Friday, January 25, 2013

10 Hari Doa - Sangat Mengasihi - Hari ke-10


Jumat,  25 Januari 2013
10 HARI  DOA, HARI KE - 10
SANGAT MENGASIHI “

Kebaktian malam Vesper gereja Kemang Pratama merupakan juga kelanjutan dari doa   “ 10 Hari Doa “  yang merupakan malam doa hari yang kesepuluh yang merupakan hari doa yang terakhir dan  kebaktian dimulai pada jam 19.30 wib. Acara kebaktian dipimpin oleh Ibu Sari Tobing sebagai pembawa acara, yang didahului dengan mengundang kehadiran Roh Suci melalui berdoa di dalam hati. Untuk memulai acara jemaat menyanyikan lagu pembukaan lagu sion nomor  171 ” Tarik Jiwa Satu “ ayat pertama  saja,  dengan pianis ibu Sari Tobing  dan doa oleh ibu Lince Manurung.

Renungan  pada malam ini diambil dari buku “ 10 Hari Untuk Berdoa “  hari yang kesembilan,  yang dibawakan oleh Pendeta Sonny Kapitan, yang menekankan   kepada umat-umat Tuhan yang hadir akan ayat-ayat Alkitab yang terdapat di dalam Kitab 2 Petrus 1 : 7, 1 Yohannes 4: 16, Kitab Roma dan juga beberapa kutipan-kutipan Roh Nubuat. Firman yang menyatakan akan kehidupan yang harus dimiliki sebagai umat Tuhan yaitu memiliki Kasih yang telah dicurahkan oleh Roh Kudus didalam setiap hati umat Allah. Kasih hanya dapat diperoleh hanya melalui peranan Roh Kudus, hati yang tidak bertobat tidak dapat memperolehnya. Kasih memiliki pengaruh dalam perkembangan tabiat yang dapat membawa berkat bagi banyak orang. Kasih ditunjukkan melalui mendoakan orang lain, keluarga, dan bagi orang-orang yang belum memiliki hubungan pribadi dengan Yesus. Himbauan marilah setiap anak-anak Allah dapat memancarkan kasih kepada orang lain  dan menunjukkan kasih kepada Yesus melalui sikap perkataan dan tingkah laku.

Untuk selanjutnya yaitu doa berkelompok yang dipandu oleh pemimpin acara yang terlebih dahulu membacakan urutan doa  yang dimulai dari Doa Pujian, Doa Pengakuan, Doa Permohonan dan Doa Ucapan Syukur. Pokok-pokok doa yang dibawakan dalam kelompok doa  adalah dengan focus kepada kebangunan dan pembaharuan bagi orang-orang Advent dan orang-orang Kristen pada akhir zaman yang mencakup  setiap orang, keluarga, anak-anak, dan orang dewasa dan juga beberapa hal lainnya antara lain mendoakan orang-orang yang belum menerima kebenaran, orang-orang Advent dapat menyatakan dan merasakan kasih Allah, mendoakan kecurahan Roh Kudus bagi setiap umat-umat Advent sedunia.  Pokok-pokok doa lainnya yang dapat ditambahkan dalam doa permohonan di kelompok doa masing-masing antara lain mendoakan anak-anak yang kelas enam yang akan mengikuti ujian, saudara-saudara yang sakit, FOM, dan topik doa lainnya.  Selanjutnya jemaat membentuk kelompok doa tiga atau lima orang sambil mengikuti panduan doa oleh pemimpin acara ibu Sari Tobing. Selesai berdoa dikelompok masing-masing maka kertas doa dapat dimasukkan ke kotak doa yang telah disediakan.

Untuk mengakhiri kebaktian  jemaat menyanyikan lagu sion nomor 84 ” Jadilah Tuhan KehendakMu  “ ayat  pertama saja  dan ditutup dengan doa oleh Pendeta Sonny Kapitan.  Acara ditutup dengan jemaat keluar dengan teratur sambil berjabat tangan dengan partisipan dan membentuk lingkaran dihalaman gereja dan mengucapkan yel-yel Sabat tanda sukacita.  Kiranya menjadi berkat.

-Mei-