Friday, May 21, 2010

MENCAPAI KETINGGIAN KRISTUS

Sampai kita semua telah mencapai kesatuan iman dan pengetahuan yang benar tentang Anak Allah, kedewasaan penuh, dan tingkat pertumbuhan yang sesuai dengan kepenuhan Kristus. Efesus 4:13.


Pokok persoalan (isu) besar mengenai kekekalan menuntut dari kita sesuatu yang lebih dari sekedar suatu agama khayalan. Bentuk-bentuk perbaktian yang agung dan upacara penyerahan yang tinggi tidak mengangkat terang kepada dunia ini, tetapi kebenaran yang dicari dan dikagumi sama seperti gambar yang cantik atau bunga yang indah, dan tidak dimasukkan ke dalam bait suci jiwa, menurut banyak orang adalah yang dituntut dari seorang yang berbakti. Kita akan diselamatkan selama-lamanya jikalau kita masuk melalui pintu gerbang ke dalam kota. Kemudian kita akan bersukacita oelh karena kita diselamatkan, diselamatkan untuk selama-lamanya. Tetapi sampai sejauh ini kita perlu mengindahkan perintah rasul, “Baiklah kita waspada, supaya jangan ada seorang di antara kamu yang dianggap ketinggalan, sekalipun janji akan masuk ke dalam perhentian-Nya masih belaku” (Ibr 4:1). Memiliki pengetahuan mengnai Kanaan, menyanyikan nyanyian Kanaa, bersukacita dalam prospek memasuki Tanah Kanaan, tidak membawa orang-orang Israel kepada kebun anggur dan pohon zaitun Tanah Perjanjian itu. Mereka boleh memiliki itu dengan sesungguhnya hanya oleh mendudukinya, oleh menyesuaikan diri dengan syarat-syarat, oleh mempunyai iman yang hidup kepada Allah, oleh menghargai janji-janji yang diberikan-Nya kepada mereka.

Kristus adalah asal dan akhir dari iman kita, bilamana kita berserah sepenuhnya ke dalam tangan-Nya kita akan bertumbuh dalam kasih karunia dan dalam pengetahuan akan TUHAN dan Juruselamat kita. Kita akan maju terus sampai kita mencapai ketinggian penuh laki-laki dan perempuan dalam Kristus. Iman bekerja melalui kasih, dan menyucikan jiwa, berhenti mengasihi dosa yang menuntun kepada pemberontakan melawan dan melanggar hukum Allah. Melalui ROh Kudus tabiat diubahkan, pikiran dan kehendak manusia dibawa dalam pesesuaian yang sempurna dengan kehendak Ilahi, dan ini adalah persesuaian kepada standar kebenaran Ilahi. Kepada mereka yang telah diubahkan Kristus berkata, Berbahagialah mereka yang membasuh jubahnya. Mereka akan memperoleh hak atas pohon-pohon kehidupan dan masuk melalui pintu-pintu gerbang ke dalam kota. (Wah 22:14).