Monday, December 03, 2012

PARTISIPASI DALAM PENGINJILAN

LAPORAN PELAYANAN PERORANGAN
Sabat, 01 Desember 2012

PARTISIPASI DALAM PENGINJILAN


Dorongan Pelayanan Perorangan (PP) pada hari Sabat, 1 Desember 2012 dibawakan oleh sdr. Dody Manurung, anggota diakon Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh (GMAHK) jemaat Kemang Pratama, Bekasi.

Sdr. Dody mengawali dorongannya dengan mengajak hadirin untuk merenungkan partisipasi dalam pekerjaan Tuhan, dari segi uang, dari segi waktu dan tenaga. Kemudian sdr. Dody menyampaikan sebuah cerita: “Di suatu tempat, dimana ada satu keluarga yang pekerjaannya bertani, memiliki seekor kerbau untuk mengolah tanaman mereka. Di saat itu di gereja tempat mereka biasa beribadah sedang diadakan Kebaktian Kebangunan Rohani (KKR) dan kegiatan penginjilan, tapi menghadapi masalah keuangan. Sesampainya di rumah, sang ayah memanggil sang anak, dan mengajak anaknya berdiskusi apa yang mereka bisa buat untuk membantu dana KKR dan penginjilan gereja. Uang mereka tidak berlebih, dan setelah dipikir, mereka hanya punya satu ekor kerbau yang biasa dipakai untuk membajak. Si anak berkata: ”Ayah, silahkan saja jual kerbau kita, nanti Saya yang akan membajak sawah kita”. Mendengar hal ini sang ayah tertegun sejenak dan kemudian setuju untuk menjual satu-satunya kerbau mereka. Setelah kerbau di jual, uangnya mereka serahkan ke gereja. Pada saat mereka akan menggunakan sawahnya, sang anak membajak tanah tersebut, tanpa kerbau yang biasa mereka gunakan untuk membajak sawah. Si anak tidak menyesal, dia bekerja dengan hati yang gembira. Hingga suatu waktu terkabarlah kisah pada salah seorang yang kaya, dimana keluarga ini yang tadinya punya 1 ekor kerbau, tapi karena membantu KKR dan penginjilan menjual kerbau tersebut. Orang kaya ini pun menemui keluarga itu dan membelikan 3 ekor kerbau untuk membajak sawah milik keluarga tersebut.”
“Saudaraku, kita tidak perlu takut membantu pekerjaan Tuhan atau berkorban untuk pekerjaanNya, pasti Dia akan mencukupkan, mengganti bahkan memberikan lebih dari apa yang kita berikan untuk pekerjaanNya.” Demikian kata sdr. Dody.
Pada akhir dorongannya, sdr. Dody mengajak jemaat yang hadir: “Marilah kita terlibat dan membantu pekerjaan Tuhan, sebagaimana keluarga dalam cerita tadi, mereka rela memberikan harta milik mereka, 1 ekor kerbau untuk pekerjaan penginjilan kemudian Tuhan memberikan lebih banyak lagi pada mereka“


Jamesson Silitonga,