Saturday, December 01, 2012

KKR Anak-anak “REJOICE IN THE LORD”


KKR CELEBRATION “REJOICE IN THE LORD”
GEREJA MASEHI ADVENT HARI KETUJUH
JEMAAT KEMANG PRATAMA BEKASI

KAMIS, 29 NOVEMBER 2012

Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh (GMAHK) Kemang Pratama, Bekasi dalam hal ini Departemen Pelayanan Anak-anak dengan pimpinan ibu Siti Mey Kapitan mengadakan Kebaktian Kebangunan Rohani (KKR) Anak-anak pada 29 Nov – 1 Des 2012 bertempat di ruang gereja GMAHK Kemang Pratama.

Pada malam pertama, KKR dengan tema “Rejoice in the Lord” telah berjalan dengan lancar, diawali dengan pelayanan lagu-lagu dan pujian oleh adik Ivana Tobing dengan iringan musik adik Timothy Purnama dan adik Velan Sormin. Adik Junior, sebagai pemimpin acara menyambut yang hadir pada malam itu yang berjumlah > 60 orang, diantaranya ada 29 orang tamu yang hadir baik anak-anak maupun orang dewasa.

Setelah lagu dan doa buka oleh adik Marcelinno Karamoy, kemudian adik Raissa Maringka memimpin hadirin menyanyikan lagu tema kesehatan “Kesehatan” dan dilanjutkan dengan seminar kesehatan yang dibawakan oleh adik Rodney Maringka dengan judul “NEWSTART?”

Dalam pembahasannya, adik Rodney menyampaikan bahwa dalam hidup kita perlu memelihara kesehatan kita, yang terdiri dari:

1. N=Nutrition, memakan makanan yang sehat dan bergizi, tidak minum disaat sedang makan. Minumlah setengah jam sebelum makan atau satu setengah jam setelah makan
2. E=Exercise, berolah raga yang teratur untuk melatih tubuh kita
3. W=Water, minum air putih
4. S=Sunshine, berjemur di bawah sinar matahari sebelum jam 9 di pagi hari atau setelah jam 3 di sore hari.
5. T=Temperance, bertarak, menggunakan yang baik dengan sewajarnya dan menjauhi yang tidak baik, seperti rokok, alcohol, narkoba
6. A=Air, udara yang bersih, menghirup udara yang bersih dengan tarikan nafas dalam, hindari tanaman di dekat tempat tidur/rumah pada malam hari, karena tanaman akan mengisap CO2.
7. R=Rest, beristirahat lebih awal dan bangun lebih awal. Tidur 7-8 jam per hari.
8. T=Trust in God, percaya pada kuasa Allah

Setelah seminar kesehatan, Trio adik Fiqi, Kayla dan Audrey dengan diiringi alunan gitar oleh adik Raissa dan sdr. Doddy menaikkan lagu pujian “Faith on Fire” yang menyatakan bahwa iman kita haruslah hidup, bersemangat dan menyala kemudian lagu berikutnya oleh anak-anak Beginner dan Kindergarten yang dipimpin oleh ibu Imelda Peranginangin menyanyikan lagu “Naik-naik ke atas gunung”

Setelah itu ada drama singkat dengan tema “Firman Tuhan” dengan dipimpin oleh ibu Yunita Wuisan, bagaimana Roh Kudus turun pada para murid/umat Tuhan mula-mula, disaat mereka bersama menanti kecurahan Roh Kudus dan Roh Kudus dicurahkan, sehingga mereka bisa bersaksi dalam berbagai bahasa.
Lagu ketiga dilantunkan oleh anak-anak remaja dari kelompok KAMI, tamu yang ikut berpartisipasi menaikkan puji-pujian pada Tuhan.

Setelah itu lagu tema “Rejoice in the Lord” dinyanyikan dan Firman Tuhan pun disampaikan oleh adik Michelle Tobing dengan judul “Gembira di dalam Yesus karena Meterai KasihNya.” Adik Michelle menyatakan ada 3 meterai yang dia ketahui:
1. Meterai di kertas dokumen/surat penting
2. Meterai berupa cincin kerajaan
3. Meterai Tempel
Tuhan juga memberikan meterai kasihNya pada manusia., yakni FirmanNya, 10 hukum, tertulis di dalam Keluaran 20:3-17 : “1.Jangan ada padamu Allah lain dihadapanKu, 2.Jangan membuat bagimu patung yang menyerupai apapun, 3. Jangan menyebut nama Tuhan Allah dengan sembarangan, 4.Ingatlah dan kuduskanlah hari Sabat, enam hari lamanya engkau akan bekerja dan
melakukan segala pekerjaanmu, tetapi hari ketujuh adalah hari Sabat Tuhan Allahmu, 5.Hormatilah ayah dan ibumu supaya lanjut umurmu di tanah yang diberikan Tuhan Allahmu kepadamu, 6.Jangan membunuh, 7.Jangan Berzinah, 8.Jangan Mencuri, 9.Jangan mengucapkan saksi dusta tentang sesamamu, 10.Jangan mengingini rumah sesamamu, jangan mengingini isterinya, atau hambanya laki-laki, atau hambanya perempuan, atau lembunya atau keledainya, atau apapun yang dipunyai sesamamu.

Setelah Michell menyampaikan khotbah melalui alat peraga berupa slides, Pdt. Sonny Kapitan memberikan kesimpulan, bahwa Firman Allah dari dahulu sampai sekarang sama, baik di Perjanjian Lama, maupun di Perjanjian Baru, hokum Allah tetap berlaku. Mendukung pernyataannya, Pdt. Sonny Kapitan menunjukkan ayat dan isi dari 10 hukum Allah baik dari Perjanjian Baru maupun dari Perjanjian Lama. Pdt. Sonny Kapitan juga menyatakan bagaimana meterai Allah “hari Sabat” juga berlaku pada saat ini. Yesus, sebagaimana kebiasaan-Nya Dia pergi ke rumah ibadah pada hari Sabat, hari ketujuh. Pada hari Sabat Allah sendiri berhenti, Dia
juga menguduskan dan memberkati hari Sabat, dan berhenti dari pekerjaan penciptaan pada hari ketujuh (Kejadian 2:1-3).

Pada akhir dari Firman yang disampaikan Pdt. Sonny mengajak hadirin untuk datang kembali besok, bersama-sama bersukacita di dalam meterai Kasih Allah.
Setelah doa tutup, hadirin keluar dengan teratur dan bersalaman dengan rombongan pembicara. Yang hadir diberikan kenang-kenangan gambar rohani dan kata-kata mutiara dari buku Roh Nubuat, juga tidak lupa makanan kecil dan minuman di luar gereja.


Jamesson Silitonga,
Dept PP Kemang Pratama.