Sunday, February 10, 2013

Bersyukur Atas Anugerah Tuhan



Kebaktian Sabat
GMAHK Kemang Pratama
09 Februari 2013

 “ BERSYUKUR ATAS ANUGERAH TUHAN
Ayat Inti : I Korintus 1 : 4

Penghotbah oleh Pemp. Diakon Jemaat : Bapak Willy Wuisan


Kebaktian pada jam khotbah dimulai dengan menyanyikan lagu-lagu pujian yang dipimpin oleh ibu Sari Tobing dan diiringi pianis saudara Timothy Purnama.  Selanjutnya  bacaan Alkitab bersahutan dipimpin oleh bapak Jamesson Silitonga  dan dilanjutkan dengan nyanyian pembukaan lagu Sion nomor 44 “ Rahmat Tuhan “.  Doa syafaat dipimpin oleh bapak Ramlan Sormin. Bacaan persembahan dibawakan oleh bapak Munas Tambunan dilanjutkan dengan respon jemaat melalui pemberian persembahan oleh diakon. Cerita anak-anak penghantar khotbah dibawakan oleh ibu Yunita Wuisan yang berjudul “ Bersyukur “ yang menghimbau anak-anak untuk selalu bersyukur atas segala sesuatu yang telah diberikan Tuhan. Selanjutnya sebuah lagu pujian mengawali khotbah yang dibawakan oleh Pemuda-pemudi Kemang Pratama dengan judul “ Burden Are Lifted That Calvary “.




Firman Tuhan pada Sabat ini diiringi dengan lagu setengah suara oleh jemaat “Tuhan Bersabda Padaku“dan dilanjutkan dengan Firman Tuhan yang menekankan akan pentingnya untuk selalu memuji dan bersyukur kepada Allah. umat-umat Tuhan haruslah bersikap wajar akan harta yaitu mendapat kasih anugerah dari Allah yang merupakan pemberian dari Allah.  Anugerah Allah tidaklah perlu dibantu  oleh manusia karena itu merupakan anugerah Allah. Bagi orang yang bekerja tentunya mendapat upah oleh karena itu merupakan upah dari pekerjaan-nya, tetapi dengan melakukan sedikit perbuatan baik oleh karena anugerah Allah, maka setiap umat perlu bersyukur oleh karena anugerah merupakan pemberian Allah yang tanpa syarat. Hendaklah setiap orang selalu beryukur dengan apa yang  Tuhan telah berikan dalam kehidupan. Segala sesuatu dengan tujuan yang benar haruslah dipandang dengan positif, sehingga setiap orang akan selalu bersyukur. Ada banyak alasan setiap orang untuk bersyukur kepada Tuhan, oleh karena ada hidup merupakan anugerah Tuhan, oleh sebab itu syukurilah apa yang Tuhan telah berikan. Firman Tuhan dalam kitab Mazmur  juga mengajak umat-umat Tuhan untuk selalu memuji dan beryukur kepada Tuhan. Setiap orang dapat memandang dari banyak sisi, oleh karena dibalik sesuatu yang buruk tentu ada sesuatu yang baik, Alkitab juga memberikan gambaran akan pengalaman Paulus dan Silas ketika didalam penjara, meskipun dalam keadaan penderitaan, mereka selalu bersyukur dan memuji Tuhan. Pola pikir untuk selalu bersyukur haruslah tetap dalam pikiran umat-umat Tuhan, baik dalam suasana baik maupun buruk. Himbauan pada Sabat ini, hendaklah umat-umat Tuhan memandang hidup dengan iman yang tertuju kepada Yesus dan selalu memuji serta bersyukur kepada Tuhan  dalam segala keadaan.

Kebaktian Sabat siang ini ditutup dengan nyanyian penutup dari lagu sion  nomor 96 “ Kudengar Lagu Yang Senang “ dan dilanjutkan dengan doa penutup  oleh bapak Willy Wuisan. Selesai acara perbaktian, jemaat dan para tamu yang hadir saling bersalaman. Selanjutnya jemaat dan para tamu yang hadir diundang untuk potlak bersama dan mengikuti acara –acara selanjutnya.

-Mei-