Thursday, March 21, 2013

28 Doktrin - Hidup Mati Dan Kebangkitan Kristus - Bab 8


Kebaktian Rabu Malam
GMAHK Kemang Pratama
20 Maret 2013   
“ HIDUP MATI DAN KEBANGKITAN KRISTUS  “
Pdt. Sonny Kapitan

Kebaktian pertengahan minggu  dimulai pada pukul 19.30. Acara kebaktian dipimpin oleh bapak Erhart Tobing. Acara diawali dengan mengundang Roh Kudus hadir melalui berdoa didalam hati masing-masing. Untuk memulai acara Jemaat menyanyi dari lagu Sion dengan judul 168  “  Inilah Jam Ku Berdoa “ dan dilanjutkan dengan doa oleh ibu Adeline.

Kesaksian pada malam ini yaitu kesaksian dari bapak Erhart Tobing, dimana beberapa minggu ini saya sangat merindukan keluarga saya dan puji Tuhan istri saya telah pulang dari Kalimantan dan bersyukur kepada Tuhan atas penjagaan dan perlindungan kepada keluarga saya.

Doa pokok doa malam ini yaitu mendoakan acara penginjilan melalui pelmas yang akan diadakan di Cibadak, mendoakan family of the month untuk bulan Maret yaitu keluarga bapak Dikson Simanjuntak, juga mendoakan anak-anak sekolah yang sedang menghadapi ujian dan mendoakan Pdt. Agus Manurung yang sedang sakit, mendoakan juga ibu dari ibu Ellen Sugiarto, juga mendoakan bapak Marlan Sianturi yang sedang sakit  di Rumah Sakit Menado serta mendoakan ibu Ririn yang dalam pemulihan kesehatan  dan pokok doa lainnya dapat ditambahkan di kelompok doa dua atau tiga orang.
Selanjutnya sebuah  lagu pujian yang dibawakan oleh Velan, Verel  Sormin dengan judul “ For Those That I Die “.

Firman Tuhan  malam ini merupakan lanjutan pelajaran dari  buku bacaan Roh Nubuat  28 Doktrin Dasar Kepercayaan yang dimiliki oleh Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh yang memberikan pelajaran mengenai tabiat Allah dan hukumNya melalui konflik Universal yang terjadi, namun Kristus sang Juruselamat  menebus dan dilakukan oleh Allah sendiri. Rasul Yohannes menangis oleh karena ketika ia melihat gulungan kitab, tak seorangpun dapat membuka gulungan kitab itu oleh karena tidak ada yang layak, namun ada suara yang mengatakan ada ada domba yang tersembelih yang layak membuka kitab tersebut. Yesus Kristus-lah yang layak membuka gulungan kitab tersebut oleh karena ia telah mati dan bangkit. Didalam gulungan itu penting oleh karena terdapat kisah penyelamatan atas dosa dan kemenangan atas dosa sampai Yesus datang. Anugerah atas dosa dan anugerah yang menyelamtakan oleh karena Allah menaruh perhatian kepada umat manusia. Allah menjangkau manusia dan selalui melanjutkan kasih setiaNya, tetapi inisiatif Allah tetap memberikan kebebasan memilih  kepada manusia. Kehidupan bangsa Israel yang selalu diperhatikan Allah, tetapi dalam pribadi Allah ia  tetap Allah yang adil yang mengampuni dosa dan menghukum akan dosa untuk memulihkan kehidupan umat-umatNya. Seringkali dalam kehidupan ada peristiwa-peristiwa yang baik dan buruk yang mengingatkan kita untuk bergantung kepada Tuhan. Peristiwa-peristiwa didunia yang terjadi seringkali menunjukkan konsekuensi dari dosa seperti kematian dan kesusahan. Sebagai umat-umat Tuhan yang berpengharapan hendaklah memiliki dan menunjukkan tabiat Allah. Kebangkitan Kristus hendaklah mengubah kehidupan umat-umat Allah yang semakin baik oleh karena ini merupakan pekabaran tabiat Allah. Marilah kita menghargai Yesus kematian dan kenbangkitan Kristus melalui tabiat, iman  yang dimiliki yang merupakan pengharapan umat-umat Tuhan.

Acara kebaktian ditutup dengan jemaat menyanyikan lagu penutup nomor 128  “Bila Pandang Salib itu“  dan diakhiri dengan doa oleh Pendeta Sonny Kapitan. Kiranya menjadi berkat…

-Mei-