Tuesday, April 15, 2014

Kebaktian Sabat Syukur 15 thn GMAHK Kemang Pratama - Pdt Reymand Hutabarat

Hari Sabat Tamu dan Perayaan ulang tahun gereja
Sabat, 12 April 2104
GMAHK Kemang Pratama
Pembicara : Pdt Reymand Hutabarat

"We are Marching In the Light Of God'' menjadi thema perayaan ulang tahun gereja Kemang Pratama ke 15 yang diadakan bersamaan dengan hari Sabat tamu pada tanggal 12 April 2014 yang lalu. Mengutip sebuah ayat Alkitab yang terdapat dalam Mazmur 27:1a "Tuhan adalah terangku dan keselamatanku, kepada siapa aku harus takut?" menjadi kekuatan bagi anggota jemaat agar tetap berjalan di dalam terang Tuhan menuju kerajaan Surga yang abadi. 

Untuk mengucap syukur atas perjalanan iman gereja Kemang Pratama selama 15 tahun, perjalanan yang penuh berkat, sukacita dan pelayanan, maka gereja mengadakan acara yang dikemas cukup special yang di koordinir oleh Bp. Ramlan Sormin sebagai ketua panitia perayaan ulang tahun gereja ke 15. Dept SS memfokuskan hari Sabat ini sebagai hari Sabat tamu dan mengundang tamu2 non Advent untuk beribadah bersama2 anggota jemaat Kemang Pratama. Satu keluarga membawa satu tamu. 

Acara SS di mulai pukul 08.30 pagi. Diiringi pianist Joshua Simanjuntak & Velan Sormin acara diawali dengan doa percakapan yang dipimpin oleh Bp. Jamesson Silitonga.

Pemimpin sekolah Sabat Ibu Yunita Wuisan memulai acara dengan sambutan pendahuluan, dilanjutkan lagu pembukaan dari LS No. 463 "Kalau Serta Tuhan" jemaat menyanyikan semua ayat. Bacaan ayat inti yang terdapat dalam Yohanes 5:46 "Sebab Jikalau Kamu Percaya kepada Musa, tentu kamu akan percaya juga kepadaKu. Sebab ia telah menulis tentang Aku" sekaligus doa buka dilayangkan oleh Bp. Munas Tambunan. Sebuah lagu istimewa mengawali acara Sekolah Sabat dibawakan oleh PS Deo Volente, paduan suara jemaat Oikumene yang beribadah dalam satu lokasi peribadahan dengan jemaat Kemang Pratama. Dua buah lagu berturut2 mereka bawakan, "Hendaklah Dirimu Tetap Di Dalam Dia" dan "Gembalaku".

Tidak seperti biasanya diskusi Sekolah Sabat diadakan di unit SS masing2, tapi kali ini dipimpin langsung oleh pemimpin diskusi. Sebuah lagu pujian disampaikan oleh Debby Tompunu dengan judul "How Great Thou Art". Drama dengan judul "Kereta Ke Surga" dibawakan oleh anggota jemaat Kemang Pratama, di koordinir oleh Ibu Evelyn Sormin.

Kembali sebuah lagu istimewa disampaikan oleh Kwartet Unceasing Cantika dengan judul lagu "Into All Thy Word", dilanjutkan pemutaran video "Pelayanan GMAHK Kemang Pratama" yang disampaikan oleh Komunikasi jemaat - Bp. Karman AK. Selanjutnya sebuah lagu istimewa dibawakan oleh Koor Anak2 dengan judul lagu "This Little light Of Mine & We are The Church", dipimpin oleh Ibu Lynda Karman. Acara SS diakhiri dengan mengumpulkan persembahan syukur 15thn gereja Kemang Pratama, di pimpin oleh Bp. Willy Wuisan. Anggota jemaat dan para tamu menempelkan amplop2 persembahan yang sebelumnya telah dibagikan oleh penerima tamu saat memasuki gereja, pada pohon yang telah disiapkan di depan mimbar. Doa tutup Sekolah Sabat dilayangkan oleh Pdt HM Siagian.

Jemaat memasuki kebaktian khotbah dengan menyanyi dari LS No. 3 "Tuhan ada Dalam Kaabah" di pimpin chorister Robert Rihihina dan Ibu Annie Simanjutak, diiringi pianist Timothy Purnama. Lagu pendahuluan dari LS No. 1 Di Hadapan Hadirat Mu" dilanjutkan doa pengkhotbah yang dilayangkan oleh Pdt. Reymand Hutabarat. 

Bacaan ayat bersahutan terdapat dalam Filipi 4:4-7 dipimpin oleh gembala jemaat Pdt. Rindu Hutapea, dibacakan oleh pemimpin dan anggota jemaat secara bergantian. Sebagai lagu buka, jemaat menyanyi dari LS No. 282 "Hai Skalian orang", doa syafaat di layangkan oleh Bp. Mulana Simanjuntak. Jemaat menyambut doa dengan menyanyi dari LS No. 209 "Dengar Ya Tuhan Kami Berdoa". Bacaan ayat persembahan dibawakan oleh Bp. David Tampubolon, diakon mengumpulkan persembahan di iringi musik instrumentalia, diakhiri dengan sambutan jemaat dengan menyanyi dari LS No 2 "Kepada Allah Bri Puji". Doa persembahan dilayangkan oleh Bp. David Tampubolon.   
           
Sebuah persembahan lagu berupa permainan angklung dibawakan oleh Ibu2 Kemang Pratama dengan judul lagu "Mansion Over The Hilltop", dipimpin oleh Ibu Sari Tobing, dilanjutkan persembahan lagu dari PS Pemuda Kemang dengan judul lagu "We've Come This Far By Faith, di pimpin oleh Sdri Rolas Sitohang. Cerita anak2 dibawakan oleh Ibu Sari Tobing mengambil thema Petrus dalam penjara, dibantu dalam bentuk drama singkat yang dibawakan oleh beberapa ibu dan pemuda. Sebuah lagu istimewa dengan judul "Where No One Stands Alone" dibawakan oleh Ibu Ade Tuturoong, dilanjutkan lagu special yang dibawakan oleh PS Jemaat Kemang Pratama yang dipimpin oleh Bp. Erhart Tobing, dengan judul lagu "Siyahamba --We are Marching In the Light Of GOD", mengawali khotbah yang akan dibawakan. Ayat inti khotbah dibacakan oleh Bp. Sontani Purnama, terdapat dalam Mazmur 27:1a "Tuhan adalah Terangku dan keselamatanku, kepada siapa aku harus takut?"

"We are Marching In the Light Of GOD" adalah judul khotbah yang dibawakan oleh Pdt Reymand Hutabarat. Sesuai dengan judul lagu yang dibawakan oleh PS Jemaat Kemang Pratama dan thema kebaktian ucapan syukur ulang tahun jemaat Kemang Pratama yang ke 15. Diawali dengan penayangan video UNAI berdurasi 7 menit, sebagai salam jumpa sekaligus tantangan bagi seluruh anggota jemaat dan para tamu yang hadir Sabat itu, bagaimana tangan Tuhan telah memberkati lembaga pendidikan ini dengan  limpah, dimana UNAI telah mencetak siswa/siswi yang berprestasi, hingga  saat ini memiliki begitu banyak alumnus yang tersebar di seluruh dunia, dan  mereka menjadi tiang2 gereja. Kita patut mengucap syukur atas berkat tsb, demikian halnya berkat yang kita rasakan atas perjalanan pelayanan jemaat Kemang Pratama hingga memasuki tahun yang ke 15. I Tesalonika 5:18 "Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang di kehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu".       



Ada 6 ciri umat Tuhan yang berjalan dalam TerangNya :

1. Bersukacita senantiasa -- Filipi 4:4 "Bersukacitalah senantiasa di dalam Tuhan, sekali lagi kukatakan : bersukacitalah!"

2. Senantiasa berbuat baik -- Filipi 4:6 "Hendaklah kebaikan hatimu diketahui semua orang. Tuhan sudah dekat.

3. Tidak khawatir -- Filipi 4:6 "Janganlah hendaknya kamu khawatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur"

4. Senantiasa berdoa -- Filipi 4: 6 "Nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan ucapan syukur"

5. Bersyukur dalam segala hal -- Filipi 4-6 "Nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan ucapan syukur"

6.  Hidup damai -- Filipi 4:7 --"Damai sejahtera Allah, yang melampau segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yersus"

Jika kita mau memiliki ke enam ciri sebagai umat Tuhan diatas, namun kita merasa lemah dan tidak mampu melakukannya di dalam kehidupan kita, jika kita mau memintanya kepada Tuhan, maka Dia akan menolong kita untuk mendapatkannya, demikian akhir khotbah yang disampaikan oleh Pdt Reymand Hutabarat.

Sebuah lagu pujian sebagai penutup kebaktian dibawakan oleh PS Jemaat Kemang Pratama, dengan judul lagu "Great is Thy Faithfulness". Doa berkat dilayangkan oleh pengkhotbah, Pdt. Reymand Hutabarat. Jemaat menyambut dengan menyanyikan LS No 522 "Curahkan berkat Mu Ya Tuhan". Participant khotbah meninggalkan mimbar di ikuti anggota jemaat baris demi baris diiringi lagu "Siyahamba -- We are marching in the light of GOD" oleh PS Jemaat Kemang Pratama, namun kali ini dalam "soft version".

Acara selanjutnya berpindah ke ruang potluck. Pemotongan kue ulang tahun  dipandu oleh Dept. Rumah Tangga Bp. Munas Tambunan & Ibu Ully. Diawali dengan kata sambutan dan ucapan terima kasih kepada Pdt Reymand Hutabarat & Keluarga atas pelayanan yang telah diberikan pada Sabat itu, disampaikan oleh ketua Bp. Mulana Simanjuntak. Gembala jemaat Pdt Rindu Hutapea dan Pdt Reymand Hutabarat mendapatkan kehormatan untuk memotong kue ulang tahun sekaligus meniup lilin 15 tahun. Acara pemotongan kue diakhiri dengan doa ramah tamah yang di layangkan oleh Ibu Pdt Rowilyne Hutabarat. Selanjutnya anggota jemaat dan para tamu dipersilahkan untuk beramah tamah dan menikmati jamuan makan siang.

 
Selamat menikmati hidangan yang telah disiapkan oleh gereja.   

Selamat Ulang Tahun Gereja Kemang Pratama yang ke 15, Tuhan Yesus memberkati!      


 "Tuhan adalah terangku dan keselamatanku, kepada siapa aku  
harus takut?"  Mazmur 27:1a


Lynda Karman