Sunday, January 13, 2013

Israel Rohani


Kebaktian Sabat
GMAHK Kemang Pratama
12  Januari 2013
“  ISRAEL ROHANI
Ayat Inti : Mazmur 90 : 12

Penghotbah oleh Ketua jemaat : Bapak Munas Tambunan

Ibadah kebaktian pada jam khotbah dimulai dengan menyanyikan lagu-lagu pujian yang dipimpin oleh ibu Annie Simanjuntak dan diiringi pianis Timothy Purnama, dkk.  Selanjutnya  bacaan Alkitab bersahutan dipimpin oleh bapak Mulana Simanjuntak  dan dilanjutkan dengan nyanyian pembukaan lagu Sion nomor 153 “Aku Orang Dagang“.  Doa syafaat dipimpin oleh bapak bapak Dixon Simanjuntak. Bacaan persembahan dibawakan oleh bapak Ramlan Sormin dilanjutkan dengan respon jemaat melalui pemberian persembahan oleh diakon. Cerita anak-anak penghantar khotbah dibawakan oleh  ibu  Ully Tambunan  yang berjudul “ Alkitab “ yang menghimbau anak-anak untuk suka untuk selalu melakukan apa yang baik sesuai dengan Alkitab dan menjadi anak yang mengasihi Tuhan dengan selalu memberikan yang terbaik bagi Tuhan. Selanjutnya sebuah lagu pujian dibawakan oleh Ibu Fanny Sinaga.

 
Firman Tuhan pada Sabat ini menekankan akan pentingkan untuk meningkatkan kerohanian. Beberapa hal yang penting untuk kerohanian dan yang diumpamakan dengan “ Lima bola “ yaitu keluarga, sahabat, semangat, kesehatan dan pekerjaan. Salah satu bola yang dapat di umpamakan adalah bola pekerjaan,  yang mana merupakan bola karet,  ketika bola karet jatuh maka ia akan melambung dan bersinar kembali, demikian pula umat-umat Tuhan, hendaknya ketika terjatuh maka akan bangkit kembali dan bersinar kembali. Tuhan tidak akan membiarkan umat-umatnya tidak memiliki pekerjaan oleh karena pekerjaan itu merupakan bola karet. Tuhan selalu memberikan yang terbaik dalam perjalanan waktu bagi umat-umatNya. Contoh bola lain adalah keluarga, yang keluarga adalah merupakan hal yang penting dalam kehidupan, demikian pula kesehatan, dll. Kita perlu menjaga segala sesuatu dengan simbang dengan belajar akan apa arti kehidupan dengan belajar akan Firman Tuhan, agar segala sesuatu berjalan dengan seimbang. Masalah akan selalu ada  di setiap keadaan yang tidak dapat dihindari dalam situasi yang berbeda-beda.


Selanjutnya sebuah lagu pujian disampaikan oleh saudari Fidella Tambunan dengan judul “ Engkaulah Harapanku “
Yang mengingatkan umat-umat Tuhan bahwa, tampa Tuhan manusia tidak berdaya untuk apapun. Sebuah kisah dalam Alkitab mengenai akan Abraham, dimana Abraham memiliki banyak harta, dan ketika tua dia membagikan hartanya dengan bijaksana kepada anak-anak dan istrinya, walaupun sebenarnya Ishak adalah pemilik harta warisan yang sah, dan  meskipun demikian Abraham telah membagikannya dengan bijaksana. Ketika umat-umat Tuhan tidak sepakat didalam rumah tangga, maka sering terjadi sebuah masalah seperti kisah Yakub dan Esau dan banyak trik yang digunakan oleh Ribka dan Yakub. Namun sebagai umat-umat Allah dalam banyak pergumulan maka hendaklah kerohanian umat-umat Allah tetap terjaga.  Pergumulan yang dialami oleh Yakub antara lain yakni, pergumulan akan hak kesulungan, pergumulan untuk mendapatkan berkat, pergumulan untuk mendapatkan pasangan, pergumulan untuk beranak cucu, dan pergumulan tentang karakter. Pelajaran penting dari pergumulan Yakub dapat diambil maknanya  bagi perjalanan kerohanian umat-umat Tuhan, yang mana pada akhirnya Yakub berubah nama menjadi Israel dan umat-umat Tuhan akan menjadi Israel- Israel Rohani.

Kebaktian sabat siang ini ditutup dengan nyanyian penutup dari lagu sion  nomor 327 “Cerita Itu“ dan dilanjutkan dengan doa penutup oleh bapak Munas Tambunan. Selesai acara perbaktian, jemaat dan para tamu yang hadir saling bersalaman. Selanjutnya jemaat dan para tamu yang hadir diundang untuk potlak bersama dan mengikuti acara –acara selanjutnya dan mengikuti acara PA pada pukul 16.30.

-Mei-