Tuesday, March 09, 2010

IMAN SEBESAR BIJI SESAWI

Yesus berkata kepada mereka, sekiranya kamu mempunyai iman sebesar biji sesawi, takkan ada yang mustahil bagimu. Matius 17:20

Setelah orang banyak itu berpisah, murid-murid itu datang kepada Yesus dan berkata, “Mengapa kami tidak dapat mengusir roh itu?” (Mrk 9:28). Mengapa kuasa yang diberika kepada mereka untuk mengusir iblis-iblis pada saat perjalanan pelayanan mereka hilang? Ahli-ahli Taurat telah menuntun mereka untuk mempercayai bahwa roh jahat itu memiliki kuasa hebat. “Namun, masalah sebenarnya, tidak terletak pada kuasa roh itu, tetapi kelemahan rohani murid-murid itu. Murid-murid tidak menggunakan waktu mereka dengan baik selama Yesus tidak hadir. Mereka telah memperkembang kecemburuan, merasa bahwa mereka juga harus diikutsertakan di dalam kelompok yang menyertai Yesus ke lereng gunung itu. Mereka telah bergantung pada kekuatan sendiri. Namun tidak seorang pun dapat menang menghadapi kuasa si jahat kecuali Allah berada di samping mereka.

Tidak seorang pun menerima kesanggupan untuk melakukan mukjizat semacam itu dalam seketika. Itu memerlukan doa setiap hari, renungan dan iman untuk menang melawan kuasa kegelapan. Walalupun iman begitu kecil sebesar biji sesawi, bibit yang paling kecil dapat melakukan hal-hal besar untuk TUHAN. Sebab segala sesuatu adalah mungkin bagi Allah (Mrk 10:27). Tidak ada kesulitan yang terlalu besar untuk dicapai oleh seorang murid jika dia percaya. Doa yang sungguh-sungguh, memohon dengan sabar kepada Allah ada dalam iman yang mununtun kepada penyerahan seluruhnya kepada Allah, serta penyerahan yang jelas untuk pekerjaan-Nya, itu saja dapat berfaedah untuk membawa bantuan Roh Kudus dalam peperangan melawan berbagai kerajaan dan kuasa, pengusasa kegelapan dunia ini, dan roh-roh jahat dalam tempat-tempat tinggi.

Iman sederhana serta yakin pada firman Allah dan kepada Yesus cukup untuk melakukan mukjizat-mukjizat di dalam hidup ini walaupun iman kecil akan bertumbuh jika diberikan gizi yang terdapat dalam Firman itu. Belajar serta berdoa setiap hari adalah alat-alat yang menyebabkan hal itu dewasa dan bertumbuh. Jika timbul berbagai kesulitan, yang akan terjadi pada hidup seorang Kristen manapun, iman yang kuat itu bertahan. Malaikat TUHAN berkemah di sekeliling orang-orang yang takut akan Dia, lalu meluputkan mereka (Maz 34:8, KJV)

Fakta kemenangan Kristus seharusnya memberi inspirasi semangat juang perkasa kepada para pengikut-Nya dalam peperangan melawaan dosa dan Setan.