Monday, January 24, 2011

Success is My Right

"Selamat Sabat untuk kita semua!", itulah sambutan protokol pada malam Vesper yang dipimpin oleh Pdtm. Sumenahem. Acara Vesper dimulai tepat pukul 19.30 dan diawali dengan mengundang Roh Kudus dalam hati masing-masing untuk mempersiapkan diri menerima Firman Tuhan. Umat-umat Tuhan sudah datang tepat pada waktunya. Jemaat menyanyikan lagu pembukaan "Kalau Serta Tuhan" (LS. 145) yang dilanjutkan dengan doa buka. Lagu special dibawakan dengan penuh semangat oleh kelas Adveturer. Firman Tuhan malam ini disampaikan oleh Sdr. Erhart Tobing dengan judul "Success is My Right".

"Banyak orang yang ingin sukses, dan salah satu cara untuk mendapatkan kesuksesan yang dilakukan adalah dengan mengapai Pendidikan dengan setinggi-tinginya dan mencari ilmu pengetahuan sebanyak-banyaknya. Mereka rela mengeluarkan banyak uang untuk mengikuti seminar-seminar dan banyak hal lainnya untuk mendapatkan ilmu pengetahuan demi mencapai kesuksesan. Tapi sebenarnya sebagai umat-umat Tuhan semua tips mencapai kesuksesan dan Ilmu pengetahuan itu sudah ada pada kita, di dalam sebuah buku yaitu Alkitab", kata pembicara dengan penuh semangat.

7 kiat untuk mencapai sukses yang disampaikan pembicara pada malam ini yaitu :

1. Bersandar pada kebijaksanaan Tuhan

Amsal 3 : 5, 6 mengatakan, "Percaya kepada Tuhan senantiasa dan jangan bersandar pada pengertian sendiri, mengakui Tuhan dalam setiap langkah kehidupan."

Dunia mempunyai banyak ahli yang memberikan ilmu pengetahuan, namun seiring berubahnya zaman maka ilmu pengetahuan itu sering kali di “update” atau diperbaharui untuk disesuaikan dengan zaman yang sedang berlangsung.

2. Rajin dan Cekatan

‘Bila ingin sukses haruslah rajin dan cekatan. Semua pemimpin menginginkan tenaga kerja yang rajin dan cekatan untuk membantu dia dalam melakukan suatu usaha, sehingga dapat mencapai kesuksesan. Orang yang sukses atau makmur biasanya adalah orang yang rajin dan cekatan’.

Amsal 14 : 23 mengatakan, ..."Dalam setiap jerih payah ada keuntungan…"

3. Cari dan Gunakan Pengetahuan

Sebuah peribahasa menyebutkan, "Malu bertanya sesat di jalan".

Amsal 19:2 mengatakan, "Tanpa pengetahuan pun kerajinan pun tidak baik."

Pengetahuan penting untuk mendukung kita mencapai kesuksesan.

4. Kejujuran adalah harta yang tidak dapat dicuri

Harta yang kita miliki dapat dicuri tetapi pengetahuan yang kita miliki tidak dapat dicuri."

Amsal 10: 16 mengatakan, "Upah pekerjaan orang benar membawa kepada kehidupan."

Dalam mencapai kesuksesan diperlukan kejujuran.

5. Kekanglah mulutmu

Amsal 10 : 19 ; 21:23 "Orang yang berakal budi dan yang memelihara mulutnya adalah orang yang berakal budi dan akan dijauhkan dari kesukaran."

6. Kesabaran dan ketenangan adalah modal seorang pahlawan

Amsal 16 : 32 menyebutkan, "Orang yang sabar melebihi seorang pahlawan…. Melebihi orang yang merebut kota." Orang yang membabi buta adalah orang yang jarang sukses’., Tetapi seorang yang sabar dan tekun akan mendapatkan kesuksesan.

7. Jangan ingin cepat kaya

Amsal 10:22 mengatakan, "Berkat Tuhanlah yang menjadikan kaya…"

Amsal 10:28 mengatakan, "Harapan orang benar akan membawa sukacita…"

Kekayaan yang kita miliki adalah merupakan suatu berkat dari Tuhan. Tetapi jika kita mengutamakan harta kekayaan diatas segalanya maka kekayaan itu akan membuat seseorang tidak bahagia, bahkan dapat membuat kita tidak dekat dengan Tuhan, melupakan Tuhan, membuat keluarga tidak harmonis, kesehatan terganggu, dan hal yang tidak membawa suatu sukacita.

Di dalam Firman Tuhan, yaitu Alkitab banyak tips atau cara yang diberikan Tuhan kepada kita umatnya untuk mencapai kesuksesan. Bilamana kita menggunakan Alkitab sebagai pedoman di atas segala ilmu pengetahuan dalam kehidupan kita maka Allah akan memberikan kesuksesan itu dan kesuksesan akan menjadi bagian kita. Matius 6:33 mengatakan, "Carilah dahulu kerajaan Allah dan kebenaranNya maka semuanya akan ditambahkan kepadamu." Amin.

Untuk menyambut Firman Tuhan yang baru disampaikan, jemaat menutup dengan menyanyikan Lagu Sion no.103 dan ditutup dengan doa. Dengan penuh sukacita jemaat keluar ke halaman gereja dan membentuk lingkaran sambil mengucapkan, "Selamat Sabat, Tuhan Memberkati." Sampai berjumpa Sabat pagi di Gereja…!