Monday, May 31, 2010

MAKSUD ALLAH BAGI JEMAAT-NYA

Sebab di dalam Dia Allah telah memilih kita sebelum dunia dijadikan, supaya kita kudus dan tak bercacat di hadapan-Nya. Dalam kasih supaya terpujilah kasih karunia-Nya yang mulia, yang dikaruniakan-Nya kepada kita di dalam Dia yang dikasihi-Nya. Sebagai persiapan kegenapan waktu untuk mempersatukan di dalam Kristus sebagai Kepala segala sesuatu baik yang di sorga maupun yang di bumi (Efesus 1:4-10).


Gereja adalah cara yang ditunjuk Allah untuk keselamatan manusia. Ini diatur untuk pelayanan, dan tugasnya adalah membawa Injil ke dunia. Allah telah merancang bangsa Yahudi menjadi rumah doa bagi segala bangsa (lihat Yesaya 56:7). Tujuan utama bangsa Israel adalah menyatakan karakter Allah kepada manusia di mana saja. Allah mempercayakan kepada mereka Kitab Suci-Nya yang kudus. Ia ingin mereka mengangkat Kristus di hadapan segala bangsa melalui pelayanan tempat kudus. Tetapi orang-orang Israel kehilangan pandangan terhadap hak istimewa mereka sebagai perwakilan Allah. Mereka menutup diri dari dunia untuk menjauhi godaan. Larangan yang Allah berikan atas pergaulan mereka dengan para penyembah berhala, mereka gunakan untuk membangun tembok pemisah. Segala sesuatu yang gagal dilakukan bangsa Israel, sekarang Allah minta gereja Kristen untuk tunaikan setelah Yesus kembali ke surga. Gereja agar berhasil harus menjadi kota naungan Allah di dunia yang memberontak. Ini merupakan teater kasih karunia-Nya di mana Ia suka menyatakan kuasa-Nya untuk mengubah hati.

Juruselamat berbalik dari mereka dan memepercayakan kepada orang lain kesempatan yang telah mereka sia-siakan dan pekerjaan yang mereka telah remehkan. Kemuliaan TUHAN harus dinyatakan, perkataan-Nya harus ditegakkan. Kerjaan Kristus harus didirikan di dunia ini. Keselamatan Allah harus diketahui di kota-kota di padang belantara; dan murid-murid itu dipanggil untuk melakukan pekerjaan yang para pemimpin kaum Yahudi telah gagal untuk melakukannya.