Monday, May 20, 2013

Pilihan atau Cadangan?



Kebaktian Hari Sabat, 18 Mei 2013

Judul : “PILIHAN ATAU CADANGAN ?”

Pembicara : Wakil ketua Dewan PAJ I Kramat Pulo : 
Drg. Rita Siburian  



Sabat ini Jemaat Kemang Pratama bersukacita oleh karena  mendapat kunjungan dari siswa-siswi sekolah PAJ 1 Kramat Pulo beserta guru, staf, serta alumni PAJ 1, bahkan kedatangan tamu-tamu dari berbagai tempat.
Korister pada jam khotbah dipimpin oleh Lynda Karman dan pianis oleh saudara  Timothy Purnama. Bacaan bersahutan  oleh ibu Debby Simanjuntak yang terdapat di dalam Ulangan 11 :19-23, yang dilanjutkan dengan response oleh jemaat dan lagu pembukaan yang berjudul  “Jalan Serta Yesus Slalu Sejahtera“ sebagai lagu pembukaan pada jam khotbah, dan kemudian dilanjutkan dengan doa syafaat oleh ibu Lauri Simorangkir. Bacaan persembahan dan doa oleh ibu Sri Retnani yang dilanjutkan dengan pemungutan persembahan oleh diakon.
Sebuah lagu pujian dibawakan oleh Kwartet “Caromio,” Siswa PAJ I Kramat Pulo dengan judul “Maju Tentra Yesus.“ Cerita anak-anak disampaikan oleh siswa-siswi PAJ I Kramat Pulo  “Pupets Ministry“ menghimbau anak-anak untuk selalu memuji dan memuliakan Tuhan di dalam kehidupan. Selanjutnya dua lagu pujian berturut-turut untuk TUHAN disampaikan oleh koor siswa-siswi PAJ I Kramat Pulo. Bacaan ayat inti khotbah terdapat dalam Ulangan 11 : 9 dan Firman Tuhan diiringi oleh lagu setengah suara oleh jemaat “Tuhan Bersabda Padaku.“
Khotbah Sabat ini mengingatkan akan pentingnya pendidikan Advent untuk diikuti oleh anak-anak Advent dan anak-anak lainnya. Peranan penting orangtua dalam mengarahkan anak-anak untuk di didik  disekolah-sekolah Tuhan. Banyak opini orang tentang keadaan sekolah Advent berdasarkan fakta yang didapatkan antara lain, ruang kelas kecil, guru tamatan dalam negri, uang sekolah yang tinggi, dsb, namun itu tidaklah menunjukkan kualitas yang rendah oleh karena banyak fakta bahwa anak-anak yang bersekolah di sekolah Advent berhasil. Ny. White menuliskan bahwa “Pendidikan yang benar haruslah terdapat keseimbangan antara fisik, mental dan spiritual.” Anak-anak haruslah di didik untuk mempersiapkan mereka di dunia yang akan datang, sekolah Advent mendidik bukan untuk mempersiapkan hanya untuk dunia yang sekarang tetapi juga dunia yang akan datang. Pendidikan yang lengkap penting bagi anak-anak untuk siap menghadapi masalah-masalah yang datang. Pengembangan moral dan spiritual adalah penting untuk dimiliki dalam pertumbuhan anak-anak semasa menerima pendidikan. Dengan mengembalikan peta Allah kedalam diri anak-anak maka mereka pun akan siap menghadapi dunia saat ini dan dunia yang akan datang. Sekolah Advent melalui guru-guru melakukan apa yang dilakukan Yesus yaitu menyelamatkan yang hilang melalui teladan dan  memberikan nasihat  Firman Tuhan. Sebuah lagu pujian dinyanyikan kembali oleh siswa-siswi PAJ I Kramat Pulo.
Himbauan, marilah setiap orang-orang tua menuntun anak-anak mereka berhubungan dengan Yesus dan bersahabat dengan Allah melalui pertolongan Roh Kudus dan selalu membicarakan Firman Allah dari waktu ke waktu. Untuk menutup kebaktian khotbah jemaat menyanyikan lagu sion nomor 95 “Barang Siapa Dengar Serukanlah” dan dilanjutkan dengan doa penutup  oleh ibu Rita Siburian.
Jemaat keluar dengan teratur dan bersalaman dengan partisipan. Selanjutnya jemaat dan para tamu yang hadir diundang untuk mengikuti potlak bersama dan  mengikuti mengikuti acara PA pada pukul 16.30 Sabat sore. Tuhan Memberkati.
-Mei-