Thursday, January 03, 2013

Bacaan Penatalayanan - Pengorbanan


Kebaktian Rabu Malam
GMAHK Kemang Pratama
2 Januari 2013
Bacaan Penatalayanan “ Mengelola Harta Milik Allah “
“ PENGORBANAN “
Pdt. Sonny Kapitan


Malam ini merupakan malam permintaan doa pertama di tahun 2013, kebaktian  dimulai tepat pukul 07.30. Acara dimulai dengan mengundang kehadiran Roh Suci hadir melalui berdoa di dalam hati masing-masing yang dipimpin oleh saudara Amsal Didin. Selanjutnya jemaat menyanyikan lagu sion nomor 275 “  Aku mau Hidup bagi Yesusku “ sebagai lagu pembukaan dan dilanjutkan dengan doa pembukaan oleh saudara Darrel Wuisan.

Pada jam permintaan doa maka kesempatan untuk bersaksi  disampaikan dan juga topik-topik permohonan doa.  Kesaksian oleh ibu Ully Tambunan ‘ memohon untuk didoakan dan beryukur kepada Tuhan oleh karena sepanjang minggu yang lalu saat pulang Kampung Tuhan memberikan kesehatan dan saya dapat mengikuti acara dengan baik, baik acara dari keluarga Nababan ataupun  saat mengikuti acara pemakaman ibu dari dokter Tagor Tambunan, dan semua acara dapat berjalan dengan baik ‘, dan mohon didoakan bapak Tambunan yang masih dirawat di rumah sakit. Kesaksian dari saudara Darrel Wuisan yang memohon untuk didoakan oleh karena akan kembali berangkat bersama saudara Rerin Tampubolon kembali ketempat perkuliahan di Filipina pada mala mini. Dan topik-topik doa lainnya yaitu, mendoakan orang tua Anggi yaitu bapak Iskandar Pandiangan yang sedang dirawat di rumah sakit, juga mendoakan orang tua dari ibu Lamria yaitu ibu Simbolon yang masih dalam perawatan dan pemulihan kesehatan,  juga medoakan ibu Surbakti yang masih dalam pembaharuan kesehatan, mendoakan ibu Sitimey dan Yehu Kapitan yang masih dalam pemulihan kesehatan dan juga oma Tina yang sedang sakit.

Sebuah lagu pujian dengan judul “ Jalan Serta Yesus Slalu Sejahtera “ dinyanyikan oleh ibu-ibu Kemang Pratama.
Nasihat melalui Firman Tuhan pada pertengahan minggu ini yang menekankan akan penatalayanan yang setia melalui pengorbanan, Cinta yang sejati datangnya daripada Tuhan yang dilandasi dengan pengorbanan. Yesus sangat mengasihi manusia untuk menebus manusia dari dosa. Pengorbanan adalah atribut Allah yang sering di salah mengerti, berpisah dari sesuatu yang indah dari diri manusia. Namun tidaklah demikian. Rencana keselamatan bertumpu pada pengorbanan. Pikiran  manusia terbatas, namun rencana keselamatan telah dibuat Allah sebelumnya. Banyak pemberian yang Allah berikan secara cuma-cuma, sinar matahari, kesehatan, cinta, dsb. Masuknya Yesus kedalam dunia memberi arti baru dalam pengorbanan. Arti pengorbanan adalah suatu sikap sukarela yang kasih yang bersumber dari Allah. Allah menunjukkan untuk kesejahteraan umatNya. Allah mengetahui kemampuan setiap orang atas kehendakNya. Dalam Alkitab Abraham telah membuat korbannya dan Allah menerimanya, itu merupakan ibadah yang sejati. Tuhan melihat pengorbanan yang dilandasi oleh kasih. Setiap orang akan memperhatikan bahkan berkorban untuk kesuksesan anak-anaknya dan setia selalu kepada Allah, apalagi kepada Allah, yang adalah pemberi. Setia anak-anak Allah hendaknya selalu mencari Tuhan dan hidup penuh penyangkalan diri tanpa mementingkan posisi yang dapat membuat jauh daripada Tuhan. Allah akan menuntun setiap jiwa ke mezbah korban. Himbauan, Menghargai pengorbanan Allah dan Tuhan meminta umat-umatNya untuk melakukan penyangkalan diri, melakukan dan mencari penyerahan diri yang lengkap kepada Allah, dan dekat kepada Nya. Tangan Tuhan yang menolong uamt-umatNya dalam berkat-berkatNya. Memberikan diri sebagai korban persembahan yang hidup bagi kemuliaan Allah.

Firman Tuhan ditutup dengan jemaat menyanyikan lagu penutup nomor 38 “ Tuhan pimpinlah Aku…. “  dan diakhiri dengan doa oleh Pendeta Sonny Kapitan. Kiranya menjadi berkat…

-Mei-