Thursday, February 04, 2010

TETAPLAH PIALA KASIHMU PENUH

Engkau mengurapi kepalaku dengan minyak; pialaku penuh melimpah. Kebaikan dan kemurahan belaka akan mengikuti aku seumur hidupku dan akau akan diam dalam rumah TUHAN sepanjang masa. Mazmur 23:5,6.


Jauh dilubuk hati Anda ada sebuah mangkuk (piala) atau wadah. Bukan berupa mangkuk keramik buatan Cina, mangkuk perak ataupun mangkuk emas, tetapi sebuah mangkuk perasaan dan emosi yang apabila diisi akan terasa hidup ini begitu berarti. Saya sebut ini mangkuk cinta kasih. Mangkuk itu mengukur tingkat kepuasan hati Anda. Pada hakikatnya hal itu menunjukkan kesehatan pikiran Anda.
Cinta kasih yang saya tuliskan ini bukanlah cinta romantik melainkan cinta agape – sebuah prinsip bukan tanpa emosi tetapi juga bukan bergantung padanya. Ini adalah kasih yang diberikan tanpa tali yang menghubungkan, yang terjadi karena keterlibatan orang lain. Apabila kita merasakannya, endorphin – sama seperti pengaruh bahan kimia dari morfin – masuk kedalam otak, menghasilkan rasa aman, damai dan tenang. Orang merasa senang karena pada dasarnya merasa sangat berguna. Apabila isi mangkuk Anda mulai berkurang, Anda merasa hampa, Anda tidak punya apa-apa untuk diberikan. Mangkuk yang kosong mengubah dunia Anda menjadi negative. Kemarahan, ketidakpuasan, sindirian tajam, perasaan bersalah dan kepahitan, semuanya itu mengiisi kekosongan tersebut.
TUHAN dapat memasuki kehidupan seperti itu, kehidupan yang berisi kebencian dan egois. Ia dapat mengubahkannya. Dalam beberapa hal, itulah arti pengubahan. Tidak ada seorang pun yang diluar jangkauan kuasa dari kasih penyembuhan yang dari TUHAN. Tetapi walaupun TUHAN dapat melakukan itu, tidak berarti kita membiarkan Dia yang mengisinya sepenuhnya. TUHAN memberikan kesempatan kepada kita untuk menjadi alat-Nya. Orang-orang yang lapar akan kasih yang pertama-tama diperlukannya adalah kasih dalam perbuatan dari sesama manusia. Hal ini membuat mereka sadar bahwa sesungguhnya hidp mereka kosong. Kemudian kita dapat mengarahkan mereka kepada Sumber segala kasih.
Apabila Anda merasa hati Anda kosong mohonlah agar TUHAN mengisi hatimu, Ia akan segera memberikan respons dan carilah juga orang lain yang mungkin bisa menjadi pengisi mangkuk itu. Kemudian apabila mangkuk Anda telah terisi atau sudah penuh, pergilah menjangkau ke luar dan mulai mengisi mangkuk-mangkuk kasih yang lain yang kosong dari orang-orang yang merasa tidak dicintai. Mungkin juga Anda akan merasa tidak dikasihi oleh mereka tetapi itu tidak apa-apa. Tuhan tidak meminta seorang pun untuk merasa dikasihi, Ia hanya mengatakan untuk mengasihi. Ini merupakan tindakan kasih dan mejnadi hal yang penting. Kasih adalah sesuatu yang Anda lakukan. Dan sementara Anda mengasihi maka kedua-duanya yaitu Anda dan orang yang mangkuknya Anda isi mulai hidup dalam kehidupan yang limpah!

Bapa yang penuh kasih, isilah mangkuk-saya dengan kasih-Mu agar saya dapat mengisi kmangkuk-mangkuk orang lain. Amin