Thursday, January 08, 2015

Doa 10 hari

Hari ke 1 
Rabu, 07 Januari 2015

"Tinggal di dalam Kristus" (Yohanes 15 : 1-17)

“Tinggallah di dalam Aku” adalah kata-kata yang sangat penting sekali. Tinggal di dalam Kristus adalah iman yang hidup, tulus dan menyegarkan yang bekerja melalui kasih dan menyucikan jiwa. Ini berarti penerimaan akan Roh Kristus yang tak henti-hentinya, kehidupan yang berserah sepenuhnya untuk pelayanan-Nya. Dimana ada persatuan, disitu ada pekerjaan yang berjalan dengan baik. Kehidupan dari pokok anggur akan terlihat dari buahnya yang wangi diatas dahan-dahannya. Anugerah Tuhan yang tidak berkesudahan tetap memberkatimu dan membuatmu menjadi berkat, sampai engkau dapat mengatakan kepada Paulus, “Aku telah disalibkan dengan Kristus; namun aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku.” (Gal. 2:20) (Our Father Cares, hal. 124). 


Selamat Tahun Baru 2015...
Tuhan mencurahkan Roh-Nya dalam kekuasaan Pentakosta setelah Gereja-Nya menghabiskan sepuluh hari bersama-sama, memohon berkat yang dijanjikan-Nya. Dia siap untuk melakukan-Nya lagi hari ini. Diseluruh dunia Gereja Advent mengalami pembaharuan Roh Kudus dengan mengikuti contoh para murid dan berpartisipasi dalam sepuluh hari doa. 

Mengawali tahun yang baru ini di Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh sedunia khususnya Jemaat Kemang Pratama melakukan rangkaian doa bersama ini di Gereja yang berlokasi di perumahan Kemang Pratama bekasi. Dimulai pada Jam 19.30 malam dengan beberapa partisipan dan anggota jemaat hadir untuk menyatukan hati dan fokusnya untuk melayangkan doa-doa. Kurang lebih 20 orang anggota jemaat telah hadir pada malam pertama ketika acara doa ini dimulai.

Setelah pemimpin acara Willy Wuisan membuka dengan salam dan menyapa hadirin diikuti oleh doa dalam hati, sebuah lagu pembuka turut disenandungkan untuk pujian kepada Tuhan yang mengawali rangkaian acara. Malam itu renungan singkat selama kurang lebih 5 menit disampaikan oleh ketua jemaat Munas Tambunan. Mendapat pengetahuan mengenai Yohanes 15 ayat 1 sampai 17, mengingatkan kepada kita agar kita tak henti-henti nya untuk melakukan penyerahan sepenuhnya kepada Kristus dan penerimaan akan Roh Kudus untuk berkuasa dalam hati dan pikiran kita untuk menjalani kehidupan dan berserah sepenuhnya untuk pelayanan-Nya.

Memasuki sesi untuk berdoa, anggota jemaat dibagi ke dalam beberapa kelompok doa yang berpencar didalam gereja.
Sesi doa yang pertama yaitu Doa menyampaikan Pujian, dipandu oleh pemimpin acara dan diikuti oleh masing-masing kelompok selama kurang lebih 5 hingga 10 menit masing-masing kelompok berdoa yang berisi puji-pujian kepada Tuhan.
Sesi kedua, doa percakapan Pengakuan, yang dilakukan kurang lebih 10 menit dimana masing masing kelompok berdoa dengan khusuk. Terlihat ada yang bertelut, ada pula yang melakukannya sambil duduk didalam menyampaikan doa-doa. Sesi ketiga yakni menyampaikan doa percakapan Permohonan dan Pengantaraan. Sesi ini masing-masing kelompok diberikan waktu lebih lama untuk menyampaikan permohonan yaitu sekitar 30menit. Adapun doa-doa khusus yang disampaikan yaitu :
  • Berdoalah agar Tuhan menyanggupkan Anda untuk mencintai orang-orang yang hilang.
  • Pujilah Allah karena sukacita adalah buah kebenaran.
  • Berdoalah agar Tuhan akan memberi Anda damai sejahtera-Nya yang melampaui segala pengertian manusia.
  • Mintalah Tuhan untuk mengajarkan Anda bagaimana membalas kejahatan dengan kebaikan. Berdoalah untuk mendapatkan kesempatan di mana Anda harus belajar membalas kejahatan dengan kebaikan.
  • Mintalah Tuhan untuk memberikan kekuatan kepada Anda agar Anda dapat bersikap baik kepada semua orang, termasuk anggota keluarga dan musuh-musuh Anda.
  • Mintalah
  • Berdoalah agar Allah akan mengajar Anda bagaimana untuk tinggal di dalam Dia.
  • Tuhan untuk membimbing Anda agar Anda dapat menyatakan kebaikan kepada anggota keluarga Anda dan saudara-saudara Anda di dalam Kristus.
  • Berdoalah agar Allah menuntun Anda untuk dapat setia di dalam perkara-perkara kecil. Katakan kepada Allah beberapa perkara kecil di mana Anda perlu belajar untuk menjadi setia.
  • Mintalah Tuhan untuk mengajar Anda bagaimana menjadi lemah lembut.
  • Mintalah Tuhan untuk menolong Anda agar dapat membenci hal-hal yang bersifat duniawi dan mintalah kepada-Nya kasih yang untuk Dia dan hanya untuk Dia saja. Beritahukan kepada- Nya tentang hal-hal yang Anda perlu pelajari untuk dibenci.
  • Berdoalah bagi orang-orang muda di gereja Anda agar mereka akan menemukan sukacita dalam mengikut Kristus. Sebutlah Nama orang-orang muda itu di dalam doa Anda.
  • Berdoalah untuk meningkatkan penekanan pada doktrin penciptaan yang ajaib di dalam Alkitab tentang bumi yang telah diciptakan oleh firman Allah selama waktu enam hari berturut-turut dalam arti yang sesungguhnya ( literal).
  • Berdoalah untuk Misi ke Kota –kota di seluruh dunia.
  • Berdoalah untuk persatuan global di dalam setiap gereja dan kesatuan(wilayah) dan untuk menghormati peraturan gereja yang telah diterima dan juga untuk keterlibatan Anda sepenuhnya di dalam misi gereja. Berdoalah untuk dapat memiliki kerendahan hati di dalam kehidupan kita sehingga kita akan bersatu di dalam kepatuhan terhadap pimpinan Tuhan dan tata-cara gereja dalam membuat keputusan yang disepakati bersama.
  • Berdoalah untuk General Conference Session ke-60 di San Antonio, bagi utusan-utusan dan keputusan-keputusan yang akan dibuat di sana. Berdoalah agar Roh Kudus akan memimpin di dalam setiap keputusan yang perlu dibuat.
  • Berdoalah untuk perluasan promosi penekanan pada program "Kebangunan Rohani dan Reformasi”di seluruh dunia.
  • Berdoa untuk yang Sakit: Ibu Shinta dan Bpk Manihar Panjaitan
  • Berdoa utk Usaha ibu Sollihin
  • Berdoa untuk Kel Daniel Kore dan Kel Rindu Tambunan untuk kerinduan mereka memperoleh keturunan.
  • Doakan Family of The month Januari 2015 Kel Ibu Saragih
dan diakhiri oleh bagian keempat rangkaian doa ini yaitu doa percakapan ungkapan Syukur, yang dilakukan sekitar 10menit.

Di penghujung acara, disambut oleh lagu penutup yang dinyanyikan bersama-sama dan pemimpin acara menyampaikan doa sebagai penutup.

Jemaat keluar dengan teratur dan saling berjabat-tangan penuh sukacita, dengan harapan apa yang telah dilakukan kiranya Tuhan berkenan dan menjadi kemuliaan bagi nama-Nya saja. Salam, Sampai bertemu pada hari berikutnya.

Tuhan Memberkati. Amin.


Karman Komunikasi Jemaat