Monday, January 25, 2010

MENGUBAH CARA BERPIKIR ANDA

Selidikilah aku, ya Allah, dan kenallah hatiku, ujilah aku dan kenallah pikiran-pikiranku; lihatlah, apakah jalanku serong, dan tuntunlah aku di jalan yang kekal! Mazmur 139:23-24

Asas hukum kejiwaan yang sehat adalah bahwa Anda menjadi apa yang Anda pikirkan. Pikiran Anda merupakan pemacu yang luar biasa karena pikiran Anda membentuk tingkah laku Anda. Untu itu, adalah penting sekali untuk menjaga jalan-jalan pikiran Anda agar Anda tidak mebiarkan Setan memenuhinya dengan kesalahan , kekecewaan, kecemasan dan depresi.
Disini ada rencana lima langkah menjaga pikiran Anda dari serangan Setan.
1. Kembangkanlah kebiasan berpikir hal-hal yang baik, hal-hal yang menarik; kesuksesan, pencapaian-pencapaian, kesempatan-kesempatan melayani orang-orang yang kehidupannya dapat Anda buat menjadi cerah.
2. Kembangkan kebiasaan melihat setiap masalah dan kesulitan sebagai batu loncatan menuju kemenangan. Saya tidak pernah lupa gambar kartun dari seorang anak dengan gergajinya, memandang dengan perasan cemas pada papan dengan takik yang baru saja ia potong untuk dipasangkan pada tonggak. Ternyata ia telah memotong papan itu pada sisi yang salah, tetapi saya tidak pernah lupa kutipannya: “Bahkan satu kesalahan menunjukkan bahwa Anda sudah mencobanya!” pandanglah pada setiap kesalahan sebagai suatu hikmah dari batu loncatan kepada kemenangan.
3. Rasakan diri Anda sedang menguatkan otot-otot tabiat Anda sementara Anda menangani tugas-tugas yang tidak menyenangkan, pekerjaan-pekerjaan biasa, tugas-tugas yang berantakan. Kemudian ambillah sebagai semboyan Anda, “ Saya akan selalu jujur pada hati nurani saya.”
4. Buat kebiasaan tersenyum dengan tulus kepada orang lain. Latihlah untuk berjiwa gembira kepada orang-orang yang Anda temui.
5. Hafalkanlah ayat-ayat kunci yang berupa janji-janji yang bisa membawa Anda melewati masa-masa kekecewaan atau kemurungan. Inilah ayat-ayat tersebut:
· “Apabila orang-orang benar itu berseru-seru, maka TUHAN mendengar, dan melepaskan mereka dari segala kesesakannya. TUhan itu dekat kepada orang-orang yang remuk jiwanya” (Masmur 31:18,19).
· “Berbahagialah orang yang bertahan dalam pencobaan, sebab apabila ia sudah tahan uji, ia akan menerima mahkota kehidupan yang dijanjikan Allah kepda barangsiapa yang mengasihi Dia” (Yakobus 1:12).
· “Kuatkan dan teguhkanlah hatimu. Janganlah kecut dan tawar hati, sebab TUHAN Allahmu, menyertai engkau, kemana pun engkau pergi” (Yosua 1:9).


Mohonlah Allah untuk menolongmu berpengan pada janji-janji di dalam Mazmur 31:18, 19, Yakobus 1:12 dan Yosua 1:9 dan untuk memberi kemenangan kepadamu dalam mengatasi pikiran-pikiran yang mengecewakan dan mengkhawatirkan.