Monday, January 21, 2013

Doa 10 hari - hari ke 6 "Pengendalian Diri yang Mendasar"


10 HARI  DOA, Hari ke -6
Senin, 21 Januari 2013
“ PENGENDALIAN DIRI  YANG MENDASAR  “

Malam ini merupakan malam ke-6 pada “ 10 Hari Doa “, dimana acara dimulai tepat pukul 19.30 wib. Ditengah-tengah kesibukannya umat-umat Tuhan Jemaat Kemang Pratama selalu datang dengan setia untuk mengikuti acara “ 10 Hari Doa “ hingga hari keenam. Acara malam hari ini dipimpin oleh Pendeta Sonny Kapitan,  dan sebagai lagu pembukaan jemaat menyanyikan lagu sion nomor 10 ayat 1-2  “ Kami Datang PadaMu“ dan dilanjutkan dengan doa buka oleh ibu Lamria Simanjuntak.    .

Renungan singkat  Firman Tuhan  malam hari ini dibawakan oleh bapak Chandra Peranginangin dimana  pelajaran yang  diambil dari materi Firman Tuhan 10 hari doa pada hari ke-6,  yang mana menekankan akan pentingnya pengendalian diri yang mendasar dan  ayat-ayat Alkitab-pun memberikan banyak nasehat kepada umat-umat Tuhan untuk memiliki pengendalian diri yang mendasar. Beberapa Kitab dalam Alkitab seperti Kitab  Korintus, Kitab Filipi dan Kitab Roma juga memberikan banyak pelajaran akan pentingnya pengendalian diri yang mendasar. Tiga aspek mengendalian diri adalah bagaimana manusia dapat menguasai lidah, mengusai tubuh, dan dapat mengusai  apa yang Tuhan telah berikan. Manusia banyak menghabiskan seperlima hidupnya untuk berbicara, itu sebabnya lidah penting untuk dikendalikan. Sedangkan menguasai tubuh menghimbau umat-umat Tuhan untuk berlaku seimbang, baik perbuatan, perkataan,  dan juga makan dan minum yang dilakukan haruslah dilakukan semuanya untuk memuji Tuhan. Seseorang haruslah memiliki tujuan,dalam hidup, seseorang juga haruslah berlatih dan untuk itu diperlukan kedisiplinan untuk mencapai tujuan tersebut. Himbauan, marilah umat-umat Tuhan dapat mengendalikan diri dengan membuat Yesus Kristus dan FirmanNya menjadi pedoman hidup sehari-hari.

Acara dilanjutkan dengan doa berkelompok, namun sebelumnya ibu Annie Simanjuntak membacakan urutan doa  yang dimulai dari Doa Pujian, Doa Pengakuan, Doa Permohonan dan Doa Ucapan Syukur. Pokok-pokok doa yang dibawakan dalam kelompok doa  adalah dengan focus kepada kebangunan dan pembaharuan bagi orang-orang Advent dan orang-orang Kristen pada akhir zaman,  dan beberapa hal lainnya antara lain mendoakan dimana melalui metode kesehatan dapat menjangkau orang datang kepada Yesus,  dan beberapa pokok doa lainnya. yang dapat ditambahkan dalam doa permohonan. Selanjutnya jemaat membentuk kelompok doa tiga atau lima orang sambil mengikuti panduan doa oleh pemimpin acara ibu Annie Simanjuntak.

Sebagai lagu penutup jemaat menyanyikan lagu sion nomor 10 ayat 3-5 “ Kami Datang Pada-Mu “ dan ditutup doa oleh bapak Willy Wuisan. Untuk mengakhiri ibadah  jemaat keluar sambil berjabatan tangan. 

Kiranya menjadi berkat.

-Mei-