Monday, March 24, 2014

MAKAN UNTUK KEMULIAAN ALLAH - Pdt. HM Siagian

Kebaktian Sabat
GMAHK Kemang Pratama
Pembicara : Pdt. HM Siagian
Sabat, 22 Maret 2014 

 
Acara kebaktian dimulai dengan menyanyikan lagu pendahuluan khotbah dari LS No. 515 "Tuhan ada dalam Kaabah", di pimpin oleh chorister Sdri. Rolas Sitohang diiringi pianist Timothy Purnama. Participant khotbah memasuki mimbar, dan jemaat menyambut dengan menyanyi dari LS No. 1 " Di hadapan Hadirat Mu" dilanjutkan doa pengkhotbah yang dilayangkan oleh Pdt HM Siagian. Bacaan ayat bersahutan terdapat dalam Kejadian 1:24-29 di pimpin oleh Bp. David Tampubolon, dibacakan oleh pemimpin dan jemaat secara bergantian.  Lagu pembuka dari LS No. 79 "Ku Puji Tuhan Yang Ciptakan" dilanjutkan doa syafaat dilayangkan oleh Bp. Sontani Purnama, diakhiri dengan sambutan doa oleh jemaat dari LS No. 517 "Dengar Ya Tuhan Kami Berdoa".

Bacaan persembahan sekaligus doa dibawakan oleh Bp. Richard Pelaupessy, para diakon mengumpulkan persembahan diiringi musik instrumentalia dan diakhiri dengan sambutan jemaat menyanyikan lagu dari LS No. 21 "Pada Mu Allah Ku Puji". Cerita anak2 dibawakan oleh Ibu Pdt Siagian, menceritakan bagaimana kehidupan Adam & Hawa, manusia pertama yang diciptakan Allah menjalankan kehidupannya mereka di taman Eden dengan memakan makanan yang Tuhan sediakan yaitu, sayur2an, buah2an, kacang2an serta biji2an. Allah mengusir mereka keluar dari taman Eden oleh karena mereka telah melanggar perintah Allah dengan memakan buah pengetahuan baik dan jahat yang berada di tengah taman Eden, yang Allah tidak ijinkan mereka menyentuhnya, apalagi memmakannya. Dosa mengharuskan mereka meninggalkan taman Eden, gantinya menikmati kenikmatan tinggal di taman Eden, mereka kini bersusah payah mencari nafkah untuk kelangsungan hidup mereka. 

Sebuah lagu special mengawali khotbah dibawakan oleh Koor Anak2 dipimpin oleh Ibu Imelda Peranginangin dengan judul lagu "We are the Church", dilanutkan bacaan ayat inti yang terdapat dalam 1 Korintus 10:31 dibacakan oleh protokol Bp. David Tampubolon.

"Makan untuk Kemuliaan Allah" adalah judul khotbah yang dibawakan oleh Pdt HM Siagian.  Mengutip satu ayat yang terdapat dalam Wahyu 14:7 -- Dan ia berseru dengan suara nyanring: "Takutlah akan Allah dan muliakanlah Dia, karena telah tiba saat penghakimanNya, dan sembahlah Dia yang telah menjadikan langit dan bumi dan laut dan semua mata air". Ini adalah seruan atas Pekabaran Malaikat yang pertama. 

Apa yang masuk ke dalam tubuh kita, apa yang kita makan adalah bertujuan untuk :  

1. Perkembangan dan pemeliharaan tubuh kita sebagai kaabah Allah. Nutrisi yang baik akan memampukan kita menjaga kesehatan tubuh.
2. Meningkatkan kekebalan tubuh atas setiap eksistensi dan kemampuan tubuh kita, untuk mengerti akan rencana Allah terhadap kita. 

Seorang tokoh gizi, seringkali disebut dengan Bapak Gizi modern - Frenchman Antoine Lavoisier mengatakan, "Life is a chemical function" layaknya benar, bahwa menjaga kesehatan tubuh adalah bertujuan untuk mencapai kehidupan dengan umur yang lebih panjang, adalah semacam fungsi kimia. Semakin baik asupan makanan ke dalam tubuh kita memungkinkan untuk memperpanjang kesehatan setiap organ tubuh dalam pengoperasian sistem kerjanya. Dalam buku Kejadian 5 -- cerita mengenai air bah pada zaman Nuh, menyatakan bagaimana perubahan umur sebelum dan sesudah air bah. Alkitab mencatat sebelum terjadinya air bah umur manusia mencapai 900thn dan sesudah air bah berkurang menjadi hanya 600thn. Makanan mula2 -- di taman Eden, sayur2an, buah2an, kacang2an dan biji2an adalah makanan yang Tuhan anjurkan bagi manusia, namun kemudian makanan manusia banyak yang menyebabkan gangguan kesehatan spt, kolesterol. hipertensi, ginjal, jantung dll, akibat keteledoran dalam memilih dan mengkonsumsi jenis makanan. Dalam sebuah riset, BURKITT adalah sebuah contoh terbaik dalam penyakit yang di derita oleh orang2 barat. Dan kemudian ditemukan Diet yang paling baik bagi kesehatan adalah diet nabati murni.

Dalam Yeremia 47:12b --"Pada kedua tepi sungai itu tumbuh bermacam2 buah2an yang daunnya tidak layu dan buahnya tidak habis2, tiap bulan ada lagi buahnya yang baru, sebab pohon2 itu mendapat air mendapat air dari tempat kudus itu. Buahnya menjadi makanan dan daunnya menjadi obat", menegaskan bahwa makanan yang kita makan janganlah bertujuan menjadikan kita sakit akan tetapi dengan mengkonsumsi buah dan sayur haruslah menjadi pilihan untuk hidup lebih sehat yang akan memperpanjang umur. "Let Your Food Be Your Medicine", kata seorang tokoh Yunani kuno yang paling luar biasa dalam sejarah obat2an  dan dikenal sebagai Bapak Kedokteran Barat - Hippocrates.

Pemilihan jenis makanan yang dikonsumsi manusia menjadi penentu kehidupan mereka selanjutnya, Allah menyediakan makanan sehat mula2 yang telah diperkenalkan kepada manusia ciptaanNya yang pertama di taman Eden yaitu Adam & Hawa. Ia yang telah menganjurkan agar manusia menjaga dan memelihara kesehatan tubuh mereka dengan cara pemilihan jenis makanan yang tepat - makanan sehat, dan kembali kepada makanan mula2 yaitu jenis sayuran, buah2an, kacang2an dan biji2an menjadi manifestasi manusia dalam hal mengasihi DIA. Menjaga dan memelihara tubuh dengan baik layaknya memelihara kaabah Allah, memungkinkan DIA untuk tinggal dan bersemayam di dalam diri kita. Makan untuk kemuliaan Allah, dan pilihan ada di tangan kita. Demikian Pdt HM Siagian mengakhiri firman pada Sabat siang itu.

Sebagai lagu penutup, jemaat menyanyi dari LS No. 449 "Tiap hari Aku Slalu Brjalan", dilanjutkan doa tutup yang dilayangkan oleh Pdt HM Siagian diakhiri dengan jemaat menyambut dengan menyanyi LS No. 522 "Curahkan berkat Mu ya Tuhan". Kebaktian berakhir, para participant khotbah meninggalkan mimbar diikuti jemaat baris demi baris keluar secara teratur dipandu oleh diakon yang bertugas untuk kemudian saling bersalam. Selamat Sabat, Tuhan memberkati.

Lynda Karman