Friday, July 09, 2010

MEREKA YANG LAPAR DAN DAHAGA

Lalu kata malaikat kepada mereka: “Jangan takut, sebab sesungguhnya aku memberitakan kepadamu kesukaan besar untuk seluruh bangsa.” Lukas 2:10.

Surga mengirimkan seorang malaikat ke atas dunia ini untuk melihat siapa yang sedia menyambut Yesus. Imam-imam meneruskan hukum-hukum acara mereka, orang-orang Farisi memperagakan kekudusannya di dalam doa, dan raja-raja sedang memerintah rakyat. Dalam sekolah-sekolah agama Palestina rabi-rabi terus mengajarkan nubuatan-nubuatan yang sama tanpa memikirkan kegenapannya yang akan datang. Dengan kecewa Malaikat itu kembali. “Semua orang seharusnya berjaga serta menunggu agar mereka salah satu dari orang pertama menyambut Penebus dunia itu, akan tetapi di Betlehem dua musafir dari bukit Nazaret melintasi semua lorong-lorong sampai ke sebelah ujung timur kota, sia-sia mendapatkan sebuah tempat untuk beristirahat dan berteduh pada malam itu. Tidak ada pintu yang terbuka untuk menerima mereka. Pada gubuk jelek yang disediakan untuk hewan akhrinya mereka mendapat perlindungan dan disana Juruselamat dunia ini telah lahir.

Sekelompok umat yang setia sedang berjaga dan menunggu kedatangan Mesias itu, gembala-gembala yang tinggal di padang siang dan malam pada saat menggembalakan berdoa untuk Raja yang akan menduduki takhta Daud. Musim semi akhir sampai permulaan musim gugur nampaknya lebih cocok ketika orang-orang sederhana yang beriman ini akan berkumpul dibawah bintang-bintang memperbincangkan kedatangan Raja mereka yang akan datang itu. Ladang-ladang dimana anak muda Daud telah menjaga ternak-ternak bapanya sekarang akan menyaksikan berita teragung yang pernah diberikan kepada manusia. Sering kita tidak menyadari bahwa kabar yang diterima gembala itu adalah kbar baik untuk kita juga. Hal itu menyatakan kasih penebusan Allah untuk manusia yang telah jatuh ke dalam dosa. Kabar Injul itu adalah kabar baik. Kabar baik kepada mereka yang menantikan Dia, bahwa Kristus akan menyatakan diri-Nya sekali lagi tanpa menanggung dosa untuk menganugerahkan keselamatan kepada mereka yang menantikan Dia (Ibrani 9:28). Sama seperti gembal-gembala itu, barangsiapa yang menemukan Kristus akan memberitahukan sukcita mereka kepada orang-orang lain (Ibrani 2:17).