Thursday, September 01, 2016

Lomba Ketrampilan Baris Berbaris



1 Timotius 6 : 12, "Bertandinglah dalam pertandingan iman yang benar dan rebutlah hidup yang kekal."

Setiap hari Minggu pagi kami regu pramuka penggalang melakukan latihan baris-berbaris guna mengikuti perlombaan yang akan diadakan oleh walikota setempat.
"Perhatian semuanya. Siap grak! Lencang kanan grak! Tegap grak!" Demikianlah pemimpin barisan mulai memimpin barisan regu kami. Begitu juga dengan regu yang lain. Setiap satu regu terdiri dari 11 orang termasuk pemimpin barisan. Kami memulai latihan dari jam 8 pagi sampai dengan jam 4 sore. Dua bulan sebelum hari perlombaan dimulai kami sudah mulai berlatih setiap hari Minggu. Ketika siang datang, terasa begitu panasnya terik matahari. Lapar, dahaga.. dan keringat mengalir menghabiskan energi yang ada dalam tubuh, tetapi kami tidak boleh menyerah dan harus terus berlatih agar memperoleh hasil yang terbaik, meskipun kadangkala ada beberapa tantangan yang harus kami hadapi.

Demikianlah kami lalui dari minggu ke minggu sampai kepada minggu dimana perlombaan dimulai.
"Hayoo semua membentuk barisan, jangan sampai ketinggalan lastoknya (tongkat pramuka)!" ucap ketua regu.
"Perhatian! Persiapan dimulai!"
Dan kami menjawab, "Satu-satu.. dua-dua.. tiga-tiga.. empat-empat! Siap!"
Setelah beberapa regu dari Gudep Pramuka yang lain tampil tibalah giliran kami. "Langkah tegak majuuu.. Jalan!" seru ketua regu barisan. Lalu kami mulai mengikuti instruksi ketua regu dan melakukan beberapa variasi barisan, dimana tidak boleh ada seorangpun yang melakukan gerakan yang berbeda, semua harus sama dan serentak. Kami telah menyelesaikan pertandingan hari itu dan telah melakukan yang terbaik.

Didalam hidup ini ibarat kita sedang mengikuti sebuah pertandingan, yang kadangkala membuat kita letih, putus asa dan mengalami beberapa rintangan, tetapi ingatlah bahwa kita harus menyelesaikannya. Seperti yang tertulis pada ayat kita hari ini, mari kita bertanding dalam pertandingan Iman yang benar sampai pada batas akhir dan rebutlah kemenangan hidup yang kekal.
Kasih karunia menyertai kita sekalian!