Wednesday, August 01, 2012

Kebangunan dan Pembaharuan Rohani Satu Kebutuhan Utama Umat Tuhan


Kebaktian Hari Sabat, 28 Juli 2012

Jemaat GMAHK Kemang Pratama - Bekasi


Acara perbaktian sabat pada jam khotbah dimulai dengan menyanyikan lagu – lagu pendahuluan yang dipimpin oleh bapak Jemesson Silitonga dengan pianis Felisya Tambunan. Untuk memulai acara khotbah jemaat menyanyikan lagu sion nomor 50 “Hiduplah Dalam Aku” dan dilanjutkan dengan bertelut untuk doa syafaat oleh bapak Karman. Bacaan persembahan dibacakan oleh bapak Viertin Tobing diiringi dengan instrument musik sambil diakon memungut persembahan dan diakhiri dengan doa persembahan.

Cerita anak-anak penghantar khotbah pada siang ini dibawakan oleh ibu Situmorang dengan judul “Berdoa”, dan semua anak-anak maju kedepan untuk mendengarkan cerita yang menarik dimana menghimbau anak-anak bahwa sejak masih kecil haruslah suka untuk berdoa, dalam keadaan senang ataupun tidak. Selanjutnya sebuah persembahan lagu pujian yang indah berupa solo dinyanyikan oleh Rolas Sitohang dengan judul “I Will Serve Thee”.

Judul Khotbah : “Kebangunan dan Pembaharuan Rohani Satu Kebutuhan Utama Umat Tuhan”
Oleh Pdt. L. Situmorang Dir. Adventist Ministry Konferens DKI

Firman Tuhan pada siang sabat ini mengambil ayat inti dari 2 Raja-raja 23: 25, yang berbunyi, sebelum dia tidak ada raja seperti dia yang berbalik kepada Tuhan dengan segenap hatinya, dengan segenap jiwanya dan dengan segenap kekuatannya, sesuai dengan segala Taurat Musa; dan sesudah dia tidak ada bangkit lagi yang seperti dia. Pekabaran Firman Tuhan siang ini menekankan, Umat-umat Tuhan dikehendaki untuk seperti Jemaat Tesalonika kerohanian bansa Yehuda pada suatu titik yang rendah, dan dimana raja Amon yang begitu jahat membawa umat-umat Allah untuk menyembah dewa-dewa. Banyak patung patung yang disembah bahkan semua peralatan di dalam kaabah diganti untuk menyembah baal. Tapi Raja Yosia setia kepada Tuhan dan melakukan apa yang benar di mata Tuhan itulah sebabnya setelah Yosia 26 tahun dia ingin mengadakan pembaharuan, suatu kebanggaan di tengah-tengah bangsa Yehuda. yang pertama dilakukan adalah Datang mencari Tuhan, masuk ke dalam kaabah untuk mendapat petujuk dari Tuhan. 2 Raja-raja pasal 23. Yang kedua dilakukan adalah, mengadakan perubahan yang menyeluruh, ketiga, memberantas kebiasaan-kebiasaan penyembahan yang bukan kepada Allah, keempat yakni, merobohkan bukit bukit pengorbanan, dan yang terakhir adalah mengadakan reformasi dalam kerohanian. Himbauan, didalam kehidupan kita ada masalah kerohanian sama seperti umat Yehuda, dia datang mencari Tuhan, setiap umat Allah menjadi seperti Yosia, yang dalam menghadapi segala persoalan kehidupan datang menghadap kepada Tuhan, membaca FirmanNya, dan mengadakan pembaharuan hidup kerohanian, sehingga berkat Allah akan menjadi bagian kehidupan umat-umat Allah.
Untuk Meng-aminkan Firman Tuhan, jemaat menyambut dengan menyanyikan lagu pujian dari lagu sion nomor 272 “Bangunlah dan Kenakanlah Kuatmu” dan dilanjutkan dengan doa berkat oleh Pdt. L. Situmorang. Setelah selesai acara kebaktian jemaat keluar dengan teratur dipandu oleh diakon untuk bersalaman dengan pembicara kemudian semua jemaat dan para tamu yang hadir diundang untuk potluck bersama dan mengikuti acara PA yang pada sore ini acara PA akan bergabung dengan jemaat Tebet yang akan diadakan pada pukul 16.30Wib. Terima Kasih. Tuhan Memberkati.
-Mei-