Sunday, March 03, 2013

Bilamanakah Itu Akan Terjadi


Kebaktian Vesper
GMAHK Kemang Pratama
01Maret  2013
Bp. Mulana SImanjuntak
"Bilamanakah itu Akan Terjadi?"

“ Bilamana kita kelak berdiri bersama umat tebusan ditepi laut kaca 
dengan kecapi emas dan mahkota kemuliaan, dan dihadapan kita 
terbentang kekekalan yang tak terukur, maka kita akan menyadari 
betapa singkatnya masa pencobaan dalam penantian ini. “
Matius 24 : 13


Ibadah malam vesper dihadiri oleh umat-umat Tuhan yang selalu rindu  hadir untuk bersekutu bersama-sama  dan kebaktian diadakan pada pukul 19.30 tepat , dimana acara dipimpin oleh ibu Lies Purnama,   dengan terlebih dahulu diawali dengan mengundang kehadiran Roh Kudus melalui berdoa di dalam hati masing-masing. Selanjutnya jemaat menyanyikan  lagu sion nomor 204 “  Almasih Di Muka Pintu“ dan dilanjutkan dengan doa oleh  ibu Diana Barnabas.

Renungan Firman Tuhan pada malam ini dibawakan oleh bapak Mulana Simanjuntak, yang berjudul “ Bilamanakah Itu Akan Terjadi ? “ yang diambil dari buku Roh Nubuat yang berjudul “ Peristiwa - Peristiwa Akhir Zaman “  pasal yang ketiga, yang merupakan sebuah pertanyaan yang ditanyakan oleh murid-murid kepada Kristus tentang kedatangan-Nya. Ini merupakan pertanyaan yang ditanyakan oleh Petrus, Yohannes, Yakobus dan Andreas ketika Yesus sedang  sendirian  beristirahat.  Banyak umat-umat Tuhan pada zaman ini yang sudah menjadi bagaikan pengatur waktu yang mana waktu demi waktu sudah ditentukan bagi Kristus untuk datang, tetapi yang terjadi adalah kegagalan yang berulang-ulang akan waktu kedatangan Tuhan oleh karena Alkitab sebagai Firman Allah telah memberitahukan bahwa waktu kedatangan Kristus tidaklah diketahui waktu dan jamNya. Banyak gereja dan beberapa orang yang mengaku mengetahui kebenaran akan Allah  menetapkan waktu dan tanggal akan kedatangan Yesus. Kedatangan Yesus akan terjadi sesuai dengan tanda-tanda yang Allah telah berikan melalui FirmanNya yaitu Alkitab. Sebuah kisah dalam Alkitab yaitu mengenai perjalanan bangsa Israel menuju ke tanah Kanaan  yang seharusnya ditempuh dalam waktu empat puluh hari  namun harus ditempuh dalam waktu empat puluh tahun oleh karena dosa persungutan dan pemberontakan yang dilakukan oleh bangsa Israel, yang mana mereka tidak tahu kapan waktunya tiba  di tanah Kanaan. Sama halnya dengan kedatangan Yesus yang kedua kali  dapat tertunda oleh karena dosa keinginan daging yang masih dimiliki oleh umat-umat Allah. Pekabaran umat-umat Allah bukanlah menetapkan waktu akan kedatangan Tuhan yang kedua kali oleh karena itu semua adalah rahasia Allah. Himbauan, marilah setiap umat-umat Tuhan tetap setia menunggu akan kedatangan Tuhan yang kedua kali dan yang terpenting  adalah bagaimana setiap umat-umat Allah dapat mempersiapkan diri dalam menyambut akan kedatangan Tuhan.

Kebaktian vesper ditutup dengan Jemaat menyanyikan lagu berjudul  106 “ Dalam Surga Tempat Baka ”  dan dilanjutkan dengan dengan doa penutup oleh ibu Sitimey.  Untuk mengakhiri acara kebaktian Vesper maka jemaat bersalaman dan  membentuk lingkaran  di luar  gereja dan sambil bergandengan tangan menyanyikan lagu “ God Is So Good “ serta mengucapkan selamat Sabat dan yel-yel Sabat. Semoga menjadi sukacita dan berkat bagi kita semua dan kepujian bagi nama Tuhan.

-Mei-