Friday, January 25, 2013

Doa 10 hari - Hari ke 9 "Persaudaraan Kebaikan"


10 HARI  DOA, Hari ke 9
Kamis, 24 Januari 2013
“ PERSAUDARAAN KEBAIKAN “

Pada malam hari ini umat-umat Tuhan kembali datang untuk mengikuti kebaktian ibadah “10 Hari Doa“, hari yang kesembilan yang diadakan di Gereja Kemang Pratama pada jam 19.30 wib. Acara kebaktian dipimpin oleh ibu Evelyn Sormin sebagai pembawa acara, yang didahului dengan mengundang kehadiran Roh Suci melalui berdoa di dalam hati. Untuk memulai acara jemaat menyanyikan lagu pembukaan lagu sion nomor 7  ”Perhubungan Kita“  dengan pianis saudari Velan Sormin  dan doa oleh ibu Sitimey.

Renungan singkat  pada malam ini diambil dari buku “10 Hari Untuk Berdoa“  hari yang kesembilan,  yang dibawakan oleh bapak Viertin Tobing, yang menekankan kepada umat-umat Tuhan yang hadir untuk memiliki akan persaudaraan kebaikan yang dimana didalam Kitab Petrus menasihatkan akan pertumbuhan rohani yang penting untuk dimiliki. Dengan kecurahan Roh maka kerohanian akan bertumbuh yang mana keinginan diri akan dikalahkan oleh kasih yang besar yang dari pada Allah. Kasih kepada Kristus haruslah ditunjukkan melalui perbuatan kasih kepada saudara-saudara di dalam Tuhan di keluarga atau pun jemaat. Semuanya dapat dimiliki hanya dengan meminta pertolongan dari Roh Kudus. Kejahatan akan dibalaskan oleh kebaikan, keinginan diri digantikan dengan kasih kepada sesama dengan kasih persaudaraan yang tulus satu dengan yang lainnya. Kehidupan yang penuh kasih persaudaraan kebaikan selalu ditunjukkan dalam praktek hidup kekristenan.

Untuk acara selanjutnya yaitu doa berkelompok yang dipandu oleh pemimpin acara yang terlebih dahulu membacakan urutan doa  yang dimulai dari Doa Pujian, Doa Pengakuan, Doa Permohonan dan Doa Ucapan Syukur. Pokok-pokok doa yang dibawakan dalam kelompok doa  adalah dengan focus kepada kebangunan dan pembaharuan bagi orang-orang Advent dan orang-orang Kristen pada akhir zaman yang mencakup  setiap orang, keluarga, anak-anak, dan orang dewasa dan juga beberapa hal lainnya, dan beberapa pokok doa lainnya dapat ditambahkan dalam doa permohonan. Selanjutnya jemaat membentuk kelompok doa tiga atau lima orang sambil mengikuti panduan doa oleh pemimpin acara oleh ibu Evelyn Sormin. Selanjutnya selesai berdoa kelompok maka pokok-pokok doa yang telah ditulis dikelompok masing-masing untuk didoakan pada keesokan hari dapat dikumpul didalam kotak doa.

Untuk mengakhiri kebaktian  jemaat menyanyikan lagu sion nomor  169 ”Masyurkanlah Yesus“ dan ditutup dengan doa oleh bapak Richard Pellaupessy. Acara ditutup dengan jemaat keluar dengan teratur sambil berjabat tangan dengan partisipan dan akan kembali lagi kegereja besok malam pada jam yang sama. Kiranya menjadi berkat.


-Mei-