Thursday, August 09, 2012

Pembaharuan Budi


Kebaktian Sabat
GMAHK Kemang Pratama
04 Agustus 2012
"Pembaharuan Budi"

Oleh Pdt. R. Y. Hutauruk Dir. Kependetaan konf. DKI
 
Acara perbaktian sabat pada jam khotbah dimulai dengan menyanyikan lagu –lagu pendahuluan yang dipimpin oleh ibu Debby Simanjuntak diiringi oleh pianis ibu Sari Tobing. Untuk memulai acara khotbah jemaat menyanyikan lagu sion nomor 287 “Apa Kita Hidup Dekat Yesus” dan dilanjutkan dengan bertelut untuk memanjatkan doa syafaat oleh Pdt. HM.Siagian. Bacaan persembahan dibacakan oleh bapak Ramlan Sormin diiringi dengan instrument musik sambil diakon memungut persembahan dan diakhiri dengan doa persembahan.
  
Cerita anak-anak penghantar khotbah pada siang ini dibawakan oleh ibu Dahlia Hutauruk degan judul “Tiga Orang Pemberani”, dan semua anak-anak maju kedepan untuk mendengarkan cerita yang menarik dimana menghimbau untuk menjadi seorang anak yang berani untuk membela kebenaran. 

 Selanjutnya sebuah persembahan lagu pujian dilantunkan dengan merdu oleh “The Adventist Pratama Adventist Girls” yaitu Michelle Tobing, Kanya Karman dan Ivana Tobing.

Firman Tuhan pada siang sabat ini mengambil ayat inti dari Roma 12 : 2 janganlah kamu serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah : apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna. Dimana Firman Tuhan pada sabat ini menekankan akan perubahan total yang perlu dimiliki dari seluruh kehidupan umat-umat Allah. Kehidupan hendaklah untuk menyenangkan hati Allah.
Dengan mengadakan pembaharuan di dalam kerohanian maka menandakan akan hidup rohani yang menghidupkan kerohanian dan kekuatan pikiran dan hati. Kebutuhan umat-umat Tuhan sekarang ini yang terbesar adalah kebutuhan akan kebangunan rohani dengan membaca Alkitan, berdoa yang sungguh-sungguh dan pertobatan. Dan rahasia pertumbuhan dalam iman adalah, suka berdoa, suka membaca Alkitab yang adalah Firman Allah serta membagikan kebenaran kepada orang lain melalui bersaksi. Himbauan sabat ini, hendaklah umat-umat percaya memiliki keinginan yang sungguh dan penyerahan kepada Allah untuk mau melakukan pembaharuan budi, sehingga dalam kehidupan dapat menyenangkan hati Allah.

Untuk Meng-aminkan Firman Tuhan, jemaat menyambut dengan menyanyikan lagu pujian lagu sion nomor 40 “Tiada lain Pelindung Seperti Yesus” dan dilanjutkan dengan doa berkat oleh Pdt. R. Y. Hutauruk. Setelah selesai acara kebaktian jemaat keluar dengan teratur dipandu oleh diakon untuk bersalaman dengan pembicara kemudian semua jemaat dan para tamu yang hadir diundang untuk potluck bersama dan mengikuti acara PA yang akan diadakan pada pukul 16.30 Wib. Sore harinya. Terimakasih. Tuhan Memberkati. Amin.

-Mei-