Thursday, May 02, 2013

“Kasih : Tidak Pilih Kasih”

Matius 5:47 : “Dan apabila kamu hanya memberi salam kepada saudara-saudaramu saja, apakah lebihnya dari pada perbuatan orang lain?”
Hari itu hujan turun dengan  derasnya, saat dimana saya mengantar seorang teman menuju ke kantor pelayanan donor darah yang ada di Palang merah Indonesia di Salemba. Anak dari teman saya ini sedang di opname di rumah sakit dan membutuhkan golongan darah B. Teman saya: “ wah…kira-kira ada ngga yah stok golongan darah.”   Saya jawab: “Temanku saya yakin dengan Doa kita,  ada stok darah di PMI.” Setiba di kantor PMI kami mengikuti prosedur yang ditetapkan dan kami mendapat golongan darah yang dibutuhkan. Saya sempat  berbincang-bincang  dengan seorang petugas PMI. Saya bertanya, “Ibu, apakah orang-orang yang memberi donor  darah di PMI ini ada datanya?” Petugas PMI menjawab, “Oh…ada pak, itu di sebelah ada ruangan khusus, terdapat rak tempat kotak arsip kartu-kartu pendonor. Semua ada data atau file tertulis nama dan alamat dari pendonor darah.” Lebih lanjut saya katakan, “Ibu, kalau demikian jika seorang itu kulit sawo matang boleh dong donorkan darah untuk seorang berkulit putih.” Petugas PMI itu sambil tertawa, “ha ha ha…ia pak, yang di perlukan adalah golongan darah yang sesuai dari seseorang yang membutuhkan tanpa dilihat warna kulit seseorang, ganteng atau tidak, cantik atau tidak bahkan kaya atau miskin.” Selanjutnya petugas PMI itu berkata, “…bisa aja bapak ini, ha ha ha”, sambil berlalu ia berjalan meninggalkan saya.
Setiap orang secara universal memerlukan darah  yang  sehat  dan  dalam jumlah  yang  cukup. Bila seseorang  memerlukan darah, maka batasan agama, serta latar belakang sosial lainnya  nampaknya tidak  berlaku  lagi. Yang ada adalah apakah golongan  darahnya sama atau tidak. Seseorang yang mendonorkan darahnya, boleh jadi tidak tahu oleh siapa darahnya kemudian digunakan agar satu nyawa terselamatkan. Tanpa melihat hal itu, mereka lantas menyumbangkan darahnya. Inilah kasih itu, yang benar-benar tidak memilih.
Betapa indahnya hari ini dan hari-hari selanjutnya, bila kasih yang kita bagikan kepada sesama itu dilaksanakan tanpa pilih kasih.  Rasanya benar-benar kasih dari Sorga itu sudah turun ke  dunia. Selamat untuk membagi kasih kepada setiap orang.