukan oleh kelas Lebah Rajin & Sinar Matahari.  Disana mereka melihat dan mengenal Reptil dan spesis mamalia lebih dekat, spt Iguana, Tortoise, Lizards dan jenis hewan Gecko.  Tampak beberapa dari mereka mencoba memegang dan mengelus binatang2 tsb, bahkan tanpa rasa takut merekapun  mencoba memberinya makan. 


Mereka juga mendatangi kebun pendidikan, disana mereka belajar mengenal berbabagi jenis pohon dan buahnya. Seolah-olah mereka sedang berkebun, mengenakan topi ala tukang kebun mereka menyirami pohon2 dan memetik buah2 plastik yang telah digantungkan pada tiap pohon sesuai jenis pohon dan buahnya. Mereka sangat antusian melakukan pekerjaan tukang kebun. Kini mereka mengenal lebih dekat buah dan pohon yang ada di sekitar mereka.
Mengunjungi dunia flora dan fauna adalah aktifitas pertama yang dilakukan oleh kelas Pembangun dan Tangan Menolong. Di area tsb terdapat showroon untuk Mist room, Green House, dan Vertical Garden, disana mereka melihat lebih dekat bagaimana memelihara tanaman di area yang tidak begitu luas. Dengan konsep taman tegak yaitu tanaman dan elemen taman diatur sedemikian rupa dalam bidang tegak lurus, tanaman dapat hidup subur dan rimbun. Selanjutnya mereka juga berkenalan dengan Reptiles dan Mammalia. Selanjutnya mereka pindah ke salah satu sudut area dimana telah tersedia begitu banyak masker penutup hidung, kaca mata safety, dan sarung tangan. Layaknya  petugas laboratorium mereka mengenakan peralatan lengkap tsb dan siap mendengarkan penjelasan bagaimana cara membuat sabun. Dengan penuh perhatian mereka mendengarkan penjelasan yang diberikan, bahkan sangat antusias saat diberikan waktu untuk bereksperimen membuat sabun sendiri.

Kelas Lebah Rajin dan Sinar Matahari tampak sibuk di area Handy Craft Corner, mereka mendesign celengan yang terbuat dari sedotan.  Panitia menyediakan berbagai hiasan warna-warni yang siap di tempelkan di celengan. Kreatifitas anak mulai tampak saat celengan kosong dibagikan. Beberapa dari mereka mulai menempelkan mata, hidung dan mulut dipermukaan celengan, kemudian menambahkan telinga di sisi mulut celengan dan memberikan tambahan warna-warni kertas di seputar atas dan bawah celengan tsb. Alhasil celengan kosong yang sebelumnya tampak kurang menarik kini menjelma menjadi sebuah celengan cantik dan lucu ala Angry Bird. Senyum puas menghiasi wajah2 para peserta. Tak lupa mereka menuliskan nama masing2 di celengan tsb agar tidak tertukar pada saat mereka mengambilnya di akhir acara.

Membuat keramik dan menghias pot menjadi aktifitas yang cukup menyenangkan.  Tampak tangan mereka mulai berlumuran tanah liat dan cat, namun tidak mengendurkan kreatifitas mereka untuk menciptakan sesuatu  walau tangan terlihat kotor. Usai dengan pot dan keramik, peserta berkumpul kembali di ruang pertemuan untuk menikmati makan siang. Panitia Education Farm mulai sibuk membagikan makanan kotak kepada setiap anak dibantu para pembina. Tak dapat dipungkiri aktifitas yang cukup padat membuat mereka kelaparan. Tampak seluruh peserta begitu lahap menikmati makan siang yang disiapkan. Para pembina membantu melengkapi makanan mereka dengan mengambil sup, buah, dan air minum untuk mempermudah dan mempercepat  mereka menyelesaikan makan mereka. 


Setelah beristirahat kurang lebih satu jam, kembali para peserta dipandu untuk melanjutkan aktifitas berikutnya. Mereka menuju Planting corner, mereka akan melakukan praktek menaman pohon disana. Kelas Lebah Rajin dan Sinar Matahari menanam tumbuhan yang lebih kecil dalam pot, yaitu sirih merah, dan kelas Pembangun dan Tangan Menolong mempraktekan menanam pohon jambu yang telah disiapkan dalam kantong2 plastik. Mereka menyiapkan tanah, pot dan tumbuhan yang siap di tanam, menyirami dan memberikannya pupuk.  Pot2 yang telah berisi tumbuhan kemudian di hias menggunakan cat air dan kemudian dibiarkan kering. Tidak lupa mereka memberi nama pada masing2 pot agar tidak tertukar dengan milik orang lain.

Berkunjung ke Giant Tortoise dan mencoba memberinya makan menjadi pengalaman yang cukup unik. Dibantu petugas penjaga hewan, satu persatu anak2 mencoba melakukan aktifitas memberi makan pada kura2 raksasa yang terlihat cukup menyeramkan dikarenakan warnanya yang gelap dan ukurannya yang cukup besar. Bermain di mini outbound dimana terdapat Sand Box dan kolam renang plastik menjadi aktifitas air yang sudah ditunggu2 oleh kelas Lebah Rajin dan Sinar Matahari. Memasuki area ini, tanpa komando, secara serentak para peserta langsung memasuki kolam plastik yang tersedia  lengkap dengan ikan hias di dalamnya. Sambil berenang mereka menangkap ikan yang mereka boleh bawa pulang nantinya. Peserta seolah tak berniat meninggalkan kolam renang walau kolam mulai tampak berwarna coklat keruh.

Ssesaat kemudian, terdengar panitia mengumumkan melalui pengeras suara agar peserta segera meninggalkan lokasi "catching fish". Perlahan satu demi satu mulai bergegas meninggalkan kolam. Setelah membersihkan diri di ruang ganti, para peserta berkumpul kembali di ruang pertemuan untuk mengikuti acara penutupan. Para pembina tampak telah menunggu, dan para peserta mulai memenuhi ruangan dan membentuk barisan. Acara ditutup dengan ucapan terima kasih panitia atas partisipasi seluruh peserta Pestari, fasilitator Education farm, dan para pembina yang telah bekerjasama dalam mensukseskan acara pestari 2014. Tak lupa panitia mengumumkan pembagian souvenir bagi seluruh peserta sekaligus pengambilan hasil kreatifitas selama acara berlangsung. Para peserta membawa pulang tas souvenir, 1 pot sirih merah, celengan, keramik, aneka bentuk tanah liat, sabun, dan pohon jambu siap tanam yang dikemas dalam plastik. Acara berakhir pukul 04:30 WIB sore. Para peserta di suguhi makanan ringan berupa pisang goreng dan susu kedelai sebagai makanan penutup. Tiba saatnya rombongan meninggalkan lokasi acara, Godong Ijo, Sawangan, Depok menuju tempat tinggal masing-masing.


Terima kasih kepada majelis jemaat yang telah mempercayakan adik2 Adventurer Kemang Pratama untuk mengikuti acara yang sangat baik dan mendidik ini, belajar dan bermain untuk meningkatkan kreatifitas, mengenal lebih dekat ciptaan Allah disekitar mereka, dan membangun kepedulian akan pentingnya bekerja sama baik dengan kakak2 pembina dan juga diantara sesama teman dalam kelompok. Semoga rangkaian acara yang dikemas cukup menarik ini memberikan manfaat yang positif dan berdaya guna. Dengan harapan, tema - "Belajar dan bekerja untuk Tuhanku, orangtuaku, lingkunganku, dan diriku", menjadi pengalaman yang berharga bagi seluruh peserta PESTARI 2014, terutama bagi Adventurer Kemang Pratama. Sampai bertemu di PESTARI tahun depan!. Tuhan memberkati.

-Lynda Karman-