Wednesday, February 03, 2010

MANNA PAGI

Bersiaplah sebab inilah harinya TUHAN menyerahkan…kedalam tanganmu. Bukankah TUHAN telah maju di depan engkau? Hak 4:14.

Sungguh suatu kata-kata yang indah untuk memulaikan hari yang baru ini. Yesus telah pergi mendahului saya untuk menyediakan jalan. Ia mengetahui cara komukasi saya, masalah-masalah saya, kesusahan-kesusahan apa yang harus saya buat. Saya tidak sendirian karena ia telah memilih saya masuk dalam tim-Nya, dan saya dapat melakukan segala sesuatu melalui Dia (Filippi 4:13)
Manna pagi adalah jalan untuk memperoleh awal yang menyehatkan pagi hari kita: “Serahkanlah dirimu kepada TUHAN pada pagi hari, jadikanlah ini tugasmu yang pertama. Biarlah doamu seperti berikut: ‘Ambillah aku ya TUHAN jadi milik-Mu sepenuhnnya. Kubentangkan semua rencana-rencanaku di kaki-Mu. Gunakanlah aku hari ini berbakti pada-Mu, tinggal didalam aku dan biarlah semua pekerjaanku dikerjakan didalam Engkau” (Kebahagiaan Sejati, hlm 66). Dengan seksama dan penuh doa perhatikanlah apa yang terjadi apabila kita buat itu sebagai pedoman kita untuk berbicara kepada TUHAN sebelum kita berbicara dengan sesama manusia. “Apabila kita Bangun pagi-pagi, apakah kita merasakan ketidakberdayaan kita dan kita memerlukan kekuatan dari TUHAN? Dan apakah kita dengan kerendahan hati dan dengan kesungguh-sungguhan menceritakan kebutuhan-kebutuhan kita kepada Bapa kita yang disurga? Kalau demikian malaikat-malaikat akan memperhatikan doa-doa kita dan apabila doa-doa ini tidak keluar dari bibir kepura-puraan, apabila kita dalam bahaya karena melakukan kesalahan yang tidak disengaja,…maka malaikat-malaikat penjaga kita akan berada disisi kita dan mempengaruhi tindakan-tindakan kita” (Testimonies jld 3 hal. 363, 364). Bukankah itu mengagumkan?
Tetapi apabila kita lupa pada manna pagi kita dan mencoba meniti hari dengan perut rohani yang kosong, perhatikanlah apa yang akan terjadi: “Apabila kita tidak berdoa memohon pertolongan dan kekuatan untuk melawan pencobaan, maka kita pasti akan sesat; kelalaian kita pada tugas kita akan ditulis dalam buku TUHAN di surga, dan kita akan kedapatan ringan pada hari yang berat itu. Sudahkah Anda mendapatkan manna pagi hari ini?

Kebiasaan-kebiasaan nomor satu dari orang-orang Krsiten yang sukses adalah berbicara kepada Allah sebelum berbicara kepada sesama manusia.