Friday, July 13, 2012

Penghiburan kepada Kel. Yusak Barnabas

Acara Penghiburan 
Kel. Yusak Barnabas
GMAHK Kemang Pratama
Telah meninggal dunia dengan tenang Bpk. Barnabas Setyo Winarto pada hari Sabtu, tgl 09 Juni pukul 03.30 WIB di Purwokerto dalam usia 85 tahun. Bapak Barnabas Setyo Winarto adalah ayah dari anggota jemaat Kemang Pratama, yaitu Bp. Yusak Barnabas.
Sehubungan dengan hal diatas, maka jemaat Kemang Pratama telah mengadakan kebaktian penghiburan yang di diadakan pada hari Sabat tanggal 07 July 2012, bertempat di gereja Kemang Pratama selepas acara kebaktian.

Acara di pimpin oleh Bp. Sontani Purnama, dimulai dengan menyanyikan LS No. 122 – “Satu Masa Yang Tertentu”. Doa buka dilayangkan oleh Bp. Munas Tambunan. Mendahului kesaksian keluarga, sebuah lagu pujian dibawakan oleh seluruh bapak-bapak. Selanjutnya Bp. Yusak Barnabas menyampaikan kesaksian atas meninggalnya ayahanda, Bp. Barnabas Setyo Winarto. 
Di dalam kesaksiannya, Bp. Yusak menyampaikan bahwa ayahanda adalah seorang yang terbilang cukup sehat secara jasmani karena beliau semasa muda hingga akhir hidupnya adalah seorang guru Yoga. Dan hampir dipastikan setiap hari beliau melakukan kegiatan Yoga. Tetapi rencana Tuhan adalah yang terbaik, beliau di panggil Tuhan saat usinya mencapai 85 tahun.

Renungan penghiburan disampaikan oleh gembala jemaat Pdt. Sonny Kapitan, menekankan bagaimana Tuhan memberikan penghiburan kepada setiap umatnya yang mengalami kesedihan, bahkan saat ditinggalkan oleh orang yang sangat di kasihi. Akan tetap janji Tuhan pasti, bahwa setiap orang yang percaya kepadaNya akan dibangkitkan pada saat kedatanganNya yang kedua kali. Dan inilah yang menjadi kerinduan kita bersama ketika kita kehilangan orang yang kita kasihi, kita dapat bertemu kembali di dalam kerajaa Surga. Selanjutnya Pdt. Sonny Kapitan melayangkan doa berkat bagi keluarga yang berduka, di dampingi oleh ketua-ketua jemaat.

Kata sambutan ucapan penghiburan mewakili jemaat disampaikan oleh Ketua Jemaat Bp. Jeffry Eman. Disusul kemudian penyerahan tanda kasih mewakili jemaat di sampaikan oleh Ibu Susy Eman. 


Sebagai penutup acara kabaktian penghiburan Sabat siang itu, sebuah lagu dari LS No. 147 – “Muka Dengan Muka Nanti”, dinyanyikan sebagai lagu penutup. Doa tutup di layangkan oleh Bp. Willy Wuisan, maka acara kebaktian penghiburan siang itupun berakhir tepat pukul 13.30 WIB. Selanjutnya anggota jemaat keluar baris demi baris secara teratur sambil bersalaman dengan anggota keluarga yang berduka.


Tuhan kiranya memberkati keluarga yang ditinggalkan – Kel. Yusak Barnabas, dan memberikan penghiburan sejati yang hanya berasal dari padaNya. Dengan satu keyakinan, bahwa kelak kita akan bertemu kembali dengan Ayahanda yang sangat kita kasihi, di tepi laut kaca saat kedatanganNya yang kedua kali. Tuhan memberkati.

-Lynda Karman-
Dept. Rumah Tangga