Thursday, February 21, 2013

Buku 28 Doktrin - Allah Roh Kudus - Bab 5


Kebaktian Rabu Malam
GMAHK Kemang Pratama
20 Februari 2013
“ ALLAH ROH KUDUS “
Bapak Willy Wuisan

Malam permintaan doa pertengahan minggu  minggu Jemaat Kemang Pratama dimulai pada pukul 19.30. Acara kebaktian dimulai dengan diawali berdoa didalam hati untuk mengundang kehadiran Roh Kudus Tuhan yang dipimpin oleh  Pendeta Sonny Kapitan. Jemaat menyanyikan lagu pembukaan dari lagu Sion nomor 250 “ Ya Roh Suci Yang Benar “ dan dilanjutkan dengan doa pembukaan oleh ibu Sitimey.

Selanjutnya jemaat diberikan kesempatan untuk menyampaikan beberapa kesaksian. Kesaksian disampaikan oleh ibu Adeline oleh karena Tuhan telah memimpin pada hari-hari yang lalu, juga mohon untuk pergumulan Anggy untuk bersekolah di Sumatera dan kerinduannya untuk tetap dalam imannya menjadi Advent dan tetap setia.  Kesaksian oleh Pendeta Sonny Kapitan yang bersyukur kepada Tuhan oleh karena opung Tobing  dapat sehat kembali setelah beberapa waktu mengalami kritis di rumah sakit. Dan topik-topik doa lainnya malam ini, yaitu mendoakan yang sedang sakit yaitu, Ibu Ani Simanjuntak, bapak Solihin, opung Tobing dan juga ibu Surbakti. Mendoakan family of the month untuk bulan Februari yaitu keluarga bapak Erhart Tobing dan topik doa lainnya dapat ditambahkan dalam kelompok doa masing-masing. Selanjutnya jemaat berdoa bertelut secara berkelompok  dua atau tiga orang.

Untuk mengawali Firman Tuhan yang akan disampaikan, sebuah lagu pujian disampaikan oleh ibu-ibu dengan judul “ Jalan Serta Yesus ”

Firman Tuhan diambil dari buku 28 Doktrin yang menekankan tentang penyaliban, dimana ketika Yesus disalibkan murid-murid merasakan kesedihan. Dan ketika Yesus naik kesurga, murid-murid merasakan ada api yang berkobar-kobar didalam diri, dan saling mengaku dosa, membuka diri, dan saling mengasihi satu dengan yang lain. Roh persatuan diantara murid-murid semakin bertumbuh. Nyanyian dan doa selalu disampaikan oleh karena bara yang berkobar-kobar untuk mengabarkan injil. Semangat untuk menyebarkan kabar baik kepada orang banyak semakin berkobar-kobar. Roh Kudus turun keatas murid-murid sehingga mereka dapat berbicara dalam  berbagai bahasa yang dapat dimengerti orang. Roh Kudus adalah merupakan satu pribadi yang tidak terpisah dan pribadi yang pribadi  jelas. Roh Kudus adalah Allah. Orang yang menghujat Roh Kudus tidak dapat diampuni, tetapi jika menentang anak manusia tidaklah dapat diampuni. Roh Kudus memiliki sifat-sifat ilahi, antara lain yaitu maha kuasa, maha hadir dimana-mana, maha tahu,  dan pekerjaan Allah adalah berhubungan dengan Roh Kudus. Roh Kudus adalah juga Ke-Allah-an, merupakan Trininas yaitu Allah Bapa, Allah Anak dan Roh Kudus. Keterlibatan Roh Kudus juga nyata pada waktu penciptaan, penjelmaan dan juga ketika Yesus disalibkan untuk penebusan. Roh Kudus juga adalah Roh yang dijanjikan, dia tidak selalu tinggal didalam diri oleh karena manusia semakin lama semakin berdosa. Allah membaptiskan dengan Roh Kudus. Roh Kudus juga yang dapat menjadikan murid-murid dan umat-umat Tuhan untuk menjadi saksi Injil Kristus.  Roh Kudus memiliki misi, antara lain yakni menolong orang percaya, mengisi hati orang percaya dsb. Asal-usul dari Roh Kudus adalah dari Bapa, yang merupakan penolong manusia. Misi Roh Kudus kedunia adalah menolong murid-murid untuk mengabarkan injil dan misi Roh Kudus juga untuk mengisi hati untuk kehidupan yang baru. Tidak ada yang dapat dipertobatkan tanpa Roh Kudus. Amaran kepada umat-umat Tuhan malam ini  yaitu, janganlah mendukakan hati Roh Kudus,  jangan memadamkan Roh, dan selalu berdoa serta meminta Roh Kudus sehingga Roh Kudus akan tetap tinggal didalam hati orang-orang yang ber-iman, juga yang akan menolong untuk mengabarkan injil sampai keseluruh dunia dan membawa kepada keselamatan didalam Kristus.

Kebaktian ditutup dengan jemaat menyanyikan lagu penutup nomor 246 “ Roh Suci Turun Padaku. “  dan diakhiri dengan doa oleh bapak Willy Wuisan. Kiranya menjadi berkat…

Yohannes 3 : 16
“ ……………………………….“


 -Mei-