Tuesday, March 18, 2014

TUHAN MEMBERIKAN BERKAT KEPADA UMAT YANG DIKASIHI-NYA KETIKA SEDANG TIDUR - Pdt. Dr. Praban Saputro

Kebaktian Sabat
GMAHK Kemang Pratama
Pembicara : Pdt. Dr. Praban Saputro
Sabat, 15 Maret 2014

Dipimpin chorister Sdr. Robert Rihihina, diiringi pianist Joshua Simanjuntak dan kelompok musik pengiring kebaktian - Fidela, Junior, Velan, Kanya & Ivana, jemaat menyanyikan lagu dari LS No 515 "Tuhan Ada Dalam Kaabah" menyambut para participant khotbah memasuki mimbar. Menyanyi LS No.1 "Di Hadapan Hadirat Mu" menjadi lagu pendahuluan dilanjutkan doa buka yang dilayangkan oleh pembicara, Pdt. Dr. Praban Saputro. Bacaan Ayat bersahutan terdapat dalam Mazmur 127:1-6 dibacakan oleh pemimpin yang sekaligus protokol acara Bp. Munas Tambunan, diikuti oleh anggota jemaat secara bergantian. Sebagai lagu pembukaan menyanyi dari LS No. 464 "Jaminan Berkat Tuhan Janji", dilanjutkan doa syafaat yang  dilayangkan oleh Bp. Chandra Peranginangin, disusul sambutan doa dari LS No. 517 "Dengar Ya Tuhan Kami Berdoa".

Bacaan persembahan dibawakan oleh Bp. Ramlan Sormin, mengajak anggota jemaat untuk memiliki kasih dalam memberi. Memberi dengan sukarela adalah tanda cinta kepada Allah. Persembahan dijalankan oleh para diakon diiringi musik instrumentalia. Jemaat menyambut dengan menyanyikan dari LS No. 21 "Pada Mu Allah Ku Puji", diakhiri dengan doa persembahan yang dilayangkan oleh Bp. Ramlan Sormin. Cerita anak dibawakan oleh Ibu Pdt Wawah Saputro, kisah seorang anak laki2 yang bernama Bobby yang terdiagnosa penyakit kanker. Tidak memiliki kesempatan hidup lebih lama dan harus melewati hari2 dengan pengobatan di rumah sakit. Hingga satu ketika dokter menyarankan untuk menjalani proses penyuntikan di bagian belakang kepalanya yang diperkirakan akan sangat menyakitkan. Demi sebuah kesembuhan, anak laki2 tsb menuruti saran dokter dan bersedia untuk di suntik. Tiba saat dilakukan suntikan, anak laki2 tsb meminta waktu untuk menghafalkan ayat hafalan kesukaannya yang terdapat dalam Mazmur 23:1-6. Dokter dan para perawat tercengang saat mendengar anak tsb menghafalkan ayat hafalannya, bahkan satu persatu perawat meninggalkan ruangan saat anak laki2 tsb meminta mereka membacanya dari Alkitab.  Pelajaran dari cerita tsb mengajak anak2 untuk selalu percaya kepada Tuhan bahwa Dia akan menjadi penolong di saat kita membutuhkan tangan-Nya. Menghafalkan ayat hafalan akan memberikan kekuatan kepada anak2 saat mereka dalam kesusahan atau kesulitan.

Sebuah lagu istimewa mengawali khotbah di bawakan oleh VG Bapak2 dengan judul lagu "Tuhan itu Baik". Bacaan ayat inti yang terdapat dalam Mazmur 127:2 dibacakan oleh pemimpin acara Bp. Munas Tambunan, di lanjutkan dengan menyanyi lagu penghantar khotbah "Tuhan Bersabda Padaku" dengan setengah suara untuk menyambut firman yang akan dibagikan.

Pdt. Dr. Praban Saputro mengawali khotbahnya dengan menyampaikan salam dari anggota jemaat Riverside, California, AS tempat dimana beliau menjadi gembala jemaat beberapa tahun terakhir. Dengan rendah hati beliau menyampaikan  bahwa pintu gereja Riverside terbuka lebar bagi siapa saja anggota GMAHK Indonesia yang berkunjung ke California, AS. Pendahuluan khotbah mengajak anggota jemaat untuk memiliki tujuan penting lain atas hari perhentian, hari Sabat. Hari Sabat untuk anggota gereja Advent bukan saja waktu untuk beristirahat dan berbakti, tetapi juga waktu yang sangat tepat untuk mengevaluasi diri. Saat kita beristirahat banyak hal yang dapat terjadi, bahkan Allah banyak memberikan berkat kepada umat2nya ketika mereka sedang beristirahat atau tidur. Buku Mazmur tidak hanya berisi pujian dan nyanyian yang di tulis oleh Raja Daud, tetapi terdapat pula banyak pengalaman hidup dari umat2 atau orang2 pilihan Allah. Beberapa diantaranya ditulis oleh kaum Lewi, anak2 Korah, Yedutun dan lainnnya. Mazmur 127 diyakini bukan ditulis oleh Raja Daud tetapi oleh Raja Salomo karena isinya sangat berkaitan dengan pengalaman Hizkia, Yosia dan Zerubabel jaman dimana Raja Salomo hidup.


Mazmur 127:1-6 dibagi menjadi 3 bagian penting: 

I. Ayat 1a - orang2 yang berusaha dengan sekuat tenaga namun berakhir dengan sia2.
Dalam hal ini boleh jadi banyak umat Tuhan tidak selalu mengikutsertakan Tuhan dalam segala usaha tangan mereka. Mengandalkan kekuatan dan kepandaain diri sendiri menjadi penghalang berkat turun atas mereka. Mereka bahkan lupa bahwa tangan Allah senantiasa turut bekerja dalam setiap usaha tangan manusia ketika kita memintaNya. 
 
II. Ayat 2b - saat umat Allah tidur, mereka mendapat berkat.
Allah akan memberi berkat kepada orang yang di kasihi-Nya (My beloveth).
Kejadian 2:21-23 - "Lalu TUHAN Allah membuat manusia itu tidur nyenyak; ketika ia tidur, TUHAN Allah mengambil salah satu rusuk dari padanya, lalu menutup tempat itu dengan daging. Dan dari rusuk yang diambil TUHAN Allah dari manusia itu, dibangun-Nyalah seorang perempuan, lalu dibawa-Nya kepada manusia itu.Lalu berkatalah manusia itu: "Inilah dia, tulang dari tulangku dan daging dari dagingku. Ia akan dinamai perempuan, sebab ia diambil dari laki-laki."
Ayat ini menerangkan bagaimana Allah memberikan berkat seorang pendamping kepada Adam saat ia tertidur.

Dalam Kejadian 28:10-22 menceritakan saat Yakub tertidur dan bermimpi, Allah memberikan berkat kepadanya melalui janji, keturunannya akan menjadi seperti debu tanah banyaknya dan berkat melimpah atas mereka.

Kejadian 37:5-9 - Saat Yusuf tertidur dia mendapatkan mimpi bagaimana  berkas2 gandum di sekitarnya, matahari, bintang dan bulan sujud menyembah dia, dan kemudian saudar2nya datang menyembah dia (Yusuf).

III. Ayat 3-6 - umat Allah yang di kasihiNya akan mendapatkan berkat
II 2 Samuel 12:24-25 -"Kemudian Daud menghibur hati Batsyeba, isterinya; ia menghampiri perempuan itu dan tidur dengan dia, dan perempuan itu melahirkan seorang anak laki-laki, lalu Daud memberi nama Salomo kepada anak itu. TUHAN mengasihi anak ini dan dengan perantaraan nabi Natan Ia menyuruh menamakan anak itu Yedija, oleh karena TUHAN.-- Berkat anak.

Maz 123:1-4 -"Nyanyian ziarah. Kepada-Mu aku melayangkan mataku ya Engkau yang bersemayam di sorga. Lihat, seperti mata para hamba laki-laki memandang kepada tangan tuannya, seperti mata hamba perempuan memandang kepada tangan nyonyanya, demikianlah mata kita memandang kepada TUHAN, Allah kita, sampai Ia mengasihani kita. Kasihanilah kami, ya TUHAN, kasihanilah kami, sebab kami sudah cukup kenyang dengan penghinaan; jiwa kami sudah cukup kenyang dengan olok-olok orang-orang yang merasa aman, dengan penghinaan orang-orang yang sombong". -- Berkat kemurahan Allah atas bangsa Isarel setelah mereka kembali dari pembuangan dan tengah membangun dirinya kembali menjadi bangsa dan umat pilihan Allah.

Manusia seringkali hanya mengandalkan kekuatan diri sendiri, mengevaluasi diri ketika sedang beristirahat/tidur dengan cara menggali dan mempelajari firman Allah tentang kehidupan umat pilihanNya akan membuka ruang bagi kita untuk belajar meneladani kehidupan mereka. Dalam kaitannya, kita juga akan mengerti bagaimana Tuhan turut bekerja dalam  setiap usaha tangan manusia jika kita meminta daripadaNya. Hendaklah manusia menjadikan Allah yang pertama dan terutama dalam setiap aspek kehidupan kita, demikian Pdt Praban Saputro mengakhiri khotbah yang dibagikan pada Sabat itu.

Untuk mengamini firman yang dibawakan, jemaat menyambut dengan menyanyikan lagu tutup dari LS No. 41 "Ya Yesus Ku Berjanji" dilanjutkan doa berkat yang dilayangkan oleh pembawa firman Pdt. Praban Saputro yang disusul sambutan doa berkat oleh jemaat dengan menyanyi dari LS No. 522 "Curahkan berkatMu ya Tuhan".  Kebaktian berakhir, participant khotbah meninggalkan mimbar diikuti oleh anggota jemaat keluar baris demi baris secara teratur dipandu oleh diakon yang bertugas untuk selanjutnya saling bersalaman. 

Acara selanjutnya adalah makan bersama (potluck), di dahului dengan kata sambutan ucapan terima kasih yang disampaikan oleh Ketua Bp. David Tampubolon kepada Pdt. Dr. Praban Saputro dan Istri atas pelayanan yang telah diberikan kepada jemaat Kemang Pratama pada Sabat itu, maka seluruh anggota jemaat dan para tamu yang hadir menikmati santapan jasmani yang telah disiapkan oleh para ibu. Terima kasih, Tuhan kiranya senantiasa melimpahkan berkat jasmani dan rohani kepada hamba Tuhan ini, di dalam pelayanan penggembalaannya di jemaat Tuhan di Riverside SDA Church, California, AS. Tuhan memberkati.


-Lynda Karman-