Thursday, March 07, 2013

Buku 28 Doktrin - Penciptaan - Bab 6


Kebaktian Rabu Malam
GMAHK Kemang Pratama
27 Februari 2013
“  PENCIPTAAN “
Bpk. Jeff Eman

Malam permintaan Doa Jemaat Kemang Pratama dimulai pada pukul 19.30. Acara kebaktian  dipimpin oleh saudara Didin Irono yang  diawali dengan mengundang Roh Kudus hadir melalui berdoa didalam hati masing-masing. Untuk memulai acara Jemaat menyanyi dari lagu Sion nomor 183 “  Inilah Jamku Berdoa “ dan dilanjutkan dengan doa oleh bapak Munas Tambunan.
Selanjutnya sebelum jemaat berdoa bertelut  oleh dua atau tiga orang, maka beberapa kesaksian disampaikan. Pokok – pokok doa malam ini yaitu mendoakan yang sedang sakit yakni  anak Bintang cucu dari ibu Adeline, mendoakan Timoty Purnama yang sedang dalam pemulihan kesehatan. Mendoakan family of the month untuk bulan Februari yaitu keluarga bapak Erhart Tobing, dan pokok doa lainnya dapat ditambahkan dikelompok doa masing-masing.

Firman Tuhan diawali dengan lagu pujian yang dibawakan oleh seluruh kaum pria  dengan judul “ Aku Suka Dalam Kerja Rajaku “.
Pelajaran pada malam ini merupakan lanjutan dari  buku bacaan Roh Nubuat  28 Doktrin Dasar Kepercayaan yang dimiliki oleh Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh yang memberikan pelajaran akan penciptaan bahwa Allah adalah pencipta dan pada hari ketujuh Allah juga meresmikan akan lembaga rumah tangga. Ketika mempelajari pelajaran sekolah sabat pada beberapa minggu ini ada banyak pelajaran yang menyangkut akan  penciptaan. Pelajaran penciptaan yang terdapat di dalam Alkitab buku Kejadian pasal pertama adalah penting untuk diketahui yang mana asal-usul manusia dapatlah diceritakan.  Dengan menyelidiki akan kitab suci maka asal-usul manusia dan keturunan dari satu generasi kegenerasi dengan jelas dituliskan. Allah menyampaikan silsilah tentang asal-usul juga kepada Musa melalui inspirasi. Allah tetap menciptaan manusia meskipun Ia tahu manusia akan jatuh ke dalam dosa oleh karena Allah adalah kasih dan Allah adalah adil. Meskipun Hawa jatuh kedalam dosa tetapi Allah adalah adil. Proses penciptaan selama enam hari Allah menciptakan diberitahukan Allah melalui inspirasi kepada Musa kepada manusia. Teori evolusi tidaklah dipercayai sepenuhnya oleh sebagian orang,  tetapi ketika setiap umat  yang mempercayai bahwa Allah adalah pencipta  tetapi tidak mau mengakui dan menerima hari Sabtu sebagai hari ketujuh maka itu sama halnya dengan menerima teori evolusi. Pekerjaan hari penciptaan yang perlu untuk diperhatikan adalah hari ketujuh, karena dengan mengetahui bahwa hari ketujuh adalah hari yang harus disucikan dan dikuduskan oleh oleh karena Allah selesai menciptakan, dan hal lainnya adalah pada hari ketujuh adalah pernikahan. Umat-umat Allah sebagai mahluk ciptaan Allah memiliki tugas dan berkewajiban menyatakan bahwa manusia dapat hidup hanya dengan kasih Allah. Himbauan. marilah umat-umat Allah dapat selalu bertumbuh dalam kepenuhan dan kasih Allah sehingga dapat menunjukkan dan memperlihatkan kepada Lucifer dan kepada dunia bahwa Allah  adalah pencipta yang penuh kasih dan adil. Hendaklah umat-umat Allah selalu hidup dalam kasih Allah melalui menyatakan kasih  kepada orang lain dan menghidupkan kasih Allah dalam kehidupannya.
Acara kebaktian ditutup dengan jemaat menyanyikan lagu penutup nomor 34 “ Ku Puji Tuhan “  dan diakhiri dengan doa oleh Pendeta Sonny Kapitan. Kiranya menjadi berkat…

Kejadian 1 : 1
“ Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi “

 -Mei-