Sunday, September 22, 2013

“Untuk meneguhkan keluarga sekarang dan selamanya“

Kebaktian Vesper
Jumat, 20 September 2013 
GMAHK Kemang Pratama

Malam vesper dimulai tepat pukul 19.30 wib. Acara diawali dengan mengundang hadirat Tuhan  melalui Roh Kudus hadir dengan berdoa di dalam hati masing-masing yang dipimpin oleh ibu Yunita Wuisan. Selanjutnya jemaat menyanyikan “Betapalah Eloknya Di Rumah Tangga“ sebagai lagu pembukaan dan dilanjutkan dengan doa. Sebuah lagu pujian  istimewa dibawakan oleh  semua pria dengan judul  “Duduk Dekat Kaki Yesus.“
Renungan Firman Tuhan malam ini disampaikan oleh ibu Sovie Manurung dengan judul "Untuk meneguhkan keluarga sekarang dan selamanya", Kolose 3:4. Yang menekankan akan tema untuk rumah tangga yang menghimbau umat-umat Tuhan untuk mengingat tiga hal penting yang perlu untuk dimiliki di dalam rumah tangga yaitu pertama komunikasi, dimana komunikasi dapat diibaratkan dengan darah di dalam tubuh yang memiliki fungsi yang sangat penting. Dalam keluarga komunikasi yang tidak lancar dapat memberikan dampak yang negative yang dapat membawa masalah. Resep untuk komunikasi yang lancar adalah dengan menggunakan obat yang tepat yaitu berbicara dan menyampaikan maksud dengan bijak. Dan hal penting yang kedua adalah menjadi pendengar yang baik antara lain dengan berempati terhadap pasangan ataupun anggota keluarga yang artinya menempati diri menjadi pasangan.  Sedangkan hal penting lainnya adalah mencerminkan diri kepada pasangannya. Allah mencerminkan perasaan Yunus ketika Allah menyatakan layakkah engkau marah. Dan hal yang penting  yang ketiga adalah dengan berubah dan berunding dengan bijaksana. Hubungan pernikahan yang sehat menuntut komunikasi yang sehat selalu terus-menerus tanpa putus antara pasangan bahkan di dalam persekutuan yang berhasil secara rohani yaitu melalui komunikasi yang terus-menerus dengan Allah. Himbauan, marilah umat-umat Tuhan setiap saat menjadikan keluarga menjadi teladan dalam  kehidupan berkeluarga yang harmonis  dan sukacita melalui pertolongan Tuhan dengan kuasa Roh Kudus melalui berdoa, bermeditasi dan membaca akan Alkitab yang akan memberi nasehat rohani yang akan menuntun kepada kehidupan keluarga yang dekat dengan Allah.
Untuk mengaminkan Firman Tuhan jemaat menyanyikan lagu  penutup LS 277  “Kasih Allah“ dan diakhiri dengan doa oleh ibu Sovie Manurung. Selanjutnya jemaat keluar dan membentuk lingkaran di halaman gereja sambil menyanyikan “God Is So Good“ dan mengucapkan yel-yel sabat. Kiranya menjadi berkat. Amin.
-Mei-