Monday, August 27, 2012

REST in PEACE - Bapak Ferdinand Karamoy



 Kebaktian Penghiburan 
REST in PEACE - Bapak Ferdinand Karamoy

Telah diijinkan Tuhan untuk beristirahat sementara dari segala jerih payah duniawi - Suami, Ayah, Opa Bp. Ferdinand Karamoy, pada hari Kamis tanggal 09 Agustus 2012 dalam usia 78 thn, di tempat kediaman keluarga di Kompleks Pemda, Jatiasih. Meninggalkan seorang istri, 3 orang anak dan mantu, beserta 5 orang cucu.  Acara pelepasan jenasah di adakan di rumah duka RS Dharmais pada hari Sabtu, tanggal 11 Agustus 2012 pukul 12.30 Wib setelah acara kebaktian gereja. Seluruh rangkaian acara baik di rumah duka maupun di pemakaman di persiapkan dan di koordinir oleh anggota jemaat Kemang Pratama.  
Sebagai renungan penghiburan di rumah duka RS Dharmais dibawakan oleh Pdt. Agus Manurung, gembala jemaat saat Alm. Bp. F Karamoy menjadi anggota jemaat Vila Nusa Indah beberapa tahun lalau sebelum kemudian menjadi anggota jemaat Kemang Pratama, pada akhir hayatnya. Dan di pemakaman, firman penghiburan disampaikan oleh Pdt. Arbeni Sagala, Dir. Komunikasi DKI Konfrens, dan ketua wilayah IV dimana jemaat Kemang Pratama menjadi salah satu jemaat yang termasuk dalam wilayah IV.
Acara pelepasan jenasah di rumah duka RS Dharmais berakhir pukul 13.15 WIB, dan selanjutnya keluarga dan para pelayat bersama-sama menuju tempat peristirahatan terakhir, pemakaman Menteng Pulo, Jakarta Pusat. Acara pemakaman dimulai pukul 13.45, dan renungan penghiburan dibawakan oleh Pdt. Arbeni Sagala.  

Acara berakhir pukul 16.00 WIB sore, bersyukur oleh karena sepanjang jalannya acara pelepasan jenasah dan pemakaman, anggota jemaat Serpong Gracia, Ibu Neneng dkk telah membawakan beberapa lagu-lagu yang memberikan kekuatan dan penghiburan baik kepada seluruh keluarga yang berduka, maupun anggota jemaat yang hadir.
 
Pada hari Rabu tanggal 15 Agustus 2012, masih dalam minggu yang sama, Jemaat Kemang Pratama dan Serpong Gracia mengadakan kebaktian penghiburan bagi keluarga yang ditinggalkan. Penggabungan kedua jemaat tsb adalah atas permintaan pihak keluarga, dimana salah satu anak Alm. Bp. F. Karamoy, Ibu Marlyn adalah anggota jemaat Serpong Gracia.   
Acara di mulai tepat pukul 19.30 WIB malam, sebagai pemimpin acara Bp. Ramlan Sormin. Acara di mulai dengan menyanyi lagu pembuka dari LS No. 122 – “ Satu masa yang tertentu”, dilanjutkan doa pembukaan yang dilayangkan oleh Bp. Willy Wuisan. Selanjutnya lagu istimewa mengawali renungan penghiburan dibawakan oleh Ibu Neneng, anggota jemaat Serpong Gracia. Mewakili keluarga yang berduka, Ibu Marlyn salah satu putri Alm. Bp. F. Karamoy menyampaikan kesaksian atas meninggalnya ayahanda tercinta. Renungan penghiburan dibawakan oleh Pdt Agung, gembala jemaat Serpong Gracia, diakhiri dengan doa penyerahan bagi seluruh  keluarga yang berduka dilayangkan oleh Bp. Pendeta Arbeni Sagala. Mengakhiri renungan penghiburan, sebuah lagu selingan kembali dibawakan oleh anggota jemaat Serpong Gracia, ibu dan anak dari Kel. Tampubolon. 

Ungkapan rasa duka atas berpulangnya bapak F. Karamoy, mewakili anggota jemaat Kemang Pratama, ketua Bpk David Tampubolon menyampaikan kata-kata penghiburan yang menguatkan keluarga dan seluruh anggota jemaat yang hadir. 

Dan mewakili jemaat Serpong Gracia, Bp. Andre Tedjosasmito turut menyampaikan kata2 penghiburan bagi keluarga yang ditinggalkan.  
Departemen rumah tangga, Ibu Lynda Karman mewakili anggota jemaat Kemang Pratama menyampaikan ungkapan rasa duka dengan menyerahkan bingkisan  berupa tali kasih jemaat yang disampaikan oleh Ibu Pendeta Sitimei Kapitan, istri gembala jemaat Kemang Pratama.

Sebagai lagu penutup kebaktian, menyanyikan LS No. 147 –“Muka Dengan Mukan Nanti” dilanjutkan dengan doa tutup yang dilayangkan oleh Bp. Munas Tambunan.  Mengakhiri acara kebaktian, mewakili keluarga, Ibu Grace Karamoy dan Ibu Marlyn menyampaikan ucapan terima kasih keluarga atas perhatian, bantuan, dorongan dan partisipasi seluruh anggota jemaat baik Kemang Pratama maupun Serpong Gracia, yang di mulai dari rumah, kemudian RS, pelepasan jenasah sampai process pemakaman.  Kiranya Tuhan yang akan membalas segala kebaikan seluruh anggota jemaat yang terlibat.  Demikian keluarga menyampaikan ucapan terima kasih mereka. Atas ucapan syukur tsb, keluarga telah menyiapkan hidangan jasmani bagi seluruh anggota jemaat yang hadir, setelah sebelumnya di doakan, anggota jemaat yang hadir malam itu mencicipi hidangan yang telah disiapkan.  
Menjadi doa dan harapan seluruh anggota jemaat Kemang Pratama & Serpong Gracia, semoga seluruh keluarga yang ditinggalkan mendapatkan penghiburan sejati yang hanya berasal dari Surga, Allah Bapa kita. Dan kita akan bertemu kembali dengan Suami/Ayah/Opa/ Bp. Ferdinand Karamoy yang sangat kita kasihi pada saat kedatanganNya yang kedua kali, ditepi laut kaca. Maranatha.
“Tiada Lagi air mata, mati sakit dan fana,  Perhitungan Taun tiada, malam tak disana..”

Tuhan memberkati.

Lynda Karman
Dept. rumah tangga