Friday, May 03, 2013

Baptisan

Kebaktian Rabu Malam, 01 Mei 2013
Judul : BAPTISAN
Bahan bacaan dari : BUKU 28 DOKTRIN
Matius 3 : 17

Pertengahan minggu merupakan malam permintaan doa yang dimulai tepat pukul 19.30wib. Acara diawali dengan mengundang hadirat Tuhan melalui Roh Kudus dengan berdoa di dalam hati masing-masing, dan selanjutnya jemaat menyanyikan lagu sion nomor 183 “Inilah Jamku Berdoa“  sebagai lagu pembukaan dan dilanjutkan dengan doa pembukaan oleh ibu Ully Tambunan.
Kesaksian pada malam pertengahan minggu ini dibawakan oleh Pendeta Sonny Kapitan yang menyaksikan Tuhan Allah Menyelamatkan. Ketika mengikuti kelas seorang teman mengalami dukacita  dan pulang ke kampungnya dan ketika kembali ke Jakarta  adaptor komputer ketinggalan, ketika menuju ke mall  untuk membeli hujan turun deras, dan ketika melewati sebuah lorong  tiba-tiba air datang sangat deras. Tetapi kemudian dapat terhindar dari bahaya dan selamat. Topik-topik doa malam ini yaitu, mendoakan yang sedang sakit ibu Surbakti dan mendoakan ibu Diana Bernabas yang sedang dalam pemulihan kesehatan. Mendoakan anak-anak SD kelas VI yang  akan mengikuti ujian nasional dan juga mendoakan family of the month untuk bulan April yaitu keluarga Eyang Etty Sukaryati, mendoakan pelmas yang akan segera  diadakan pada bulan Mei, mendoakan anggota Jemaat Kemang Pratama dalam persekutuan dalam kasih persaudaraan.  Selanjutnya jemaat berdoa bertelut dua atau tiga orang.
Untuk menyambut firman Tuhan yang akan disampaikan anak Madeline Tumalun  menyanyikan sebuah lagu pujian  yang berjudul “Ada Satu Salib.“ Firman Tuhan pada malam permintaan doa  dibawakan oleh Pdt. Sonny Kapitan yang merupakan lanjutan bacaan pasal kelima belas, diawali dengan sapaan ‘syalom.‘ dimana memberikan pelajaran akan makna Baptisan yang telah dimiliki setiap orang yang telah menyerahkan dirinya kepada Tuhan, melalui baptisan juga merupakan memberikan pengakuan iman, lambang persatuan antara umat-Nya dengan Yesus Kristus, dan hal yang perlu dimiliki adalah menunjukkan bukti pertobatan dan menerima pengajaran dari Kitab Suci yaitu Alkitab. Baptisan adalah penting oleh karena Yesus memberikan teladan untuk di baptis dan menggenapkan perintah Bapa di Sorga, baptisan merupakan juga satu aspek pembenaran oleh iman dimana setiap orang dapat turut serta, baptisan penting oleh karena merupakan perintah Yesus kepada murid-murid-Nya sebelum Dia naik ke sorga. Baptisan diselamkan adalah teladan Yesus dan merupakan hal yang penting untuk dituruti. Khasiat atau manfaat  baptisan adalah untuk menerima pengampunan dosa, menerima iman kepada Yesus yang telah mati dan bangkit dan menerima karunia Roh Kudus. Seorang yang sudah dibaptis akan mengalami baptisan oleh Roh Kudus  setiap saat oleh karena kelemahan yang dimiliki setiap orang. Syarat baptisan adalah menunjukkan bukti  iman dalam hidup teladan tabiat Yesus dan buah-buah pertobatan. Mujizat yang terbesar dalam hidup adalah pertobatan. Bayi dan anak-anak  belum mengerti dan belum dapat dibaptiskan namun dapat diserahkan melalui doa penyerahan kepada Tuhan di gereja.  Tingkat kedewasaan rohani setiap orang  dan anak-anak adalah berbeda, usia minimum untuk dibaptiskan tidaklah di tetapkan. Himbauan, setiap umat Tuhan yang telah dibaptiskan  mengikuti teladan Yesus dan hendaklah menunjukkan  bukti melalui perobahan dan pertobatan hidup.
Mengakhiri Firman Tuhan jemaat bangkit berdiri dan menyanyikan lagu  penutup LS. 287 ”Apa Dunia Lihat Yesus“  dan diakhiri dengan doa oleh ibu Sitimey Kapitan. Kiranya menjadi berkat bagi kita sekalian. Amin.

-Mei-