Friday, August 03, 2012

Agen-agen Roh-roh Jahat

Kebaktian Rabu Malam
GMAHK Kemang Pratama
02 Agustus 2012
"Agen-agen Roh2 Jahat"

Pertengahan minggu merupakan malam permintaan doa Jemaat Kemang Pratama, yang dimulai pada pukul 19.30 Wib. Acara di mulai dengan mengundang kehadiran Roh Suci melalui berdoa di dalam hati masing-masing. Jemaat  menyanyikan lagu sion nomor 207   “Jagalah Hai Orang Saleh“ dengan diiringi pianis oleh Felisya,  yang dipimpin oleh saudara Amsal Didin dan dilanjutkan dengan doa pembukaan oleh bapak Munas Tambunan.
Malam permintaan doa yang merupakan juga malam untuk memberikan kesaksian, dimana kesaksian diberikan oleh ibu Sitimey tentang Mohon didoakan, dimana Yehusom Kapitan sudah beberapa hari ini kurang sehat dan juga mohon didoakan Pendeta Sonny Kapitan yang dalam proses pembelajaran yang telah sampai  di Phillipina  dan sedang mengikuti pembelajarannya,  juga dilanjutkan dengan kesaksian dari ibu Ully Tambunan  yang berterima kasih kepada Tuhan oleh karena menantunya telah melahirkan dengan selamat dan mendapatkan seorang bayi permpuan yang sehat yang menambah kebahagiaan keluarga bapak Munas Tambunan. Kemudian kesaksian diberikan berupa kabar dukacita dimana Opung Simanjuntak orang tua dari bapak Dharlen Simanjuntak yang berada di Sumatra telah meninggal dunia pada sore hari ini, dan mohon untuk didoakan acara yang nantinya akan dibuat oleh keluarga sehubungan dengan acara pemakaman.
Dan topik-topik permohonan doa pada malam ini yakni mendoakan family of the month untuk bulan Juli yaitu keluarga bapak Michael Raintung,  mendoakan yang sedang sakit yaitu Yehusom juga saudara-saudara yang sedang sakit lainnya dan juga mendoakan penginjilan serta  keluarga-keluarga yang ada di Jemaat Kemang Pratama. Selanjutnya jemaat berbagi kelompok dua atau tiga orang untuk berdoa sambil bertelut. Selanjutnya sebelum mendengarkan Firman Tuhan,  sebuah lagu pujian disampaikan oleh  Keluarga J. Silitonga dan Keluarga  Kapitan.

Firman Tuhan pada malam ini berjudul AGEN ROH-ROH JAHAT  

yang diambil dari buku bacaan tahunan buku “Kemenangan Akhir“ pasal 31. Yang menekankan tentang hubungan antara dunia yang kelihatan dan dunia yang tidak kelihatan, pelayanan malaikat-malaikat Allah, dan agen roh-roh jahat, dengan jelas dinyatakan di dalam Alkitab, dan terjalin erat dalam sejarah manusia. Alkitab memberitahukan kepada umat-umat Allah tentang jumlah, kuasa dan kemuliaan makhluk-makhluk surgawi, dan juga tentang hubungan mereka kepada pekerjaan penyelamatan. Malaikat-malaikat di utus dalam misi-misi kemurahan kepada anak-anak Allah. Dari mulanya, mulai Zaman Abraham sampai saat ini malaikat-malaikat kudus telah melayani umat-umat Allah sepanjang zaman. Malaikat pengawal ditugaskan kepada setiap pengikut Kristus. Pengawal-pengawal surgawi ini melindungi orang-orang benar dari kuasa sijahat. Setan sendiri menyadari hal ini pada waktu ia berkata, "Apakah dengan tidak mendapat apa-apa Ayub takut akan Allah? Bukankah Engkau yang membuat pagar sekeliling dia dan rumahnya serta segala yang dimilikinya?" (Ayub 1:9,10). Agen, oleh mana Allah melindungi umat-Nya, dinyatakan dalam kata-kata pemazmur, "Malaikat Tuhan berkemah di sekeliling orang-orang yang takut akan Dia, lalu meluputkan mereka." (Maz. 34:7). Roh-roh jahat, yang pada mulanya diciptakan tidak berdosa, sama alamiahnya, kuasanya, dan kemuliaannya dengan makhluk-makhluk kudus yang sekarang menjadi pelayan-pelayan atau pesuruh-pesuruh Allah. Tetapi setelah jatuh ke dalam dosa, mereka bersekutu bersama untuk menghina Allah dan untuk membinasakan manusia. Bergabung dengan Setan dalam pemberontakannya dan dibuang bersama dengan dia dari Surga, maka sepanjang zaman berikutnya mereka bekerjasama dengan Setan dalam peperangan melawan kekuasaan ilahi. Alkitab memberitahukan kepada kita mengenai perserikatan dan pemerintahan mereka, mengenai ordo-ordo mereka dan mengenai kecerdasan kelicikan mereka, dan mengenai segala rencana-rencana jahat mereka terhadap kedamaian dan kebahagiaan manusia. Akan tetapi mereka yang mengikuti Kristus akan selalu aman di bawah pemeliharaan-Nya. Malaikat-malaikat yang menonjol dalam kekuatan dikirimkan dari Surga untuk melindungi mereka. Sijahat tidak dapat menerobos penjaga yang ditempatkan Allah disekeliling umat-Nya. Himbauan, Marilah setiap umat-umat Allah senantiasa memperlengkapi diri, anak-anak dan juga keluarga dengan Firman Allah, berdoa dan selalu bergantung kepada Tuhan, sehingga perlindungan sorga akan selalu menjadi bagian di dalam menjalani kehidupan di dunia ini.

Untuk meng-aminkan Firman Tuhan, jemaat menyanyikan lagu penutup lagu sion nomor 287 “Apa Kita Hidup Dekat Yesus“ dan diakhiri dengan doa penutup oleh ibu Sitimey Kapitan.


-Mei-