Sunday, December 09, 2012

Menerapkan Berkat Pelipatgandaan


Kebaktian Sabat
GMAHK Kemang Pratama
08 Desember 2012
"Menerapkan Berkat Pelipatgandaan"
Bp. Viertin Tobing - Bendahara Jemaat

Sabat ini kebaktian Sabat dihadiri oleh beberapa tamu yang datang bersabat bersama umat-umat Tuhan di jemaat Kemang Pratama, dan acara perbaktian pada jam khotbah dimulai dengan menyanyikan lagu-lagu pujian yang dipimpin oleh  bapak Jamesson Silitonga dan diiringi pianis saudara Joshua Simanjuntak dan saudari Velan Sormin. Selanjutnya  bacaan Alkitab bersahutan dipimpin oleh bapak Mulana Simanjuntak  dan dilanjutkan dengan nyanyian pembukaan lagu sion nomor 24 “Iman Orang saleh kekal.” Doa syafaat dipimpin oleh bapak Willy Wuisan. Bacaan persembahan dibawakan oleh bapak Karman dan dilanjutkan dengan respon jemaat melalui pemberian persembahan oleh diakon.


Firman Tuhan merupakan materi pekan doa penatalayanan dan ayat inti Efesus 3 : 20, dilanjutkan dengan nyanyian  setengah suara “Tuhan Bersabda Padaku.” Firman Tuhan menekankan akan berkat Tuhan bagi umat-umat Tuhan yang setia kepada-Nya. Sebuah illustrasi tentang George Muller bersama anak-anak dipanti asuhan dimana dia mengajak anak-anak panti untuk memiliki iman kepada Tuhan akan keperluan yang mereka butuhkan. Iman tidak bergerak dalam lingkup yang mungkin oleh karena kebesaran diri akan dimuliakan, namun Allah akan menunjukkan kuasa-Nya dalam orang-orang yang percaya kepada-Nya dan berharap akan kebesaran-Nya.   Yesus menunjukkan kepada orang banyak dan juga murid-murid,  tidak ada yang mustahil bagi orang yang percaya. Kehidupan umat-umat Tuhan yang penuh akan tantangan dalam menjalani kehidupan,  Sanggupkah setiap orang menjalani dengan penuh iman dan keyakinan?...Kitab suci juga mengingatkan kepada umat-umat Tuhan akan berkat yang diberikan kepada seorang  janda di Sarfat yang penuh dengan iman dan penyerahan kepada keyakinannya.

Iman seperti janda di Sarfat haruslah dimiliki oleh umat-umat Tuhan yang hidup pada zaman ini oleh karena kehidupan yang dipenuhi dengan tantangan kehidupan dan keraguan-keraguan akan masa depan yang akan dijalani. Penatalayanan kesehatan, waktu, diri, harta, dan talenta  hendaklah diutamakan untuk  diberikan kepada Allah. Berkat perlipatgandaan akan diberikan Allah bagi orang-orang yang senantiasa percaya dan beriman kepada Allah serta mau memperhatikan kebutuhan orang lain. Berkat janda di Sarfat yaitu, hidupnya terpelihara, dan ketika anaknya meninggal ia memiliki iman yang akhirnya anaknya hidup kembali, dan berkat lainnya adalah hidup rohani janda tersebut terpelihara. Himbauan, hendaklah setiap orang melakukan seperti janda di Sarfat yang memiliki keyakinan kepada Allah dan mau melayani orang lain. Sehingga iman dapat membuat umat-umat Tuhan akan tetap hidup menjalani kehidupan yang penuh tantangan serta memiliki kemauan untuk melihat keperluan orang lain yang membutuhkan.                       
Firman Tuhan ditutup dengan jemaat menyanyikan lagu sion nomor 90 “Percaya Yang Menang“ dan doa penutup oleh bapak Viertin Tobing. Jemaat keluar dengan teratur dan saling bersalaman. Selanjutnya jemaat dan para tamu yang hadir diundang untuk potlak bersama. Acara akan sabat siang akan diadakan acara penamatan kelas kemajuan pada pukul 14.30 sampai dengan selesai.

-Mei-