Friday, July 02, 2010

TERANG BAGI YANG RENDAH HATI

Ia membimbing orang-orang yang rendah hati menurut hukum, dan Ia mengajarkan jalan-Nya kepada orang-orang yang rendah hati. Mazmur 25:9.


Segala sesuatu seperti kesombongan dalam pendidikan dan ketergantungan kepada pengetahuan ilmiah yang kautempatkan antara jiwamu dengan perkataan Alkitab akan menutup pintu hatimu kepada keindahan agama kerendahan hati Yesus yang lembut dan rendah hati. Hanya orang yang rendah hatilah yang menerima penerangan surga yang lebih berharga dari hikmat kesombongan dunia ini. Ia (orang berdosa yang bertobat) menjadi rohani, dan melihat perkara-perkara rohani. Hikmat Allah menerangi pikirannya, da ia memandang perkara-perkara menakjubkan dari hukum Allah. Keselamatan ini, yang memberikan pengampunan kepada pelanggar hukum, memberikan kepadanya kebenaran yang mengandung penyelidikan saksama dari Yang Mahatau, memberikan kemenangan atas musuh Allah yang sangat kuat dan manusia, akan memberikan kehidupan dan sukacita kekal kepada penerimanya.

Kesempurnaan keselamatan itulah yang menunjukkan kebesarannya. Tak seorangpun yang bisa mengukur atau mengertinya oleh hikmat duniawi. Mungkin bisa dipikirkan dengan pelajaran yang terpusat dan mendalam, tetapi pikiran akan hanyut dalam kebesaran Pemberinya yang tak terselidiki itu. Tetapi jiwa yang dipersatukan dengan Allah dalam merenungkan kekayaan-Nya yang tak terduga dalamnya diperluas dan menjadi lebih sanggup mengerti kemuliaan rencana keselamatan sampai ketinggian dan kedalam tertentu. Kemampuannya dikembangkan dan dikuatkan untuk mengerti dan melakukan tuntutan Allah dengan kemapuan dan hikmat yang semakin bertambah. Pikiran yang diserahkan tanpa pamrih kepada Allah, di bawah tuntutan Roh Ilahi, akan berkembang secara umum dan harmonis. Tabiat yang lemah dan ragu-ragu akan diubahkan, melalui kuasa Allah, menjadi kekuatan Yesus dan murid-murid-Nya agar orang-orang Kristen menjadi seperti Dia dalam pikran dan tabiat. Setelah bersekutu dengan Anak Allah, pengikut Kristus yang rendah hati akan menjadi orang yang mempunyai prinsip yang kuat, persepsi yang jelas dan pertimbangan yang dapat dipercaya. Ia mempunyai hubungan dengan Allah, Sumber terang dan pengertian.