Sunday, October 21, 2012

Ready To Go


Kebaktian Sabat
GMAHK Kemang Pratama
20 Oktober 2012

HARI SABAT ANAK DAN TALENTA ANAK 
JEMAAT KEMANG PRATAMA
Tema : “Ready To Go“

Puji syukur kepada Tuhan, oleh karena pada Sabat  tanggal 20 Oktober 2012, merupakan hari Sabat yang istimewa bagi anak-anak Jemaat Kemang Pratama. Dimana materi acara Sabat ini telah dipersiapkan oleh Departemen Pelayanan anak-anak General conference yang kemudian dilakukan oleh jemaat-jemaat melalui guru sekolah sabat anak-anak bahkan dipromosikan pada dua sabat sebelumnya oleh departemen komunikasi. Karena  merupakan “Hari Sabat Anak” maka semua acara kebaktian mulai dari jam sekolah Sabat sampai jam khotbah dibawakan oleh anak-anak. Sebelum memasuki gereja maka anak-anak menyambut dengan membagikan kartu “Siap Pergi” kepada setiap orang yang datang. 

Dan sebelum acara sekolah sabat pagi dimulai, terlebih dahulu diawali dengan doa percakapan oleh bapak Jeff Eman. Selanjutnya pada jam sekolah Sabat yang mengambil bagian untuk pianis adalah Timothy Purnama. Acara sekolah sabat dipimpin  oleh Ivana Tobing dan dilanjutkan dengan  ayat inti dan doa oleh Yehezkiel Kapitan. Sebagai lagu pembukaan lagu sion nomor 34. Selanjutnya kesaksian berupa bacaan mission dibawakan oleh Claudya Siboro dan dilanjutkan dengan lagu pujian oleh guru-guru sekolah sabat anak-anak dengan judul “Shout To The Lord” diiringi pianis oleh Velan Sormin.

Setelah selesai diskusi sekolah sabat maka acara Pelayanan Perorangan dibawakan oleh Michelle Tobing yang menyaksikan bagaimana anak-anak “Ready to Go atau Siap Pergi” melalui belajar untuk mulai menginjil melalui membagikan traktat berupa pelajaran “Pola Hidup Sehat” kepada para pengunjung di Taman Safari Indonesia, Bogor, di mana merupakan acara khusus  Adventurer di alam sambil mengambil kesempatan untuk dapat membagikan traktat untuk belajar membagikan kasih Allah. Doa penutup pelayanan perorangan dibawakan oleh Rodney Maringka.

Pada jam khotbah, lagu-lagu pujian di pimpin oleh Hana Silalahi dan Raissa Maringka dengan pianis oleh Malvin Simanjuntak. Bacaan bersahutan dipimpin oleh Ivana Tobing  dan direspon oleh anak-anak kelas primary yaitu, Paris Simanjuntak, Syikal Simanjuntak, Angela Kapitan, Vicky Sinaga, Kayla Karman, Audrey dan Kayla Sinaga dilanjutkan dengan sambutan terhadap acara Sabat anak oleh Pendeta Sonny Kapitan. Doa Syafaat dibawakan oleh Marcelino Karamoy, Yehusom Kapitan, Kanya Karman, dan Glory Karamoy. Bacaan persembahan di bawakan oleh Kimberly Simanjuntak.
Selanjutnya sebuah cerita anak berupa panggung boneka dengan judul “Missionaris kecil” dibawakan oleh guru–guru sekolah sabat anak–anak. Selanjutnya anak-anak sekolah sabat menyanyikan lagu pujian istimewa untuk menyambut Firman Tuhan dengan judul “We Need To Go.”

Firman Tuhan diawali dengan keterangan jalan cerita  drama oleh Pendeta Sonny dilanjutkan dengan khotbah berupa  drama singkat dibawakan oleh Veber Sormin, Timothy Purnama, Joshua Simanjuntak, Yehezkiel Kapitan, Marcellino Pelaupessy, dan Dave Purnama. Yang mengajak semua anak-anak Allah, baik besar maupun kecil untuk pergi memberitakan injil dan menjadi alat yang ampuh bagi Tuhan supaya setiap orang mengetahui tentang Yesus yang adalah Juruselamat.

Dan khotbah di tutup oleh pendeta yang sekaligus memberikan kesimpulan khotbah siang sabat ini. Sebelum doa berkat Pendeta beserta ketua-ketua jemaat memberikan penghargaan kepada guru-guru sekolah sabat anak-anak yaitu ibu Sari Tobing, ibu Lenny Silitonga, ibu Imelda Perangin-angin, ibu Lynda Karman, ibu Meiske Tampubolon, ibu Susy Eman, ibu Yunita Wuisan, bapak Ramlan Sormin, bapak Viertin Tobing, bapak Mulana Simanjuntak dan ibu Sitimey Kapitan. Tidak lupa juga departemen sekolah Sabat anak-anak memberikan penghargaan yang diserahkan oleh ibu Sari Tobing kepada Pendeta Sonny Kapitan sebagai guru dan Gembala Jemaat. Acara khotbah selesai dan semua diundang untuk mengikuti potlak bersama-sama dengan para tamu yang dibawa oleh ana-anak.

“Jangan seorangpun menganggap engkau rendah karena engkau muda. Jadilah teladan bagi orang-orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakukmu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kesucianmu “
1 Timotius 4 : 12

Selesai berjamu bersama pada sabat siang, maka acara “Sabat Anak “ dilanjutkan dengan acara  “Talenta Anak” yang dimulai pukul 14.00 wib. Semua anggota jemaat dan juga para tamu dari anak-anak di undang untuk mengikuti acara ini.  Semua anak-anak, guru–guru berserta Pendeta dan ketua-ketua yang merupakan peserta menggunakan kaos seragam yang telah dipersiapkan.

Sebagai protocol dalam acara “Talenta  Anak“ ini dipimpin oleh ibu Evelyn Sormin. Acara ini  diikuti oleh 55 anak, yang masing-masing membawakan acara  yang mereka telah terlebih dahulu persiapkan yaitu berupa menghafalkan ayat hafalan, menyanyi, menyanyi sambil bermain musik, membaca puisi, bercerita singkat, dan khotbah singkat. Acara diikuti dengan semangat dan sukacita oleh anak-anak mulai dari yang terkecil hingga anak yang remaja. Ibu Yunita beserta Pendeta Sonny Kapitan dan bapak Munas Tambunan  sebagai juripun memberikan tanggapan penilaian terhadap talenta yang telah dibawakan oleh anak-anak. Setiap anak yang telah selesai membawakan talentanya maka semua hadirin menyambut dengan melambaikan kartu “Siap Pergi” sebagai tanda sukacita bersama.

Ditengah-tengah acara maka anak-anak yang membawa tamu diminta untuk maju kedepan membawa tamunya kemudian guru-gurupun memberikan bingkisan selamat datang kepada tamu dan anak yang membawa tamu.
Selesai acara maka semua peserta talenta anak diberikan penghargaan berupa piala,  yang berikan oleh semua ketua-ketua jemaat, dan pada kesempatan ini ibu Sari Tobing sebagai koordinator hari Sabat Anak juga menyampaikan ucapan terimakasih  kepada semua yang hadir dan serta mengikuti semua acara,  serta yang telah mendukung dalam pelaksanaan Hari Sabat Anak, diikuti dengan pemberian bingkisan yang diberikan oleh Ibu Sitimey Kapitan sebagai pemimpin pelayanan anak kepada ibu Yunita Wuisan, Pendeta Sonny Kapitan, bapak Munas Tambunan sebagai juri, ibu Evelyn Sormin sebagai pembawa acara, saudara Didin Irono dan saudara Daniel Kore yang mempersiapkan dalam mendukung acara hari sabat anak, serta bapak David Tampubolon dan bapak Mulana Simanjuntak yang telah mendukung acara Talenta Anak.

Acara hari Sabat anak  berakhir sebelum tutup sabat dan renungan tutup sabat dibawakan oleh bapak Mulana Simanjuntak yang diakhiri oleh doa berkat kepada anak-anak oleh Pendeta Sonny Kapitan. Selesai acara maka semua anak-anak dan jemaat yang hadir berfoto bersama. Sebelum pulang maka semua anak,  jemaat dan juga tamu berjamu bersama. Semoga menjadi berkat dan sukacita bagi anak-anak dan juga jemaat Kemang Pratama. Kiranya Tuhan memberkati…Amin.

Akhir kata, Departemen anak-anak secara khusus mengucapkan terimakasih kepada semua yang terlibat dalam mensukseskan jalannya acara ini yaitu Pendeta dan juga Majelis jemaat beserta semua anggota jemaat khususnya para Orang Tua yang telah melatih anak-anak serta mendukung dalam persiapan Sabat Anak. Terimakasih kepada ibu Rachel sebagai koordinator dekorasi, yang telah mendekorasi gereja dengan indah. Terimakasih kepada bapak Willy Wuisan dan bapak Sontani Purnama yang telah membuat dokumentasi hari Sabat anak, terima kasih pula kepada ibu Sari Tobing sebagai koordinator hari Sabat Anak yang telah mempersiapkan acara-acara, terlebih kepada guru-guru anak-anak yang telah melatih anak-anak dan menyiapkan segala sesuatunya dalam mengadakan hari Sabat Anak ini dan kiranya menjadi berkat bagi semua dan Kepujian bagi nama Tuhan.

-Sitimey Kapitan-