Sunday, March 17, 2013

Mengapa Kita Percaya Kepada Sekolah-sekolah Gereja Kita ?


Kebaktian Sabat  
GMAHK Kemang Pratama
16 Maret 2013

 “ MENGAPA KITA PERCAYA KEPADA 
SEKOLAH-SEKOLAH GEREJA KITA ?  “
Ayat Inti : Amsal 22 : 6

Pengkhotbah oleh Assoc. Dept. Pendidikan Konf. DKI : 
Bapak A. Sitanggang

Jam kebaktian khotbah Sabat dimulai dengan menyanyikan lagu-lagu pujian yang dipimpin oleh bapak Jamesson Simanjuntak dan diiringi pianis Velan Sormin, Junior Tampubolon.  Selanjutnya  bacaan Alkitab bersahutan dipimpin oleh bapak Munas Tambunan dan dilanjutkan dengan nyanyian pembukaan lagu Sion nomor 168 “ Ada Crita Kami Mau Critakan “.  Doa syafaat dipimpin oleh  Pendeta Sonny Kapitan. Bacaan persembahan dibawakan oleh bapak Viertin Tobing dan dilanjutkan dengan respon jemaat melalui pemberian persembahan oleh diakon.  Cerita anak-anak penghantar khotbah dibawakan oleh saudari Vera Sitanggang yang menghimbau anak-anak untuk selalu mengasihi Yesus. Selanjutnya untuk mengawali khotbah sebuah lagu pujian berupa duet dibawakan oleh Michelle Tobing dan Ivana Tobing dengan judul "My Jesus".


Jemaat menyambut Firman Tuhan dengan diiringi lagu setengah suara “ Tuhan Bersabda Padaku “  dan  dan Firman Tuhan pada Sabat ini  yang mengingatkan umat-umat Tuhan sebagai orang-orang tua untuk memperhatikan pendidikan anak-anak mereka melalui menempatkan anak-anak di sekolah-sekolah Advent. Pentingnya untuk mempercayai sekolah-sekolah Tuhan, sama halnya dengan kisah Alkitab mengenai  pengalaman Musa ketika akan keluar dari tanah Mesir dalam menghadapi halangan-halangan yang dibuat oleh raja Firaun. Tuhan memberikan banyak keajaiban  mulai sejak bangsa Israel di Mesir hingga keluar dari tanah Mesir bahkan dalam perjalanan menuju Tanah Kanaan. Banyak masalah yang tentunya dihadapi oleh setiap orang bahkan Jemaat, namun Tuhan akan selalu membuka jalan dalam mengahadapi segala problema kehidupan, sama seperti Tuhan memimpin  dan memberikan solusi bagi setiap masalah yang dihadapi Musa dan bangsa Israel. Umat-umat Tuhan haruslah percaya kepada sekolah–sekolah gereja oleh karena  pertama yaitu, itu merupakan perintah Allah, kedua yaitu, merupakan suatu pekabaran khusus oleh karena telah menerima pekabaran khusus melalui E.G. White, untuk melatih anak-anak sesuai rencana keselamatan, ketiga yaitu, merupakan hasil penelitian bahwa anak-anak yang sekolah mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi akan lebih setia di dalam gereja Tuhan, keempat yaitu, membangun keyakinan atas pendidikannya dalam proses jangka panjang,  dan kelima yaitu, latihan menjadi pelayan. Himbauan, Berkat keselamatan hendaklah dimiliki setiap orang tua dengan menyekolahkan anak-anak disekolah gereja untuk mempersiapkan orang-orang muda dalam keselamatan serta melayani Tuhan  dan  menjadi pewaris kerajaan surga.

Kebaktian Sabat siang ini ditutup dengan nyanyian penutup dari lagu sion  nomor 59 “ Tuhan Pliharakan “ dan dilanjutkan dengan doa penutup oleh bapak A. Sitanggang. Selesai acara perbaktian, jemaat dan para tamu yang hadir keluar dengan teratur dan bersalaman dengan partisipan. Selanjutnya jemaat dan para tamu yang hadir diundang untuk potluck bersama dan mengikuti acara acara selanjutnya.

-Mei-