Wednesday, July 07, 2010

KESETIAAN DALAM KUMPULAN BERSAMA

Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasihati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat. Ibrani 10:25



TUHAN telah menunjukkan kepada saya (Ellen G. White) bahwa perhatian besar harus ditunjukan kepada perkumpulan yang diadakan oleh para pemelihara hari Sabat dan menjadikan perkumpulan itu menarik hati. Adalah sangat perlu di dalam kumpulan-kumpulan kita dinyatakan kegembiraan dan kegiatan yang lebih besar. Semua harus mempunyai sesuatu yang diucapkan untuk TUHAN, karena dengan berlaku demikian mereka akan diberkati. Suatu buku peringatan ditulis mengenai mereka yang tidak meninggalkan perkumpulan saudara-bersaudara, tetapi sering saling berbicara kepada satu dengan yang lain.

Jikalau saudara dan saudari berada di tempat di mana mereka seharusnya berada, maka mereka tidak akan sulit menemukan sesuatu yang akan dikatakan untuk menghormati Yesus, yang tergantung di atas salib karena dosa mereka. Jikalau mereka mau lebih banyak merenungkan dengan rasa sadar mengenai betapa besar kemurahan Allah dalam memberikan Anak Tunggal-Nya yang kekasih itu untuk mati sebagai korban karena dosa dan pendurhakaan kita, dan akan hal penderitaan serta kesengsaraan Yesus untuk menyediakan jalan kelepasan bagi manusia yang bersalah, supaya ia boleh menerima pengampunan dan hidup maka mereka akan lebih bersedia untuk memuji dan membesarkan Yesus. Saya melihat bahwa gereja-gereja yang cuma nama saja, telah rubuh sebab sifat dingin dan kebekuan memerintah di tengah-tengah mereka. Kalau saja mereka mau mengikut Firman Allah, maka hal itu akan membuat mereka rendah hati. Tetapi mereka menempatkan diri di atas pekerjaan TUHAN rasanya terlalu hina bagi mereka untuk mengulang-ulangi cerita sederhana yang sama tertang kebaikan Allah bila mereka berkumpul bersama-sama, dan mereka belajar menemukan sesuatu yang baru, sesuatu yang besar dan mencari kata-kata yang coock dengan telinga mereka dan yang menyenangkan manusia, lalu Roh Alalh meninggalkan mereka. Bila kita mengikut jalan Alkitba yang sederhana, maka kita akan memperoleh gerakah Roha Allah. Semuanya akan menjadi rukun dengna manis jikalu kita mengikuti saluran kebenaran yang sederhana, bergantung sepenuhnya atas Allah dan tidak akan ada baha ya untuk dipengruhi oleh malaikat-malaikat yang hjahat.