Saturday, October 22, 2016

PELAYANAN PATHFINDERS KEMANG PRATAMA KE PERGURUAN ADVENT SUKABUMI (PASMI)

Pada hari Sabat, 22 Oktober 2016, semua rombongan Pathfinders Kemang Pratama sudah berkumpul di rumah keluarga Willy Wuisan pada pukul  4:30 pagi.  Sesuai rencana, kami akan mengadakan pelayanan ke Perguruan Advent Sukabumi (PASMI).  Walaupun masih terlihat agak mengantuk, tetapi semua menunjukkan semangat pada pagi itu.   Tepat pukul 5:00 pagi rombongan terdiri dari 4 mobil berangkat meninggalkan komplek perumahan Kemang Pratama menuju ke Sukabumi.  Perjalanan pagi itu ditempuh dengan waktu sekitar 3 jam.  Kami tiba di tujuan sekitar pukul 8:00 pagi.   Saat itu suasana gereja PASMI masih terbilang sepi.  Semua bersiap-siap berganti pakaian seragam Pathfinder tipe A.

Acara Sekolah Sabat dimulai pukul 9:00 tepat yang dipimpin oleh Marcel Karamoy.  Sebuah lagu istimewa dinyanyikan oleh semua Pathfinders di jam kebaktian itu. Pelayanan Perorangan dibawakan oleh ibu Debby Simanjuntak. 
Kita diajak untuk merasakan nikmatnya pulang kampong. Dulu MG Debby pernah bersekolah di PASMI saat duduk di bangku SMP. Setelah berkeluarga dia juga mengajar di PASMI selama 3 tahun.  Itu sebabnya dia merasakan indahnya pulang kampong.  Ibu Debby mengatakan bahwa kehidupan berasrama seperti di PASMI memberikan motivasi untuk siswa memiliki banyak sahabat dan teman.  Di jam kebaktian khotbah, MG Annie Simanjuntak, membawakan khotbah.  Ibu Annie mengajak semua Pathfinders untuk mengikuti tabiat dari Yesus.  Semua diajak untuk seperti tanah liat yang dibentuk oleh tukang periuk, yaitu Yesus sendiri yang dapat mengubah tabiat kita bila kita mau dibentuk seperti Dia.   Dua buah lagu pujian dilayangkan oleh Suara Amsal dan Trio Pathfinder.

Usai khotbah, kami dijamu dengan ramah oleh anggota jemaat PASMI. 
Setelah menikmati makanan rohani, kami disuguhkan oleh makanan sehat dengan menu vegetarian yang nikmat.  Semua merasakan sukacita. Setelah makan, semua kembali ke dalam gereja untuk mengikuti beberapa seminar yang dibawakan kakak-kakak Pembina dari Kemang Pratama.  MG Sofie Manurung membawakan seminar tentang Sopan Santun.  Semua diajak mengikuti cara yang patut dan sopan dalam kehidupan social Kristen yang baik.  Seminar sekitar satu jam ini diikuti dengan antusias.  MG Lies Purnama membawakan seminar tentang Lingkungan Hidup dan Daur Ulang.  Kita diajak untuk menjaga kelestarian lingkuangan hidup yang Tuhan sudah ciptakan.

Jam Pemuda Advent dimulai pukul 16:15 sore.   CMG Veber Sormin memimpin acara dan mengajak semua untuk saling berkenalan satu dengan yang lain. 
Sebuah lagu pujian dibawakan oleh Pathfinder dari PASMI.  Verel Sormin membawakan ice breaker dan meminta yang hadir membentuk beberapa kelompok.  Mereka diminta membentuk format barisan berdasarkan berbagai aturan yang diminta.  Semua merasa gembira mengikuti acara tersebut.  MG Ramlan Sormin membawakan seminar berjudul Etika Dalam Mengambil Keputusan.  Acara yang dibawakan secara interaktif melibatkan semua peserta.  Masing-masing diajak untuk merenun

gkan bahwa pengambilan keputusan akan membawa kepada tujuan akhir kita, baik itu kehidupan kekal atau kebinasaan. Oleh karenanya diingatkan agar kita boleh ambil keputusan berdasarkan petunjuk perintah Tuhan di Alkitab.   Mengakhiri acara PA sore itu, MG Dixon Simanjuntak membawakan renungan tutup Sabat yang intinya mengajak semua yang hadir untuk rajin membaca Alkitab yang  akan menjadi penuntun kehidupan kita.


Usai tutup Sabat, kembali lagi keramahan anggota jemaat PASMI mengajak kami untuk menikmati makan malam yang hangat dan lezat.  Puji Tuhan ! 
Semua pelayanan telah selesai dengan baik dan kami pulang dari lokasi sekitar pukul 20:00 malam.  Semua merasakan sukacita dan berkat sepanjang pelayanan sabat itu.   Kami tiba di rumah masing-masing sekitar pukul 24:00 malam.   Memang lumayan panjang perjalanan malam itu.  Tetapi semua merasakan sukacita penuh.