Friday, October 05, 2012

Diperiksa?

-->
2 Korintus 5:10, “Sebab kita semua harus menghadap takhta pengadilan Kristus, supaya setiap orang memperoleh apa yang patut diterimanya, sesuai dengan yang dilakukannya dalam hidupnya ini, baik ataupun jahat.”





Hampir di setiap bagian sibuk dan memeriksa kelengkapan dokumen-dokumen. Bahkan kesibukan terlihat lebih serius ketika hari H akan tiba beberapa hari ke depan. “Ada apa sih kok banyak orang kelihatan sibuk bahkan heboh kesannya?” tanya beberapa orang yang tidak mengerti. Saudara tahu mengapa banyak yang terlihat sibuk beberapa hari sebelum hari H tiba? Rupanya tim audit untuk masalah legal dan kepatuhan dari kantor pusat perusahaan kami akan melakukan pemeriksaan terhadap perusahaan kami untuk jangka waktu 3 hari lamanya.

“Sebentar lagi saya dan tim audit akan tiba di kantor, be ready!” pesan ini saya terima dari pimpinan perusahaan melalui bbm group, beberapa menit sebelum jarum jam menunjuk pukul delapan lewat tiga puluh menit. Pagi itu, tampak agak tegang suasana kantor dalam menghadapi audit legal dan kepatuhan ini. Harapan kami semoga tidak ada temuan audit yang dianggap fatal yang dapat membahayakan posisi masing-masing di perusahaan kelak. Sadar akan ketidaksempurnaan proses operasional yang berjalan seperti yang digariskan oleh kantor pusat perusahaan kami, membuat banyak kami merasa ketakutan. Pemeriksaan pun dimulai, masing-masing kami duduk dengan tenang dan menyimak setiap pertanyaan demi pertanyaan yang diajukan dan berpikir sejenak untuk memberikan jawaban yang tepat dan memastikan jawaban kami akan sama dengan kenyataan yang tertera di dokumen-dokumen yang hendak diperiksa kelak.

Kita pun kelak akan menghadap takhta pengadilan Kristus. Apakah saudara dan saya akan dihantui dengan rasa takut dan tidak siap menerima kenyataan bilamana ada kesalahan kita yang dibukakan kelak? Kita dapat menutup-nutupi beberapa hal yang menjadi kekurangan kita kepada tim Pemeriksa di dunia ini, akankah saudara dan saya hendak bersikap yang sama dalam menghadapi takhta pengadilan Kristus kelak? Oh … sama sekali tidak.  Anda dan saya tidak dapat menutup-nutupi kesalahan kita yang terkecil sekalipun dihadapan-Nya, sebab Ia Maha Tahu.  Persiapan-persiapan apakah yang saudara dan saya telah siapkan sejak sekarang ini dalam menghadapi takhta pengadilan Kristus ketika tiba waktu pemeriksaan itu? Adakah rasa takut yang menghantui diri saudara dan saya atau sebaliknya kita akan bersukacita menghadapi takhta pengadilan Kristus karena kita telah memastikan diri kita didapati selaras dengan kehendak-Nya sehingga kita akan menerima upah yang sesuai dengan harapan kita? Mari kita pastikan sejak hari ini bahwa ketika takhta pengadilan Kristus kelak digelar, kita berada di pihak Kristus.


Mari Kita bagikan Roti pagi ini kepada sahabat Kita dengan menggunakan  tombol “Tell A Friend” dibawah ini: