Friday, February 12, 2010

DOA MEMBUAT PERBEDAAN

Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh. Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan sangat besar kuasanya.
Yakobus 5:16


Sesungguhnya doa membuat satu perbedaan. Selama dekade yang lalu penelitian-penelitian yang terus menerus telah menguji kemanjuran doa dalam proses penyembuhan. Selama berabab-abad umat Kristen telah membuktikan kebenaran dari kuasa doa dalam konteks penyembuhan. Tetapi bagi kaum ilmuwan tertarik dalam hal ini adalah aneh.
Larry Dossey, seorang dokter dan pengarang di dalam bukunya yang berjudul Kata-kata Penyembuhan, membenarkan kesaksian umat Kristen tentang kuasa doa dalam penyembuhan. Setelah tamat dari sekolah kedokteran dengan keyakinan bahwa tidak lebih daripada ketakhyulan, ia mengakui bahwa sudah bertahun-tahun saya melalaikan doa. Saya rasa itu hanyalah satu hal yang berubah-ubah, suatu embel-embel yang tidak bisa disamakan dengan bidang pengobatan dan operasi. Namun demikian setelah bertahun-tahun menggeluti bidang pengobatan, Dossey mendapati satu tinjauan ilmiah yang benar-benar menunjang kuasa doa dalam penyembuhan. Ia menggambarkan pandangan “ilmiah” nya menjadi suatu hal yang tidak pasti dan ia mulai meneliti selama 10 tahun. Setelah penelitian secara luas, Dossey menemukan bahwa lebih dari 100 eksperimen sebagian besar menunjukkan kriteria ilmu pengetahuan yang baik, dan menunjukkan bahwa doa membawa perubahan-perubahan yang menakjubkan. Apa kesimpulan Dossey? Ia menyatakan bahwa doa mempunyai potensi yang besar dalam penyembuhan penyakit dan boleh jadi cocok dengan ilmu fisika modern.

Mungkin ada yang tidak setuju dengan semua pandangan dan kesimpulan Dossey. Yang lain mungkin akan menentang bahwa umat Kristen tidak memerlukan ilmu pengetahuan untuk menyokong apa yang telah mereka ketahui. Meskipun demikian penyelidikan Dossey memusatkan perhatian pada kenyataan penyembuhan dari segi rohani. Doa adalah satu alat bagi kita untuk berkomunikasi dengan Allah semesta alam, yang telah menciptakan kita dan menopang kita. Melalui alat ini Allah mengundang kita semua ciptaan-Nya untuk mengambil keuntungan dari kuasa-Nya yang indah dan efektif. Sebagaimana yang dikatakan Rasul Yakobus: “Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya”.




Apakah ada seseorang yang kita ketahui sedang terluka atau sakit dan perlu penyembuhan? Doa kita bisa mengubahnya. Berbicaralah kepada TUHAN tentang hal ini sekarang juga.