Saturday, May 29, 2010

SUARA ALAM

Maka Allah melihat segala yang dijadikan-Nya itu sungguh amat baik. Kejadian 1:31.


Allah tidak merancang supaya kita tidak menikmati perkara-perkara yang telah dijadikan-Nya. Dengan sukacita seorang Bapa Ia memperhatikan kesenangan anak-anak-Nya dalam perkara-perkara yang indah di sekitar mereka. Sementara berada di dalam duni ini Penebus dunia berusaha membuat pengajaran-pengajaran-Nya sederhana dan mudah dipahami, sehingga semua bisa mengerti dan bukankah mengagumkan Ia memilih udara terbuka sebagai ruang kelas-Nya dan Ia ingin dikelilingi oleh hasil kerja ciptaan-Nya? Perkara-perkara yang dijadikan oleh tangan-Nya sendiri Ia gunakan sebagai buku pelajaran-Nya. Ia melihat di dalamnya lebih dari apa yang dapat dimengerti oleh pikiran fana.

Burung-burung yang berkicau tanpa ada yang dirisaukannya, bunga-bunga di lembah yang memantulkan keindahannya, bunga bakung dengan kemurniannya di tepi danau, pohon-pohon yang tinggi, tanah-tanah olahan dengan gandumnya yang melambai-lambai, tanah gersang, pohon yang tidak berbuah, bukit-bukit yang tidak berkesudahan, air sungai yang membludak menderu, matahari yang sedang terbenam mewarnai cakrawala – semua ini digunakan untuk memberi kesan kepada para pendengar-Nya mengenai kebenaran Ilahi. Ia menghubungkan pekerjaan jari-jari Allah di langit dan di atas duni ini dengan firman kehidupan. Dari sini Ia menarik pelajaran-Nya kepada pelajaran kerohanian. Ia memetik bunga bakung, bunga-bunga dari lembah, dan menempatkannya di tangan anak-anak kecil, sebagai guru-guru untuk memaklumkan kebenaran firman-Nya.

Keindahan alam mempunyai lidah yang terus berbicara kepada kita tanpa henti. Hati yang dibuka bisa diberi kesan denga kasih dan kemuliaan Allah sebagaimana yang terlihat dalam pekerjaan tangan-Nya. Telinga yang mendengar bisa mendengar dan mengerti komunikasi Allah melalui perkara-perkara alam. Ada pelajaran dalam cahaya matahari dan dalam berbagai benda-benda alam yang telah dinyatakan Allah kepada pemandangan kita. Ladang-ladang hijau, pohon-pohon yang tinggi, kuntum-kuntum bunga, awan-awan yang berarak, hujan yang turun, deru air sungai, matahari, bulan dan bintang-bintang di langit – semuanya mengundang perhatian kita untuk merenung, dan mengundang kita mengenal Dia yang telah menjadikannya.