Wednesday, July 18, 2012

KKR Wil.4 - "10 Prinsip Menghadapi Krisis"


KEBAKTIAN KEBANGUNAN ROHANI
GEREJA MASEHI ADVENT HARI KETUJUH
WILAYAH IV, KONFERENS DKI - UNAI
KEMANG PRATAMA, BEKASI.
TEMA : “FIRMAN TUHAN MENGALAHKAN KRISIS”




Hari Ke-2. Selasa, 17 Juli 2012
“10 Prinsip Menghadapi Krisis”

Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh (GMAHK) Wilayah IV Konferens DKI Jakarta bekerjasama dengan Universitas Advent Indonesia (Unai) Bandung mengadakan Kebaktian Kebangunan Rohani (KKR) dengan tema “FIRMAN TUHAN SANGGUP MENGALAHKAN KRISIS” bertempat di Kemang Pratama, Bekasi pada 16-21 Juli 2012. Pembicara adalah Pdt. Milton Pardosi, MAR-dosen Fakultas Filsafat Unai dan Pdt. DR. R.M. Hutabarat-rektor Unai.
Pada malam kedua KKR dengan judul “10 Prinsip Menghadapi Krisis” telah berjalan dengan lancar, diawali dengan pelayanan lagu-lagu dan pujian oleh mahasiswa Field School Fakultas Filsafat Unai dengan iringan music Felisya Tambunan. Bapak Rey Sinaga, Bendahara KKR, sebagai pemimpin acara menyambut jemaat dan tamu yang pada malam itu berjumlah > 257 orang, sementara di ruang sebelah gereja, anak-anak dengan dikoordinir ibu-ibu dan isteri Pendeta dari GMAHK Konf DKI Wilayah IV bersekutu melalui program Acara Pengembangan Tabiat Anak (APTA), ada sekitar 59 orang yang hadir pada acara APTA ini. Pada malam ke-2 ini, tamu yang hadir berjumlah 73 orang, sekitar 2 kali lebih banyak dari malam ke-1.
Setelah lagu dan doa buka oleh Pdt. A. Tampubolon-Gembala jemaat Bojong Menteng, kemudian ibu Susan Nababan dari jemaat Tumoutou melantunkan lagu “Dia Pasti Sanggup/God Can Do all Things” yang menyatakan bahwa Tuhan selalu menopang dan menyertai kita, Dia tidak pernah meninggalkan kita, percayalah bahwa Dia pasti sanggup menolong kita dalam 2 bahasa, bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.
Setelah itu lagu tema “Because He Lives/Sbab Dia Hidup” dinyanyikan dan Firman Tuhan pun disampaikan oleh Pdt. Milton Pardosi dengan judul “10 Prinsip Menghadapi Krisis”.  Pdt. Milton menguraikan bahwa krisis kehidupan dapat dihadapi dengan Firman Allah. Hamba Tuhan ini mengupas 10 hukum Allah yang diberikan oleh Allah pada nabi Musa di gunung Sinai.

  1. Jangan ada padamu allah lain dihadapan-Ku
  2. Jangan membuat bagimu patung yang menyerupai apapun…Jangan sujud menyembah kepadanya…
  3. Jangan menyebut nama TUHAN, Allahmu, dengan sembarangan
  4. Ingatlah dan kuduskanlah hari Sabat: enam hari lamanya engkau akan bekerja dan melakukan segala pekerjaanmu…Sebab enam hari lamanya TUHAN menjadikan langit dan bumi, laut dan segala isinya, dan Ia berhenti pada hari ketujuh; itulah sebabnya TUHAN memberkati hari Sabat dan menguduskannya.
  5. Hormatilah ayahmu dan ibumu
  6. Jangan membunuh
  7. Jangan berzinah
  8. Jangan mencuri
  9. Jangan mengucapkan saksi dusta tentang sesamamu
  10. Jangan mengingini rumah sesamamu,; jangan mengingini isterinya, atau hambanya laki-laki, atau hambanya perempuan, atau lembunya atau keledainya, atau apa pun yang dipunyai sesamamu.
Para hadirin dengan antusias mengikuti kebaktian dan khotbah yang disampaikan dengan baik dan mudah dimengerti, hingga akhir khotbah semua yang hadir berkonsentrasi mendengarkan Firman Allah yang disampaikan oleh hambaNya, Pdt. Milton Pardosi. Sebelum doa tutup, Pdt. Milton Pardosi menyanyikan lagu “Dia Jamah” Bila Tuhan menjamah, penuh damai di hati, biarlah Tuhan menjamah kita melalui Firman-Nya, Firman-Nya merupakan pegangan bagi kita untuk mengalahkan krisis. Kemudian Pdt. Milton Pardosi menutup Firman Allah dengan doa.
Setelah itu, bapak Rey Sinaga mengajak hadirin untuk datang kembali besok, hari Rabu malam dan juga supaya mengajak saudara, keluarga, kenalan dan kerabat untuk datang bersama menghadiri KKR. Hadirin keluar dengan teratur sambil bersalaman dengan pembicara dan mendapatkan juga hidangan jasmani di pintu keluar. 



Sampai bertemu kembali esok malam.
Terima Kasih. Tuhan Memberkati.

-Jamesson Silitonga-
Dept PP Kemang Pratama-Sie Acara KKR.