Thursday, May 23, 2013

Karunia Nubuat

Kebaktian Rabu Malam, 22 Mei 2013
Pembahasan : Buku 28 Doktrin
“KARUNIA NUBUAT”
Malam permintaan doa dimulai tepat pukul 19.30wib. Acara  di pimpin oleh bapak Dharlen Simanjuntak yang diawali dengan mengundang hadirat Tuhan  melalui Roh Kudus hadir dengan berdoa di dalam hati masing-masing, dan selanjutnya jemaat menyanyikan LS.183 “Inilah Jam ku Berdoa”  sebagai lagu pembukaan dan dilanjutkan dengan doa pembukaan  oleh bapak Richard Pelaupessy .
Kesaksian pada malam pertengahan minggu ini dibawakan oleh Ibu Sitimey, Puji Tuhan oleh karena ibu Tresia  Marpaung dapat mengikuti operasi dengan baik dan pada saat ini sedang dalam pemulihan kesehatan dan terimakasih kepada jemaat Kemang Pratama yang telah membawakan dalam doa, dilanjutkan dengan kesaksian oleh ibu Annie Simanjuntak, Puji Tuhan  oleh karena acara  Campore Adventurer DKI dapat berjalan dengan baik dan diikuti oleh anak-anak  dengan sukacita serta kembali dengan sehat kerumah masing-masing. Kesaksian oleh Pendeta Sonny Kapitan, Mohon di doakan oleh karena seorang simpatisan  ibu Yanti Simbolon Batubara yang beberapa hari lalu merasa bersukacita setelah membaca buku bacaan rohani yang diberikan kepadanya. Kesaksian oleh  bapak Lumangkun, anak-anak yaitu Gabrielly dan Madeline yang mengalami sakit bergantian,  tidak sempat menggunakan obat dokter tetapi sembuh, Tuhan begitu baik karena pada hari sabat yang lalu dapat hadir digereja. Topik-topik doa lainnya yaitu mendoakan yang sedang sakit yaitu Stella Simanjuntak di Manila yang sedang berobat dan Daniel di Solo yang sedang sakit,  juga mendoakan Ade Tresia Marpaung yang sedang dalam pemulihan kesehatan. Selanjutnya mendoakan keluarga bapak Edward Simangungsong yang merupakan Family of the month untuk bulan Mei, mendoakan simpatisan-simpatisan KPA yang telah belajar akan Alkitab dan akan mengikuti KKR jemaat pada bulan Mei, dan beberapa topik doa lainnya dapat ditambahkan di dalam kelompok doa masing-masing. Selanjutnya jemaat berdoa  bertelut dua atau tiga orang.
Sebuah lagu pujian Untuk Tuhan mengawali Firman Tuhan pada malam ini dibawakan  oleh keluarga bapak Harris Kore berjudul “Aku Tak Ingin Harta.” Firman Tuhan pada malam permintaan doa  dibawakan oleh Pendeta Sonny Kapitan merupakan lanjutan bacaan pasal ke delapanbelas  yang memberikan pelajaran bahwa salah satu karunia yang Allah berikan adalah karunia bernubuat. Seorang jurukabar Allah yaitu Ny. E.G.White, yang menuliskan banyak pekabaran yang merupakan nubuat yang diberikan Allah kepadanya. Karunia nubuat ada tiga tahap yaitu, dalam zaman Alkitab nubuat diberikan melalui seorang  Nabi dan Imam. Nabi digunakan Allah untuk berbicara kepada umat, seorang nabi memiliki karunia nubuat, untuk meyatakan kuasa Allah  kepada umat dan kepada orang kafir, sama seperti Musa yang adalah Nabi. Fungsi karunia rohani nubuat yaitu untuk membantu membangun jemaat, mengupayakan jangkauan keluar melalui penginjilan, meneguhkan jemaat, mempersatukan dan melindungi jemaat dari rupa-rupa ajaran, mengamarkan akan kesukaran yang akan dihadapi di masa mendatang, dan menguatkan iman pada waktu terjadi pertentangan. Prinsip  nubuat  yaitu menunjuk kepada Roh Kudus yang mengilhami  nabi. Ada masa kesesakan yang akan terjadi di masa yang akan datang maka Nubuat memberikan jaminan untuk umat-umat Tuhan selamat sampai akhir melewati masa demi masa. Karunia nubuat meninggikan dasar iman yaitu Alkitab yang penting dimiliki dalam kehidupan umat-umat Tuhan untuk menghidupkannya di dalam kehidupan sehari-hari. Bila setiap umat Tuhan memiliki nubuat maka  akan mendapat nasehat dan bimbingan dari Alkitab. Penerapan Alkitab tentang nabiah yaitu, setuju dengan Alkitab, penggenapan akan nubuat, memberikan nasihat yang akan terjadi. Ny. E. G. White merupakan nabiah yang diutus oleh Allah, melalui banyak tulisan-tulisan yang diilhami oleh Allah kepadanya yaitu melalui kesehatan, pertarakan, rumah tangga, kerohanian dan banyak tulisan-tulisan lainnya yang dapat dibaca oleh semua umat-umat Tuhan.
Himbauan, karunia nubuat adalah hal yang sangat penting yang perlu untuk dimiliki dan dibutuhkan oleh gereja  bahkan oleh umat-umat Tuhan saat ini untuk menyongsong kedatangan Tuhan yang keduakali. Untuk mengakhiri Firman Tuhan jemaat menyanyikan lagu  penutup “Bersabdalah Ya Yesus” dan diakhiri dengan doa oleh Pendeta  H.M Siagian. Kiranya menjadi berkat. Amin.
-Mei-