Monday, January 31, 2011

10 Hari Doa Bersama Anak - Mengampuni Teman-teman

Pagi yang cerah, Minggu 30 Januari 2011 adalah hari pertama dimulainya 10 hari doa bersama memohon kuasa Roh Kudus untuk hujan awal dan hujan akhir. Di kelas anak-anak hadir 10 orang, Veber, Verel, Rivaldo, Dave, Junior, Kanya, Kayla, Keanu, John dan Jeremi.

Acara yang dipimpin oleh ibu Sari Tobing dimulai dengan menjelaskan kembali apa yang diterangkan oleh Pendeta Sonny Kapitan tentang pengampunan. Ayat yang diambil dari Matius 6:12 “dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami”. Anak-anak pun saling bercerita tentang pengalaman mereka yang suka merasa kesal dengan teman-teman mereka. Anak-anak diajarkan untuk dapat mengampuni teman-teman yang sudah berbuat salah kepada mereka agar Yesus mengampuni mereka bilamana mereka melakukan kesalahan. Beberapa pengalaman tentang mengampuni yang disampaikan oleh ibu Sari, ibu Naomi Tobing dan ibu Evelyn Sormin kiranya bisa memotifasi anak-anak untuk bisa juga memiliki roh yang suka mengampuni.

Doa berantai dilakukan dengan berdiri dan saling berpegangan tangan, masing-masing menyampaikan doa yang dimulai dengan menyampaikan pujian bagi Tuhan, kemudian menyanyikan Lagu Sion no. 50 “Hiduplah Dalam Aku”. Doa dilanjutkan dengan menyampaikan permohonan akan pengampunan dosa dan pengakuan bahwa kita adalah manusia yang lemah, kemudian menyanyikan Lagu Sion no. 185 “Ku Datang Hampir Kepada-Mu”. Doa kemudian dilanjutkan dengan menyampaikan ucapan syukur dan terima kasih, anak-anak menyampaikan terima kasih mereka atas orangtua, kakak, adik, kesehatan dan kepintaran yang sudah Tuhan berikan kepada mereka. Sebelum masuk ke bagian doa yang terakhir, anak-anak menyanyikan Lagu Sion no 318 “Dalam Hati”. Dalam bagian doa yang terakhir anak-anak menyampaikan permohonan mereka. Diantaranya mereka ingin diberikan kuasa agar dapat mengampuni teman-teman mereka yang sudah menyakiti mereka dan juga agar Tuhan memberikan kesehatan, kepintaran serta kesuksesan. Di akhir doa, kembali anak-anak menyanyi dari Lagu Sion no. 332 “Dengar Yǎ Tuhan”.

Selesai melakukan doa kelompok, anak-anak kembali bergabung di gereja untuk menutup acara. Tuhan kiranya memberkati semua anak-anak yang sudah hadir, semoga anak-anak bisa merasakan kuasa Roh Kudus hadir dalam hidup mereka.

- sari tobing -