Sunday, February 03, 2013

Ya dan Lakukan


Kebaktian Sabat
GMAHK Kemang Pratama
02 Februari  2013
“ Ya Dan Lakukan “
Ayat Inti : Yakobus 1 : 22

Penghotbah oleh Ketua Jemaat : Bapak Sontani Purnama

Perbaktian pada jam khotbah dimulai dengan menyanyikan lagu-lagu pujian yang dipimpin  oleh saudari Fidella Tambunan diiringi  musik  organ saudara Robert Papudi, musik biola oleh saudara Joshua S., musik Xasophone oleh saudara Junior T. dan pianis saudara Timoty Purnama. Selanjutnya bacaan Alkitab bersahutan dipimpin oleh bapak Chandra Peranginangin  dan dilanjutkan dengan nyanyian pembukaan lagu Sion nomor 159 “ Mari Kita Kerja Bagi Tuhan “ di lanjutkan dengan doa syafaat  oleh saudara Ridwan Sihombing. Bacaan persembahan dibawakan oleh bapak Donny Ham dilanjutkan dengan respon jemaat melalui pemberian persembahan oleh diakon. Cerita anak-anak penghantar khotbah dibawakan oleh  ibu Lies Purnama  yang berjudul “ Yunus “ yang menghimbau anak-anak untuk menjadi anak baik dan selalu menurut akan perintah Tuhan. Selanjutnya sebuah lagu pujian solo dibawakan oleh saudara Daniel Tambunan.


Pada Sabat ini Firman Tuhan mengingatkan umat-umat Tuhan akan pentingnya membuat pilihan yang benar. Allah memberikan umatNya kebebasan memilih, ya atau tidak atau pilihan benar atau salah dan menurut atau mengabaikan.  Iman yang dimiliki setiap orang hendaklah disertai dengan perbuatan tidaklah hanya sebatas kata-kata. Panggilan Tuhan kepada umat-umatNya haruslah ditanggapi  dengan kesungguh-sungguhan dan sepenuh hati. Alkitab juga memberikan banyak nasehat akan pentingnya pilihan seperti kisah anak yang hilang, dan banyak ayat-ayat yang mengingatkan akan pentingnya mengambil keputusan dengan benar dan melakukannya. Ada dua tipe jawaban dari kisah anak yang hilang, yaitu menjawab ‘ya’ dan dilakukan, atau menjawab ‘ya’ tetapi tidak melakukan. Seringkali orang lebih mengingat hal-hal yang salah dibandingkan hal-hal yang baik, atau mudah untuk melihat kesalahan orang lain dari pada kesalahan diri sendiri. Allah menginginkan  Umat-umat-Nya untuk menuruti serta melakukan apa yang telah Allah Firmankan. Himbauan, hendaklah umat-umat Allah selalu melakukan apa yang Allah kehendaki melalui FirmanNya agar kemuliaan Allah melalui kedatangan Tuhan akan dimiliki pada saat kedatangan Tuhan yang kedua kali.

Kebaktian khotbah ditutup dengan jemaat menyanyikan pujian dari lagu sion  nomor 167 “ Kerjalah-Kerjalah “ dan dilanjutkan dengan doa penutup oleh bapak Sontani Purnama. Selanjutnya jemaat dan para tamu yang hadir diundang untuk potlak bersama dan  mengikuti acara PA pada pukul 16.30.

-Mei-