Saturday, December 22, 2012

Kuasa Kasih Karunia Yang Mengubahkan


Kebaktian Vesper
GMAHK Kemang Pratama
21 Desember  2012
Ibu Sitimey Kapitan
“KUASA KASIH KARUNIA YANG MENGUBAHKAN”
Titus 2 : 11-14

Malam hari ini kebaktian Vesper  dimulai  pada pukul 19.30 tepat. Acara kebaktian dipimpin oleh Ibu Yunita Wuisan  dengan terlebih dahulu diawali dengan mengundang kehadiran Roh Kudus melalui berdoa di dalam hati masing-masing. Selanjutnya jemaat menyanyikan  lagu sion nomor 77 “Marilah Orang Berdosa” dan doa oleh ibu Tina.

Renungan Firman Tuhan pada malam ini dibawakan oleh ibu Sitimey Kapitan yang menekankan bahwa kasih karunia Allah sanggup untuk mengubahkan kehidupan manusia yang penuh dosa, dan kasih karunia Allah sudah nyata. Kasih karunia mendidik orang untuk meninggalkan kefasikan dan keinginan-keinginan duniawi dan supaya kita hidup bijaksana, adil dan beribadah di dunia yang penuh dengan dosa sambil menantikan penggenapan pengharapan akan kedatangan Yesus yang segera akan terjadi. Pekerjaan kasih karunia dan penyucian berjalan bersama-sama. Dimana kasih karunia yang sama yang membawa keselamatan yang menyucikan tabiat setiap orang. Dan setiap orang yang menerima kasih juga akan mengalami kelahiran baru yang merupakan permulaan baru, namun tidak dibangun diatas diri yang lama. Kelahiran baru adalah suatu mujizat dan tidak selamanya bisa diterangkan, namun setiap orang dapat menerangkan sepenuhnya bagaimanan itu terjadi dengan melihat hasilnya.

Dalam Alkitab, Yesus mengatakan kepada Nikodemus bahwa seseorang tidak dapat menerangkan bagaimana angin berhembus, tetapi seseorang dapat melihat pengaruhnya. Yesus Kristus adalah pengharapan dalam menghadapi sifat berdosa, tetapi Ia akan memberikan kemenangan atas dosa melalui tinggalnya Roh Kudus di dalam hati umat-umatNya. Himbauan, kemenangan atas dosa dapat dilakukan hanya di dalam Kristus Yesus. Penuhilah hari dengan meminta  kasih karunia Tuhan hadir untuk menghidupkan suatu kehidupan yang menang dan tetap teguh berjalan bersama Allah.
Ibadah kebaktian vesper ditutup dengan Jemaat menyanyikan lagu berjudul  90 “Percaya Yang Menang”  dan dilanjutkan dengan dengan doa penutup oleh ibu Sitimey Kapitan.

Untuk mengakhiri acara kebaktian Vesper maka jemaat bersalaman dan membentuk lingkaran  di ruangan  gereja dan sambil  bergandengan tangan menyanyikan lagu “God Is So Good “ serta mengucapkan selamat Sabat dan yel-yel Sabat. Semoga menjadi sukacita dan berkat bagi kita semua dan kepujian bagi nama Tuhan.

-Mei-